Share report service ke empat (18 bulan / 30000 km) avanza veloz 2019 1.5 M/T pakai intemediate service di Auto2000
gambar 1 - intermediate service 25.000 km |
otodiy.blogspot.com
Pandemi corona masih berlanjut, Avanza Veloz sudah waktunya service ke empat (30000 km atau 18 bulan). Odometer rabu kemarin newbie cek di angka 9804 km, sangat jauh, bahkan waktu service ke tiga (20000 km atau 12 bulan) yang dilakukan 15 Agustus 2020 lalu odometer tercatat 8775 km. Jadi oli cuman terpakai 1000 an km aja, sangat rendah milage nya. Bahkan dimulai service ke dua (10000 km atau 6 bulan) di 29 Februari 2020 odometer tercatat 7063 km. Terasa agak sayang juga baik oli ataupun free jasa service nya terpakai kurang maksimal, tapi namanya oli ada usia pakai meskipun kilomter pemakaian rendah, tapi justru short trip yang hanya 2-3 km sekali jalan malah membuat oli cepat rusak. Selain itu juga untuk mempertahankan garansi Toyota 3 tahun / 100.000 km perlu dilakukan service berkala dan oli TMO sebagai syarat apabila terdapat claim warranty.
Dari toyota mendapatkan kupon gratis biaya jasa sampai 6x dengan masa 4 tahun / 50000 km, mana yang tercapai lebih dulu.
6 kali service gratis tersebut dengan jadwal :
Service ke |
Kilometer |
Bulan |
highlight kegiatan |
1 |
1,000 |
1 |
Inspeksi |
2 |
10,000 |
6 |
oli mesin+filter |
3 |
20,000 |
12 |
tune up, oli+filter |
4 |
30,000 |
18 |
oli mesin+filter |
5 |
40,000 |
24 |
tune up, oli+filter, transmisi, gardan |
6 |
50,000 |
36 |
oli mesin+filter |
Berarti sekarang akan menggunakan service ke-4, tidak ada tune up, karena dapat info bahwa tune up dilakukan pada kelipatan 20.000 km. Padahal di service ke 3 atau 20.000 km tidak dilakukan tune up, mungkin karena odometer waktu itu di 8775 km. Sedikit kecewa juga.
Kalau menghitung dari jangka waktu 6 bulan terhitung service ke-3 tanggal 15 Agustus 2020, berarti dilakukan max sekitar tanggal 15 Februari 2021.
Selamat Pagi Auto Family,Yth Bpk/Ibu Singachu, AVANZA PL-47-NO saatnya service berkala ke 6 bulan. Promo Free 2 liter Oli TMO Syn/ 199.000rb sd 25 Januari 2021SKB1. Melakukan Servis Berkala dan Ganti Oli2. Sudah Booking Service min (H-1) jam kerja3. Hanya Menggunakan Oli TMO4. Promo Khusus unit yg terdata*Balas YA untuk Booking-Fatma MRA-Booking Service Auto2000 Pecindilan0821 4249 2000 / 0858 1519 2000
4 Januari 2021 dapat pemberitahuan via whatsapp dari AUto2000 Pecindilan seperti di atas. Sedikit sayang waktunya karena dimajukan, kedua Auto2000 Pecindilan juga letaknya yang sangat jauh dari rumah (27.6 s/d 31.3 km tergantung rute untuk sekali jalan), jadi nunggu informasi dari Auto2000 waru mungkin belum masuk karena lebih dekat (11.8 km untuk sekali jalan jalur non tol).
Dan tanggal 27 Januari 2021 dapat pemberitahuan dari Auto2000 Waru :
Hallo AutoFamily...Yth pelanggan setia AUTO2000 Waru.Bagaimana kabar Bapak / Ibu hari ini? Semoga Bapak / Ibu & keluarga senantiasa diberikan kesehatan.Mengingatkan kembali, kendaraan TOYOTA AVANZA dengan nopol PL-47-NO atas nama Singachu sudah waktunya service berkala.Manfaatkan program service berkala dibulan Januari 2021 ,dapatkan Free TMO Synthetic 1 ltr /Senilai Rp 99.500 dan Free Fogging Disinfektan dengan cara Booking Service terlebih dahulu minimal H-1.Segera booking service dan nikamti promo programnya atau balas ketik YES .Terima kasih.*Syarat Ketentuan Berlaku*Promo Program Tidak Berlaku KomulatifAuto 2000 Waru memperhatikan SOP dan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.Salam SehatAmna / MarthaBooking Service Auto2000 WaruHP/WA 082330972000Office 0318532000
Well lebih maju juga ternyata, coba WA balik ke Pecindilan untuk promonya ternyata sudah lewat dan tidak ada promo lagi. Ya sudah booking di Auto2000 Waru untuk Sabtu 30 Januari 2021 jam 8 pagi biar langsung dikerjakan minim antrian (meski booking juga).
