Buka busi Grand New Avanza Veloz 2019, denso iridium SC16HR11

 gambar 1 - busi no 1
otodiy.blogspot.com
Dokumentasi ga jelas ini, foto mau dibuang sayang, ya udah post aja di blog..... Dapet info kalau service kedua atau 10rb km Avanza itu tidak dilakukan tune up mesin. Wah telat dapat infonya, tau gitu aku tune up sendiri dulu sebelum ganti oli. Kalau dah ganti oli seperti sekarang sayang juga olinya kalau kecampur dengan chemical tune up. Tapi karena penasaran, coba buka dan bersihkan busi dan filter udara deh, itung-itung bersihkan sendiri.
Kebetulan dah siap dengan kunci busi 14 mm, ini ga dapat di paket tool kit bawaan beli mobil. Sengaja beli yang DR 3/8 bukan DR 1/2 biar ukurannya ga kebesaran di lubang busi. Dan sudah siap-siap busi no 4 itu akan mentok karena di bawah plat wiper letaknya.
Skip-skip ga dokumentasikan proses pelepasannya, lain waktu deh kalau beneran tune up aku dokumentasikan lebih detil.
Dan setelah coba buka busi pertama, bener iridium seperti tertulis di manual book.

 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5 - busi no 1 sebelum dibersihkan

Kondisi filter udara cukup bersih, mau semprot pakai angin kompressor juga males hidupin kompresor karena bersih. Kondisi busi ternyata ya kurleb masih bersih. Test bersihkan pakai AMB Proclean dikit aja. Newbie ga pakai sikat kawat kuatir merusak jarum iridiumnya.

 gambar 6 - Denso SC16HR11
 gambar 7 - Denso SC16HR11 
  gambar 8 - Denso SC16HR11
  gambar 9 - IRIDIUM

Yes, tertulis iridium, bukan platinum

gambar 10 - coil no 1
 gambar 11 - 4 kabel, ada no di atasnya
 gambar 12 - part number 9004A-19002, JK099700-2580 
  gambar 13 - part number 9004A-19002, JK099700-2580

Yes logo Daihatsu karena rakitan daihatsu, banyak dah di avanza logo daihatsu bisa ditemuin. Enough lah ya, ga usah dibuktikan lagi heheheh....Koil buatan Denso  part number 9004A-19002, JK099700-2580
 gambar 14 - busi no 1 setelah dibersihkan
 gambar 15 - busi no 1 setelah dibersihkan


Gambarnya blur euy..... maklum mata dah tua susah untuk bikin foto makro lagi, apalagi pakai hape yang ya jadul banget sih ga juga tapi bukan yang hasil foto bagus.


 gambar 16 - pasang busi lagi

Abis pasang balik busi no 1, Eh kok gatel buat sekalian buka semua busi dah, tanggung.

 gambar 17 - test buka busi no 4
 gambar 18 - test buka busi no 4

Nah itu cara newbie buka busi no 4, biar ga mentok plat besi di atasnya. Cuman ini sukses sampe foto itu aja wkwkwkwkwk...... Jadi pertama newbie masukin Kunci busi deep socket, trus masukin extension, baru pasang rachet..... setelah puter busi lepas, lepas rachet. Tarik extension, nah lho kan kunci busi deep socketnya ikutan naik, mentok plat besi ga bisa keluar wkwkwkwk.... Jadinya coba lepasin extension dari deep socket dulu, baru setelah itu coba pakai U Joint..... Di foto bawah ada ntar biar enak buka busi no 4 ini.

 gambar 19 - Busi no 2, 3 dan 4 sebelum dibersihkan
gambar 20 - Busi no 2, 3 dan 4 sebelum dibersihkan

Relatif bersih juga meski yang no 1 lebih kliatan bersih. Dari warna busi terlihat running lean, ya emang irit ini avanza, diluar ekspektasi yang aku pikir agak boros.

 gambar 22 - feeler gauge

Dan gara-gara pas coba mau foto-foto njatuhin busi no 4, kuatir gap berubah, jadinya keluarkan feeler gauge. Yang busi no 1 udah terpasang lagi, males lepas buat ukur...... Busi no 2 dan 3 celahnya 1.0 mm pass seret, aku coba 1.05mm ga mau masuk, ketebelan. Yang busi no 4 yang jatuh jadinya kurang dari 1.0 mm. Ya udah dibuka dikit.

