DIY : Pasang ground wire "Red Power" 7 titik di all new veloz

 gambar 1 - cable wire 7 titik
otodiy.blogspot.com
Sekedar iseng ajah nambah kabel di titik grounding. Ga ada harapan apa-apa untuk pemasangannya karena mobil relatif baru, hanya pingin ada titik ground terpusat di busbar biar ga banyak kabel yang langsung di kepala aki.

 gambar 2 - beli online 7 titik
Coba-coba banding harga dapat yang murah warna merah, sebenernya kurang sreg dengan warna merah untuk grounding. Ya soal harga aja sih, warna yang lain selisih harganya terpaut jauh. Cuman karena ga ada rencana tambah kabel power lain seperti audio, jadi fine-fine aja buat aku.

Harga 125 ribu dapat 1 busbar dan 7 kabel :
  • 2 kabel 40 cm
  • 1 kabel 60 cm
  • 1 kabel 80 cm
  • 2 kabel 120 cm
  • 1 kabel 200 cm
Bikin sendiri mungkin lebih enak untuk ukurannya, kualitas kabel dan besarnya kabel bisa dipilih sendiri, cuman kebetulan males aja bikin sendiri dan pasang skunnya sendiri. Jadi ya diputuskan beli jadi aja.


 gambar 3
Kabelnya sendiri ga terlalu besar, dan lentur sekali, mudah untuk pengaturan jalurnya.

Setelah dicoba-coba ukur dan trial, diputuskan untuk :
  1. Busbar dipasang pada body sisi kanan (gambar 4), letaknya pas di titik grounding kanan mobil yang langsung dari pole negatif aki. Awalnya juga terpikir untuk menambahkan kabel ground tambahan dari pole aku ke titik ini, tapi karena jumlah kabelnya juga kurang selain itu dirasa besarnya kabel standard sepertinya dah cukup besar. Jadi cuman busbar aja yang dipasang di sana.
  2. Dari busbar baru disebar ke titik yang lain, yaitu di firewall (gambar 5 - kabel 200 cm)
  3. Dari busbar ditarik ke blok mesin (gambar 6 - kabel 120 cm)
  4. Dari blok mesin disambung ke body kiri, tepatnya pada braket speaker alarm (gambar 7 - kabel 40 cm)
  5. Dipasang pada alternator (gambar 8 - kabel 120 cm)
  6. Dipasang pada kompresor AC (gambar 9 - kabel 80 cm)
  7. Dipasang pada Throttle Body (gambar 10 - kabel 60 cm)
  8. Dipasang pada apron depan, atau lebih tepatnya dudukan klakson (gambar 11 - kabel 40 cm)

Sebenernya masih ingin nambah di dudukan motor starter. Kalau body transmisi dirasa tidak perlu karena ini manual bukan matic. Saran lain kalau baca-baca adalah di dekat pedal gas / accelerator pedal.

 gambar 4 - busbar tembaga dipasang pada body sisi kanan mobil
 gambar 5- ground pada firewall
 gambar 6 - blok mesin
 gambar 7 - body sisi kiri
 gambar 8 - alternator
 gambar 9 - kompresor AC
 gambar 10 - Throttle body
gambar 11 - braket klakson di apron depan 

Pemasangan pada baut di firewall membutuhkan sedikit modifikasi pada skun kabel. Skun sedikit di potong biar bisa terbuka dan diselipkan ke baut yang ada.

 gambar 12 - skun dipotong sedikit biar bisa kebuka
 gambar 13 - skun dipasang dulu di baut firewall
 gambar 14 - skun yang terbuka, digepengkan lagi
gambar 15 - baut siap dipasang kembali pada firewall (panah kuning)
 gambar 16 - baut dan kabel grounding terpasang pada firewall

Untuk ground ke kompresor AC, diputuskan di pasang pada ground dan braket dari kabel ke magnetic clutch AC. Sekrup yang ada dilepas, ternyata sekrupnya lebih kecil daripada lubang skun dari kabel ground tambahan. Biar ga perlu tambah ring. Skun ground kabel tambahan dipasang dulu baru ditumpuk dengan skun ori untuk kabel magnetic clutch kompresor baru disekrup balik. (gambar 17)
Untuk menjangkaunya, lepas dulu pipa plastik / selang udara. Pakai obeng plus yang panjang.

 gambar 17 - pemasangan kabel ground pada kompresor AC

Untuk Throttle Body, kesulitannya di space untuk kuncinya, jadi biar agak mudah lepas dulu pipa plastik dari filter udara. Lepas satu baut saja dari throttle body, pasang skun dan bautnya balik.
 gambar 18 - baut pada throttle body

Untuk alternator, di sisi belakang alternator (bawah pipa radiator, dekat header knalpot) ada lubang kosong yang sudah ada dratnya. Jadi cari baut yang ukuran dratnya sama (newbie ga tau ukuran berapa, dari stok baut kebetulan ada yang cocok).
gambar 19 - terpasang pada body alternator