Karena pasti ga ada tune up di service 30.000 km, dan untuk menghemat biaya chemical seperti brake pad cleaner, maka newbie melakukan 'pre-service' mandiri di Jumat 29 Januari 2021.
Pagi newbie lakukan pembersihan ringan (sorry no foto, mengejar waktu) :
- Pembersihan Throttle Body dengan Nulon Foam Cleaner
- Carbon clean sederhana dengan AMB Proclean 200 ml per cylinder, caranya seperti yang newbie lakukan di vlog Aerio, bedanya kali ini tidak semprot dengan kompresor karena di Veloz ada Catalyc Converter, newbie ga ingin kotoran menyumbat ke sana, jadi cairannya sedot kembali pakai kompresor.
- Busi Iridium Denso SC16HR11 ujungnya direndam AMB Proclean dan dilap pakai tissue saja, tidak disikat kawat karena rentan ujungnya rusak.
- Filter udara semprot kompresor. Tapi memang kondisinya masih sangat bersih sih.
Starter mobil gampang aja karena cairan dah disedot semua. Ini sedikit rekamannya, sekarang idle rpm dan liter per hour bisa sangat baik dibandingkan sebelum tune up (lebih tepatnya sejak service terakhir).
video 1 - Finishing after light tune up
Siangnya lanjut bersihkan rem 4 roda, dulu pernah bikin juga dokumentasinya.
Sore nya baru test drive jalan buat mastikan rem ok, ini video rekaman datanya :
video 2 - Test Drive After Cleaning Brake And Tune Up
Cukup puas, lanjut cuci filter AC Avanza Veloz dan semprot blower AC. Eh ternyata ga pernah newbie buat dokumentasinya yah, lain kali dah.
Sabtu pagi berangkat ke sana, sengaja brangkat lebih pagi biar on time sampai sana. Ga berharap banyak mengingat service sebelumnya merasa kurang puas. Sampai sana masih belum jam 8 pagi oleh security disuruh menunggu dulu, di parkiran sudah ada yang mengarahkan dan diberi map service. Menunggu di ruang tunggu bawah untuk dipanggil sambil baca-baca item-item service di buku, dan jam 8 dipanggil SA, kali ini dengan SA yang berbeda dengan sebelumnya. Ditanya keluhan, tidak ada. Ditanya kendala mesin atau pengereman, tidak ada. Terus newbie iseng karena teringat soal sirine alarm yang patah dudukan plastiknya, sebenernya ini patah di tahun 2019 (lupa tepatnya) dan newbie lem, tapi di pertengahan tahun 2020 kembali patah lagi dan newbie lem lebih kuat, masih terpasang ok sih, tapi iseng aja sampaikan ke SA nya. SA nya kemudian permisi untuk melihat di unitnya, datang dan menginfokan akan diajukan barangnya karena tidak tersedia, perkiraan 1 minggu dan akan dikontak lagi kalau barang sudah datang. Item dan pemasangan nanti free. Kemudian karena odometer yang cuman jalan 1000 km, dari SA menjelaskan dua opsi :
- Intermediate Service. Tidak menggunakan kupon free service ke 4. Dan kupon free service ini bisa digeser pemakaiannya di kemudian hari, tidak akan berimbas ke gugurnya garansi. Istilah yang dipakai di Auto2000 adalah dilakukan Intermediate Service 25.000 km, hanya pergantian Oli Mesin + Filter saja, namun kelemahannya adalah Free Oli 1 liter promo booking Januari tidak bisa digunakan, alias tidak dapat potongan 99.500. Sedangkan Free Fogging tetap dapat. Dijelaskan juga oleh SA, langkah kupon free service bisa digeser karena pembelian unit di Auto2000 (Wiyung), bila beli di dealer Toyota lain diluar Auto2000 tidak bisa.
- Tetap service ke 4 menggunakan kupon free service dengan promo oli TMO 10w-40 senilai Rp 99.500,- dan Free Fogging Disinfectant.
Timang-timang newbie putuskan untuk ambil Intermediate Service saja, budget service berarti naik 99.500. Oli tetep pakai TMO 10w-40. Sebelum diprotes nih, I know 2NR-VE disarankan pakai oli 0w-20 atau 5w-30. Service kedua newbie pakai TMO 5w-30 dan berencana tetap pakai SAE tersebut dengan asumsi pemakaian mobil normal, sebelum negara api eh pandemi corona menyerang. Tapi kenyataannya cuman terpakai 1700 km saja, sayang duitnya. Kemaren aja service ke-3 oli cuman kepakai 1000 km saja, dan I don't think aktifitas balik normal dalam 6 bulan kedepan. So pakai yang murah aja (bedanya separo harga). Kalau ditanya kenapa ga yang 0w-20 atau 5w-30 dan diextend olinya sampe 8 bulan atau bahkan 12 bulan..... No, gas blow by apalagi frequent short trip itu termasuk severe driving, oli tetep 6 bulan aja, makanya newbie pilih mending 10w-40 tapi max 6 bulan daripada 5w-30 dengan interval 8-12 bulan. Belum lagi ya waktu service dari Toyota mensyaratkan max 6 bulan juga, biar ga ribet aja. Mungkin itu pendapat pribadi, belum tentu benar, hidup itu pilihan.....
