DIY : Ganti bearing tensioner Aerio dengan nachi 6010 c-3 {Fandy Achmad Taufan}

gambar 1 - bearing nachi 6010 yang c-3.
otodiy.blogspot.com
Siang om.
Berawal dari suara berisik fanbelt maka setelah buka2 postingan dan blog otodiy. Akhirnya nyoba ganti sendiri bearing tensioner.
Ternyata gak sesulit yang di bayangkan.
Tinggal lepas Emon kiri kanan, dongkrak mesin biar miring ke kiri supaya kunci bisa masuk ke baut tensioner.

gambar 2 - emon kiri
Lepas tensioner, buka penutup, getok2 pakai obeng min sampai bearing lepas, terus di pasang bearing yang baru. Disini saya pakai nachi 6010 yang c-3. (gambar 1)
Dapetnya cuma itu soalnya.

gambar 3

Rencana mau ganti belt sekalian, sudah beli 4pk1010 ternyata yang terpasang sebelumnya 4pk1060.
Ternyata sama pemilik yang sebelumnya kompresor AC bukan pakai milik Aerio, sehingga di buat braket baru, jadi belt 1010 gak masuk.
Akhirnya tetep pakai yang lama.

gambar 4

Pasang tensioner ungkit pakai kunci L 10 biar belt kencang. Lalu baut setelan dan baut pivot di kencangkan.
Pasang kembali Emon dan coba di nyalakan.
Alhamdulillah sudah gak kedengaran suara fanbelt lagi.
Maaf kalau ceritanya kepanjangan om.

Belum ada nopung.
Baru mau daftar. Hehehe

Bearing 110, fanbelt 70 
Bunyi berdecit saat Lepas kopling bunyi om. Ntar lama2 bunyi terus2an kalau panas.
Lepas kopling jalan pelan bunyi om, tak kira fanbelt kendur, ternyata udah kenceng, begitu di copot tadi, tensioner pas di puter bunyi gesekan agak keras.

by Fandy Achmad Taufan
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}