Untuk blok mesin, sebenernya dari kabel ground bawaan (dari negatif aki langsung) sudah ada groundingnya dan kabelnya cukup besar juga (sisi kiri mesin kalau kita menghadap ke mobil). Bisa ditambahkan di sana, tapi sepertinya ukuran bautnya terlalu besar jadi ga muat dengan skun dari kabel ground tambahan. Setelah cari-cari di sisi kanan mesin kalau kita hadap ke mobil, dapat lubang yang sudah ada drat nya pas di atas alternator (gambar 20). Cari baut yang ukuran dratnya pas dan pasang skun ground cablenya. Di sini dipasang lagi 1 kabel tambahan untuk sambung ke body kiri mobil. 
gambar 20 - terpasang pada blok mesin

Untuk body kiri, dilanjutkan dari blok mesin pakai kabel 40 cm disambung dari blok mesin gambar 20 ke braket speaker alarm di body kiri mobil (gambar 21)
gambar 21 - dari blok mesin ditarik kabel lagi ke body kiri





Untuk bagian depan mobil, di dudukan klakson, pakai kabel 40 cm langsung ke dudukan klakson yang pas di depan aki. (gambar 22)



gambar 22 - dudukan klakson di depan

Sebenernya untuk bagian depan mobil (apron), kalau liat gambar di internet khususnya avanza sebelum 2019 (mesin sudah dual vvti 1NR-VE atau 2NR-VE) dari standard pabrikan sudah ada kabel groundnya meskipun kecil (gambar 23 gambar kiri atas dan kiri bawah), sedangkan di veloz 2019 tidak ada (lihat gambar 23 kanan bawah), hanya ada dudukannya di atas corong udara dan ada lubang baut di braket mesin yang tidak terpakai. Bisa juga sih ditambahkan kabel di sana. Ntah kenapa kok di versi yang lebih baru malah dihilangkan, kemungkinan sudah ada kabel ground lain sih, cuman newbie blom tau ada di sisi mana.
gambar 23 - kabel ground ke depan mobil (kiri atas dan kiri bawah) tidak ada di veloz 2019 (kanan bawah)

Perapian jalur kabel
Semua kabel dimulai dari busbar sisi kanan mobil (kiri aki kalau kita menghadap ke mobil) kecuali kabel body kiri yang dimulai dari blok mesin.

 gambar 24 - semua terhubung ke busbar terminal tembaga

Kabel ke dudukan klakson di depan mobil, langsung diarahkan ke depan. Sedangkan 5 kabel lainnya diikat dengan cable ties.
Untuk cara pemasangan cable ties nya, newbie ngikutin cara om Wirasaja di post berikut.

 gambar 25 - berikutnya kabel ke sisi belakang aki

Dari sisi belakang aki, 1 kabel ke arah firewall, diikat pakai kabel ties ke jalur kabel yang ada di sana, melintasi atas mesin dan turun ke belakang evaporator charcoal canister.

 gambar 26 - kabel ke firewall, lewat atas ngikutin jalur kabel lain di sana

Sisa 4 kabel lainnya terus lanjut ke kiri mobil, sebelum melewati box filter udara, kembali terpecah. 1 kabel mengarah ke throttle body (gambar 27), 1 kabel lagi mengarah ke bawah ke arah kompresor ac (gambar 28), 2 kabel lainnya lanjut ke sisi kiri mobil melewati bawah pipa/selang udara.

 gambar 27 - 1 kabel terpencar mengarah ke throttle body



gambar 28 - 1 kabel ke bawah mengarah kompresor ac

Dari gambar 28 terlihat 4 kabel, 1 ke kiri (dari gambar 28) mengarah ke throttle body, 1 kabel ke bawah ke kompresor, 2 kabel lainnya masih lanjut ke sisi mesin.

 gambar 29 - 2 kabel lanjut lewat atasnya mesin
Di gambar 29 agak bawah, terlihat ada 1 lubang baut nganggur, itu yang dipakai buat posisi ground di avanza tahun sebelumnya (gambar 23 - gambar kanan atas), jadi bisa aja dimanfaatkan untuk dudukan kabel ground di sana.
 gambar 30 - perapian kabel yang melintas di atas mesin
 gambar 31 - lewat atas mesin
 gambar 32 - pecah dua, yang kiri gambar adalah blok mesin, kanan gambar ke body alternator
 gambar 33 - body alternator

gambar 34 - blok mesin
Dari blok mesin disambung ke sisi kiri body mobil


gambar 35 - lanjut sisi kiri body mobil

Selesai, beberapa kali pakai rasanya sama aja, bunyi klakson juga ga ada beda antara sebelum dan sesudah pasang. Pengukuran dengan feeling.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio