Troubleshoot lampu rem aerio berkedip mengikuti lampu Sein {Endi Saputra}

gambar 1 - lampu rem ikut menyala kedip bareng sein
otodiy.blogspot.com
Ada yang punya pengalaman nyalain lampu sein, lampu rem ikut kedip-kedip?
Sudah dicoba ganti bohlam tetap aja..

Makasih Suhu....

video 1 - lampu rem berkedip ikut sein

Kun Widodo:
Buka pintu kanan belakang, lepas panel bawah, bengkek yang atasnya....
Cari konektor biru
Hehehehehe......itu pengalaman saya pas pulang meetday yogya.
Benerin konektor itu....sembuh.
 gambar 2
gambar 3

Aditia Ekalaya:
kalo ikut ngedip.
coba buka panel bagasi belakang sebelah kanan ( jajaran driver ).
gambar 4 - panel bagasi belakang sebelah kanan 
biasanya groundingnya kotor.
bersihin grounding atau tambah grounding.
kalo buka panel ntar nemu 2 ground point.
kalo mo detail sih, ikuti ground yang dari lampu sen/rem.
ntar ketemu grounding point yang peruntukan buat sen/rem + sensor bagasi
grounding point yang digambar digunakan juga buat fuel pump + 1 yang di fuel tank.
tapi kalo buat lampu rem/sen ekslusif no 17 + 18
beda itu om Kun Widodo.
itu konektor yang ke arah fuel pump.
ane lebih ke titik grounding nya.
gambar 5 - grounding 
soalnya dulu pengalaman ane FP (Fuel Pump) mati karena ga ada grounding, lampu sen - rem - senja tetap berfungsi bagus.
artinya, lampu-lampu ngambil titik grounding lain.
begitu juga pas, lampu rem ikut ngedip. seharusnya kalo FP ikut grounding point yang sama, ya ikut melemah kinerja nya.
logika nya kan begitu
coba telusuri kabel ground dari lampu rem om Endi Saputra.
abaikan grounding no 20 karena posisinya ada di fuel tank
no 15 ada dibawah konsole tengah.
tapi biasanya yang no 17 yang bermasalah
gambar 6 - grounding

Mulai pengerjaan :
 gambar 7 - panel yang dikerjakan
gambar 8 - titik grounding yang ditemukan

Report Setelah bongkar panel:

  1. grounding point 17/18 dibersihkan pake kikir (masalah tetap sama)
  2. Curiga soket lampu yang masalah, coba pindahkan soket lampu ke bagian kiri, ternyata di kiri normal. Kesimpulannya bukan soket
Sekarang Istirahat dulu bari mikir...  :D

gambar 9 - dikikir untuk mendapatkan grounding lebih baik

Kemudian saya coba petuah Om Kun, cek soket biru. Ternyata ada kabel yang kulitnya digigitin kecoa, bungkus pake lakban dan rapikan dengan kabel lainnya.
Daaaan....
Problem Solved
Alhamdulillah...

gambar 10 - ada kabel terkelupas di sini

Curiga si "kabel telanjang" itu kena ke body..
Makasih Om bimbingannya.. 
*salimlagi

om Kun Widodo solved nih.
ternyata cuma kabel bocor doang wakakaka

Comments

  1. Punyaku juga sama,,besok tak liate,,,motor washer wiper juga mendadak mati,,motor tak cek ok,,ada 2 soket iyu buat apa aja y

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Troubleshoot extra fan AC tidak berputar, bersihkan ECT sensor dan test fan radiator {Reynaldo PS}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Center Ring, Kegunaan, dampak keselamatan dan Pemakaian di Innova {Gamawijaya}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}