 gambar 23 - buka dikit

Setelah coba ukur 1.05 mm.... eh ini busi belakangnya kode 11, apa bukan pregap 1.1 mm, tapi kok no 2 dan 3 gapnya 1.00 mm. Ya sudah biarin deh ini mau aku seretin balik ke 1.0 mm kok agak susah, dah tes di 1.05 mm buat busi no 4. (Setelah googling barusan, harusnya memang pregapnya 1.10 mm - hahahaha napa ga kemaren langsung browsing ya xixixiixi, males mau regap lagi)

 gambar 24 - cairan pembersih dikit aja
 gambar 25 - Nah ini setelah dibersihkan

Cek buka saluran menuju Throttle Body, eh bersih TB nya, ya udah biarin aja.
 gambar 26 - TB
 gambar 27
 gambar 28 - box filter bagian bawah

Ini box filter bagian bawah, ada lubang dua biji untuk keluarkan air kalau misal ada masuk. Tapi harusnya sejak buffle depan udah minim air yang masuk sini. O ya box bawah ini posisinya sebelum masuk filter ya, jadi katakan ada angin kesedot dari lubang itu akan tetep kefilter dulu ga langsung masuk ke MAF dan TB. O ya MAF sensor nya juga bersih ga aku otak-atik.

 gambar 29 - ini filternya, masih bersih
 gambar 30 - filter udara

Relatif bersih filter udaranya. Mau semprto kompresor juga ga banyak beda sepertinya. Buatannya rapi bener, jaraknya tertata rapi dan ditahan plastik cor di tengah jadi space nya terjaga antar sirip.

 gambar 31 - U Joint untuk spark plug socket

Nah ini U Joint yang aku maksud di atas, enak ini buat buka busi no 4 karena pas masuk bisa nekuk pas.
 gambar 32 - kalau extension yang merah ini enak buat busi no 1 - 3 aja

Nah ini beberapa foto di atas ternata mayan tajam gambarnya, aku crop biar kliatan aja, dibuang sayang...
 gambar 33 - busi no 1 sebelum dibersihkan
  gambar 34 - busi no 1 sebelum dibersihkan
  gambar 35 - busi no 2 sebelum dibersihkan
  gambar 36 - busi no 3 sebelum dibersihkan
  gambar 37 - busi no 4 sebelum dibersihkan
  gambar 38 - busi no 2 sebelum dibersihkan
  gambar 39 - busi no 3 sebelum dibersihkan
  gambar 40 - busi no 4 sebelum dibersihkan
 gambar 41 -  busi no 2 setelah dibersihkan
  gambar 42 -  busi no 3 setelah dibersihkan
 gambar 43 -  busi no 4 setelah dibersihkan

Itu di bawah ground elektroda ada pentolannya, sepertinya terbuat dari bahan platinum kalau baca dari spek di bawah ini.

sumber spek : https://www.densoproducts.com/product.aspx?zpid=41285
Shell
Thread Size: 12mm
Thread Pitch: 1.25mm
Seat Type: Gasket
Resistor Value: 5K Ohm
Reach: 26.5mm (1.04")
Hex Size: 9/16" (14mm)
Terminal Type: Solid
Overall Height: ISO
Gap: .043" (1.1mm)

Center Electrode
Material: Iridium
Type: Fine Wire
Size: 0.7mm
Projection: Projected

Ground Electrode
Material: Platinum
Type: Standard
Quantity: 1

Specifications
Warranty: 12 Months
Torque Specs: Cast Iron: 11-18 lb. ft. Aluminum: 11-18 lb. ft.
Brand: Denso
Heat Range: 16
Longevity: 80-100k Miles
Resistor: Yes


Nah gapnya 1.1 mm ternyata, bahan Iridium dengan ground electrode Platinum. Ekspektasi bisa dipakai minimal 80rb miles alias 128rb km, lumayan panjang, Harga liat di online 80rb-100rb per pcs.

regards,
singachu

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten