DIY : cara mendongkrak, bersihkan rem tromol belakang dan cakram depan Avanza Veloz
gambar 1
otodiy.blogspot.com
Hari ini mau bersihkan rem Avanza Veloz 2019, sudah jalan 6000 km lebih, newbie belum pernah coba dongkrak, lepas ban apalagi bersihkan remnya. Caranya kurang lebih sama seperti yang pernah newbie lakukan di aerio. So sambil belajar juga coba dokumentasikan, modalnya tentu user manual untuk letak-letak titik dongkraknya.
gambar 2 - letak dongkrak dan cara melepas
gambar 3 - braket dongkrak
Sengaja coba pakai dongkrak standard Avanza, letaknya di bawah bangku penumpang. Melepasnya harus dari baris kedua. Dan......... uangel soro ngeluarin dongkraknya, puter pakai tangan berat. Liat lagi di manual, itu braket dijepit ama dongkrak dengan posisi diturunkan, berarti untuk melepasnya justru harus diputar searah jarum jam biar dongkrak jadi tinggi. Berat muternya, dan space untuk muter pakai tools juga susah, pakai tang baru bisa. Ya ada untungnya juga dibuat percobaan, jadi pas darurat lebih siap. Berat karena dari pabrikan mungkin pasangnya sebelum jok dipasang jadi kuat-kuat masang di braketnya.
gambar 4 - tools
Karena dah pingin pakai tools standard, jadi lanjut pakai, bener nih ga dapat kunci busi...... Ya udah lanjut cara merangkai tangkai dongkrak kalau mau dongkrak ban belakang.
gambar 5 - cara sambung
gambar 6 - cara sambung
Gampang aja kok cara nyambungnya, ada 1 besi berlubang yang ada bautnya itu diletakkan di tengah, ujung-ujungnya pakai besi yang lain baik yang lurus maupun yang ada gantolannya. Bolak balik ga masalah. Bautnya diputar secukupnya aja ga perlu seret-seret yang penting ga lepas ketarik aja.
gambar 7 - urutan cara mengencangkan baut roda
Cara kencangkan baut roda menyilang, sudah umum untuk pengecangan yang benar. Tinggal kendorkan dulu mur rodanya. O ya jangan lupa ganjal ban menyilang dengan ban yang didongkrak.
gambar 8 - ternyata ada stickernya juga di dongkrak untuk petunjuk letak dongkrak
gambar 9 - petunjuk letak titik dongkrak
gambar 10 - petunjuk letak dongkrak
Ternyata di dongkrak juga ada sticker berisi letak dongkrak ban depan dan belakang avanza, titiknya persis seperti yang tertulis di manual.
gambar 11 - maximum beban dongkrak adalah 850 kg
gambar 12 - posisi dongkrak roda belakang
gambar 13 - titik dongkrak roda belakang kiri
gambar 14 - titik dongkrak
gambar 15 - perpanjangan untuk memutar dongkrak
gambar 16 - titik dongkrak
Setelah didongkrak, lanjut lepaskan semua lugnut dan lepas rodanya. Dan lengket sampai perlu dipukul-pukul kanan kiri bannya biar roda terlepas dan bisa dicabut.
gambar 17 - tromol roda belakang
gambar 18 - baut untuk mendorong keluar tromol
Ternyata ukuran baut buat mendorong tromol sama persis seperti di aerio, pakai kunci 14 mm buat muternya. O ya jangan lupa handrem diturunkan ya. Dan ganjal pastikan lagi terpasang di roda kanan depan kalau ini dongkrak yang kiri belakang.
gambar 19 - dorong tromol keluar
gambar 20 - tromol terlepas
Agak susah yang terakhir perlu ditarik paksa akibat keganjal karat. Selanjutnya karat diolesin grease tipis-tipis biar ga cepat nyebar dan biar lebih mudah melepas ulang. Baut roda kondisi masih baik semua, dioles grease tipis biar terlindung karat juga.
gambar 21 - tromol
Ada logo Daihatsu, ya memang Toyota Avanza diproduksi di pabrik Daihatsu.
Ok pembersihkan dimulai. Untuk kampas rem tinggal di sikat kawat, kemudian dicuci pakai air sabun dengan sikat gigi bekas, abis itu bersihkan lagi dengan air dan sikat gigi. Untuk tromol jangan pakai sikat kawat ya, baret ntar, pakai sikat gigi dan air sabun kemudian bilas. Hasilnya sekarang kalau diraba terasa kesat, sebelumnya terasa ada licin-licinnya.
gambar 22 - sikat kawat untuk kampas rem nya
gambar 23 - sudah bersih dari debu dan minyak
Keringkan dan pasang, pastikan lubang untuk pasang baut pendorong bukan di lubang nap yah....
gambar 24 - terpasang dan sudah dioles grease tipis buat menghambat karat
Lanjut sebelah kanan, caranya sama aja jadi ga banyak foto
gambar 25 - titik dongkrak belakang kanan, kotor susah terlihat di foto ya tonjolannya
Lanjut ban depan, caranya mirip, ganjal roda berlawanan, kendurkan lug nut roda, dongkrak, lepas lugnut dan lepas ban.
gambar 26 - titik dongkrak di samping, belakang roda depan
gambar 27 - titik dongkrak
Roda kiri depan ini lengket luar biasa, setelah lugnut terlepas semua, sudah dipukul-pukul pakai tangan tetap bandel, akhirnya tendangan beraksi baru lepas.
gambar 28 - lepas baut kaliper
Untuk sekedar melepas kampas rem cakram, cukup 1 baut caliper aja yang dilepas, yang sisi bawah (gambar 28). Setelah itu tinggal dorong ke atas kalipernya (gambar 29)
gambar 29 - baut kaliper
gambar 30 - lepas kampas rem
Cara bersihinnya sama seperti rem belakang. Sikat kawat, sabun, bilas, bersih dan kesat.
gambar 31 - indikator keausan. Masih tebal karena masih baru
gambar 32 - tulisan daihatsu, merk TDW
Ntah kenapa kok backing platenya satu sisi, sedangkan yang sisi piston caliper langsung nekan rem tanpa backing plate (gambar 32). Sementara ini fine-fine aja rem-nya, kalau suatu saat ada bunyi bisa jadi ntar tambah backing plate sendiri.
Kampas rem depan merk TDW dan ada tulisan Daihatsu
gambar 33 - sudah bersih kesat
Sekalian spring caliper rem juga dilepas (gambar 34) dan dibersihkan, kemudian tambah grease dikit. Bersihinnya pakai sikat gigi aja dah cukup. Greasenya jangan sampai beleber kena piringan cakramnya yah... O ya terlihat juga di gambar 34 piringan cakram depan sudah berventilasi, bukan single solid disk lagi seperti yang awal-awal avanza xenia keluar, jadi pelepasan panasnya lebih baik.
gambar 34 - spring caliper
gambar 35 - spring caliper sudah dibersihkan
gambar 36
Kalau gambar 36 ini untuk dongkrak besar, sekali dongkrak 2 ban sekaligus bisa terangkat. Kapan-kapan aku bikin dokumentasinya.
O ya habis dibersihkan, bisa dipasang lagi, untuk cakramnya bisa dicuci pakai air sabun dan keringkan pakai kertas koran bekas atau kain lap. Pasang balik semua. Lanjut roda kiri depan cara juga sama.
Untuk mengencangkan mur / lugnut roda jangan lupa menyilang seperti gambar 7.
Done
regards,
singachu