DIY : Ganti Brake Hardware (Caliper boot, spring pad) untuk atasi Grinding dan Squeaking Noise Aerio {Ahmad Fathlillah}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
#Share #Report #DIY
Ganti kampas rem depan dan brake hardware Aerio 
Kampas rem depan memang sudah waktunya diganti, karena sudah mulai berasa ada grinding noise di ban sebelah kiri (passenger side). Berhubung rem suka bunyi squeaking saat nginjak pedal rem (bunyi krieeek saat injak dan lepas pedal rem), saya merasa kalau sudah saatnya ganti ganti brake hardware yang terdiri dari caliper boot dan spring pad. 
Jika berencara untuk mengganti piringan rem depan, juga bisa mengikuti step yang saya jabarkan. Namun butuh semprotan ekstra yaitu Brake Cleaner. Karena piringan rem baru dilapisi oli dari pabrikan untuk mencegah karat selama pengiriman dan penumpukan di gudang toko.

Part yang dibutuhkan:
  1. Kampas rem depan, saya pakai Bendix General CT. Beli di Sentosa Motor seharga 275rb.
  2. Boot kaliper rem (55201-54G00-000) sebanyak 4 buah. Beli di Sentosa Motor seharga 35rb per piece, dijual per set isi 2 piece tapi harga jual tetep satuan. Jadi 140rb untuk 4 piece boot kaliper.
  3. Spring pad (55234-54G01-000) juga sebanyak 4 buah. Beli di Sentosa Motor seharga 55rb per piece, total 220 rb untuk 4 piece spring pad.
  4. Dextone Removable Thread Locker. Beli di Solusi Tools Tebet, seharga 35rb untuk satu botol kecil.

Total costnya gasampe 700rb perut dah kenyang, ga cover ongkos jalan ke atrium senen sih..

Pilihan kampas rem itu ya terserah, saya sih saran SGP saja. Tapi karena harganya kurang ramah di kantong jadi saya pilih bendix aja.

Boot kaliper sudah termasuk rubber grease. Jangan gunakan petroleum-based grease pada boot kaliper karena akan merusak karet boot-nya. Jika hanya melakukan maintenance untuk melumasi ulang (karet boot tidak sobek), maka gunakan Silicone paste/grease

Fungsi spring pad adalah tempat kampas rem duduk dan bisa bergeser saat piston rem menekan kampas dan kembali ke posisi awal. Spring pad bertekstur licin untuk mempermudah gerakan kampas rem. Selain itu spring pad juga mencegah bunyi squeaking pada pengereman. Gunakan sedikit grease pada area kampas rem yang bersentuhan dengan spring pad (jangan berlebihan agar tidak tumpah ke piringan atau kampas rem, cukup sedikit saja).

Kampas Bendix yang baru ini tidak ada alurnya, jadi saya modifikasi terlebih dahulu agar memiliki alur dan step seperti kampas original SGP. Dengan menggunakan spidol permanen untuk menandakan area yang perlu di modifikasi. Untuk modifikasi saya menggunakan gerinda yang saya pinjam di tukang las, pakai gergaji lama bos.

 gambar 2 - polos tanpa alur sama sekali
 gambar 3 - Beri garis tanda dulu untuk modifikasi seperti kampas original
 gambar 4 - Hasil modifikasi
 gambar 5 - Hasil modifikasi
gambar 6 - Caliper Boot dan Spring Pad


Step-by-step.

  1. Kendurkan baut roda ketika roda masih menempel di tempat parkir. Cukup dikendurkan dan tidak perlu dilepaskan. Kemudian dongkrak mobil sampai posisi roda sedikit mengambang dan lepaskan baut roda yang sudah dikendurkan sebelumnya. Putar setir ke arah roda yang mau diesekusi terlebih dahulu untuk akses yang lebih mudah (dalam foto dibelokan ke kiri).


    gambar 7 - belokkan ke kiri
  2. Kendurkan kedua buah baut (kepala 14) yang memegang kaliper. Kemudian lepaskan baut bagian bawah agar kaliper bisa terangkat ke atas.