gambar 2 - kupon free service ditandai service intermediate untuk diundur |
Foto SPK dulu, karena ini SPK bakalan diambil balik, tuh nama SA nya ada di foto SPK ya. Estimasi biaya :
- TMO 10w-40, 4 botol x Rp 99.500,- = Rp 398.000,- (kepake 3.5 liter aja)
- Filter Oli Rp 30.000,-
- Gasket tap oli Rp 9.000,-
- Total Rp 437.000,-
Tertulis juga Permintaan & Keluhan Pelanggan :
- Service Intermediate 25.000
- Check Fluida-fluida dan Tekanan Ban
- Ganti Oli Mesin TMO
- Fogging
- Braket Sirinie dan Speaker Alarm Patah (ini masih pemesanan perkiraan seminggu)
gambar 3 - SPK |
Naik ke ruang tunggu yang diberi jaga jarak protokol kesehatan, karena masih sepi pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela mengarah ke ruang service (well newbie seneng aja liat orang kerja). Kali ini dispenser kopi diaktifkan bisa minum sepuasnya, yang dulu cuman dikasih bingkisan snack seperti bingkisan ultah anak-anak wkwkwk. Cemilan ga banyak macam tapi udah bagus lah bisa ambil sendiri plus air mineral.
Sambil longok-longok di kaca, sepintas yang pas nyimak sih dilakukan :
- Fogging
- Mobil dipindah, cek kelistrikan, lampu-lampu, fungsi wiper, spion dll. (Ga tau apa aja yang dicek, ga kliatan dari jauh)
- Drain oli dan ganti (filter olinya ga kliatan sih)
- Aki dicek pakai mitronik (sayang ini ternyata ga dikasih cetakannya), untuk air aki sebelumnya sudah aku penuhin di rumah.
- Air wiper ditambah, air biasa ya bukan wiper fluid.
- Roda dicek tekanannya dan disetel lugnutnya pakai kunci torsi. Jadi sama sekali ga dilepas, so ga ada cek rem (karena ga ada keluhan, ya kan udah aku bersihin sendiri di rumah - tapi sebelumnya ya ga ada keluhan juga sih), ga ada balancing (ini harus bayar lagi material timah balancingnya), ga ada rotasi roda.
- Abis itu mobil dipindah lagi ke tempat uji emisi, knalpot dicolok. Ini sayang juga ga dapat struk uji emisinya.
- Abis itu mobil dibawa keluar area service untuk dicuci.
Sekitar jam 10 dipanggil karena sudah selesai, dilakukan pembayaran dan dijelaskan lagi soal part sirine, akan dikontak lagi untuk dipasang. Diganti sirine nya berikut braketnya, free part dan jasa. Biaya yang muncul sesuai estimasi.
gambar 4 - faktur |
gambar 5 - rincian harga |
Eh sedikit beda, total 434 ribu, estimasi 437 ribu, selisih 3.000, ternyata filter olinya yang beda, harganya 27.000 lebih murah. Setelah aku bandingkan dengan service sebelumnya juga 27.000, tapi di service sebelumnya lagi 30.000. Kode partnya beda, ini 15601-BZ030 kalau pergantian awal 15601-YZZTI. Ah ntah lah, yang penting sama-sama original, mayan malah lebih murah.
gambar 6 - ini sisa olinya |
Botol oli dikembalikan semua, sebagai bukti dilakukan pergantian. Filter oli bekasnya ga dibalikin, hmm diganti ga ya.....Coba diliat di mobil, ga yakin juga soalnya asalnya juga bersih penampakan luarnya....
gambar 7 - test aki sendiri aja dah di rumah |
Aki masih bawaan, udah lewat garansi soalnya dari toyota garansi cuman 1 tahun / 20rb km mana tercapai dulu.
O ya mobil dah dicuci, trus dalamnya dialas kertas untuk lantai sisi driver, tapi kalau liat interiornya sih ga dibersihkan, cuman exterior aja. Nah yang aneh bacaan rpm dan konsumsi saat idle naik lagi dibanding video kemarin, kebetulan aja atau ada disetel lagi ya ? ah biarin dah. Pulangnya lewat tol tarikan sih tetep ringan, beda ama service sebelumnya yang kerasa lebih berat, mungkin karena sebelumnya peralihan dari 5w-30 ke 10w-40 yang lebih kental sedangkan yang sekarang ga ada perubahan kekentalan oli ?
Overall, puas kali ini. Bedanya dengan sebelumnya adalah di SA nya yang lebih bisa menawarkan alternatif pekerjaan, tapi beda hasil di kepuasan pelanggan.
singachu