    gambar 8


    gambar 9 - angkat kaliper ke atas
  3. Ketika kaliper terangkat seperti di gambar, maka proses penggantian kampas rem dan spring pad bisa dilakukan di step ini jika boot kaliper tidak bermasalah. Gunakan press kaliper (pakai C clamp bisa, pasang kampas lama untuk menahan piston kaliper) untuk menekan piston kaliper kembali ke posisi awal (normal). Perhatikan reservoir minyak rem, bisa luber saat piston kaliper rem ditekan.
  4. Untuk meneruskan pembongkaran, buka juga baut pemegang kaliper bagian atas. Kemudian kaliper bisa diletakan di atas piringan rem, atau diikat ke per shock agar tidak menghalangi proses pembongkaran selanjutnya (lupa di foto). Pin kaliper tinggal ditarik saja dari dudukan kaliper. Buka baut pemegang dudukan kaliper (kepala 17). Rendam semua baut (termasuk pin kaliper) kedalam bensin di botol. Kocok-kocok botol sampai bensin berwarna kehitaman untuk membersihkan baut.


    gambar 10 - bensin untuk membersihkan baut
  5. Lepaskan boot dari dudukan kaliper, masukan bensin ke dalam got boot kaliper dan gunakan pin kaliper untuk membersihkan bagian dalam got kaliper, gunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa grease. Sebenarnya lebih mudah langsung menggunakan carb cleaner atau brake cleaner tinggal semprot saja ke lubangnya.


    gambar 11 - bersihkan
  6. Setelah baut bersih dan dibiarkan kering sebentar (sekitar 10-15 menit). Saya mengaplikasikan thread locker pada baut dudukan kaliper dan baut kaliper.


    gambar 12 - thread locker pada baut kaliper
  7. Fotonya hilang
  8. Gunting ujung pada plastik rubber grease yang termasuk dalam paket boot kaliper, gunting sedikit saja. Lalu masukan grease ke lubang pin kaliper pada dudukan kaliper secukupnya pada kedua lubang. Kemudian pasang boot kaliper ke tempatnya.


    gambar 13 - plastic rubber grease
  9. Oleskan juga grease pada pin kaliper secukupnya.


    gambar 14 - grease pada pin kaliper
  10. Masukan pin kaliper kedalam lubang pin di dudukan kaliper. Memasukannya agak susah karena ada tahanan dari grease di dalam yang sudah dimasukan sebelumnya. Paksa masuk sampai pin kaliper mentok. Setelah mentok, tarik sedikit dan pastikan boot kaliper sudah menempel pada got dudukan boot di pin kaliper.


    gambar 15 - masukkan pin kaliper ke dalam lubang pin di dudukan kaliper
  11. Pasang spring pad. Saya menemukan prosesi ini lebih mudah saat dudukan kaliper belum terpasang ke knuckle. Oleskan sedikit grease pada permukaan spring pad yang bertemu kampas rem. Perhatikan kampas remnya ada petunjuk posisi kampas remnya (IN dan OUT)


    gambar 16 - pasang spring pad


    gambar 17 - Posisi OUT


    gambar 18 - posisi IN
  12. Kampas rem terpasang.


    gambar 19 - brake pad terpasang
  13. Pasang kembali kaliper rem ke tempatnya. Dimulai dari baut atas terlebih dahulu. Setelah baut atas terpasang, kaliper bisa "ditutup" kebawah dan pasang baut bawah. Saya menggunakan thread locker untuk pemasangan bautnya. Gunakan 2 kunci 14 mm (1 kunci pas dan 1 kunci ring atau kunci shock 14mm) untuk bisa menahan pin kaliper saat pengencangan bautnya.


    gambar 20 - pasang kaliper rem

Impresi awal pas nge-test menekan pedal rem, bunyi squeaking hilang seketika. Tapi belom dites jalan karena hari sudah mulai gelap (pamali bongkar malem-malem). Semoga bunyi-bunyian hilang selamanya. Karena pengalaman saya dulu pertama ganti kampas rem, bunyi hanya hilang saat kampas rem masih baru. Sebulan kemudian bunyi lagi. Dengan mengganti spring pad (yang memang kebetulan sudah rusak) saya mengharapkan tidak timbul bunyi lagi.
Sekian laporan DIY saya, moga bermanfaat bagi owner Aerio lainnya.

by Ahmad Fathlillah
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF