DIY : mengatasi OD OFF Aerio matic berkedip, solved dengan service TPS sensor yang bermasalah {DeNi Muharam}


 gambar 1 - od off berkedip
otodiy.blogspot.com
Assalamu'alaikum, minalaidzin walfaidzin ya om2 semuanya, mohon pencerahan nya om, kalo indikator o/d of terus terusan berkedip itu kenapa ya om, kira2 apanya yg harus di cek om, dan BBM terasa boros om. Makasih om 🙏

Singachu : coba cek pakai cara ini dulu
https://otodiy.blogspot.com/2014/04/diy-menampilkan-dan-menghapus-kode.html

sementara belum bisa di bawa ke bengkel buat di scan om Singachu, soalnya bengkel masih pada tutup disini. Kemaren coba saya scan manual pake jemper om ngitung hasil kedipan di cek enggine nya, dan akhir nya yg kebaca sensor CKP sama sensor knok 1 om, apa pengaruh ke o/d of nya ya om. 🙏

Singachu : lho yang TCM bacanya bukan kedipan om. tulisan Code xx.
Kalau kedipan bisa jadi cuman history aja, check engine nyala ga waktu mesin hidup ? Dan harusnya ga ngaruh ke TCM
ohh gitu om, nah ini cek enggine juga nyala terus om, ohhh iya om kalo soket buat scan TCM nya apa ada om? 🙏

Singachu : lha itu di link yang aku kasih ada caranya. O masih nyala, ya itu dulu om dibenerin, terutama kalau CKP masih berlanjut. Diclear dulu trus coba bawa jalan, dan cek lagi errornya apa. Kalau muncul lagi ya cek apa kabelnya apa sensornya
Om, kalo buat scan TCM soket nya yg warna putih apa biru om?

gambar 2 - socket untuk scan manual
Singachu : warna biru om, liat gambar no 7 di post ini om : https://otodiy.blogspot.com/2014/04/diy-learning-initialization-transmisi.html
Masih belum sembuh nih om Singachu penyakit nya, mode o/d masih nyala ajh, mesin masih meraung ajh om, padahal udah saya ikutin petunjuk2 dari om Singachu itu dari yg pertama sama yg kedua ini om, barusan coba di hapus eror nya om dan berhasil terhapus dan timbul code 12, tapi setelah itu malah balik lagi ke code 32 om. Sensor TPS udah di cek gak ada masalah om kabel2 nya juga. Kira2 harus di cek apanya lg ya om. 😔🙏

gigi nya seperti cuma mentok di gigi 3 om ga bisa ke gigi 4, kmaren udh coba petunjuk dari om Singachu om, allhamdulillah code nya kebaca code 32, ( sensor TPS ) pas sensor TPS di cek seperti nya masih normal om, soket atau kabel nya juga masih normal. D coba di hapus eror nya sambil ikutin petunjuk yg dikasih dari om Singachu, sempet ke hapus eror nya om, tp pas mesin di nyalain eror nya muncul lagi dan indikator o/d of berkedip lagi. 🙏


update :
Assalamu'alaikum semuanya saya mau sedikit bercerita tentang permasalahan o/d of kedip2 dan gigi cuma mentok sampai gigi 3 di Aerio saya, sebelum nya saya selalu minta petunjuk sama suhu2 disini tentang permasalahan Aerio saya, dan allhamdulillah semua petunjuk yg di beri dari teman2 semua sudah saya coba di Aerio nya tentang of of kedip secara bertahap, dan waktu itu saya di kasih link DIY untuk mengatasi penyebab indikator od of kedip2 di Aerio dan saya lakukan cara2 untuk mengatasi nya, dan pas saya scan secara manual dengan kabel jumper di soket warna biru di bawa dashbor sebelah kiri akhir nya terbaca ada kode eror yaitu code 32 dan ternyata code eror tersebut menunjukan ada kerusakan di sensor TPS yg ada di throtel body, saya belum sempat mengganti sensor tersebut, akhir nya saya coba bongkar sensor TPS dan saya cungkal penutup sensor tersebut memakai pisau agar bisa terbuka, dan setelah terbuka saya periksa Daleman sensor tersebut dan saya bersihkan, dan ada dua besi kecil di dalam sensor yg seperti nya kurang nempel ke permukaan tutup sensor nya, akhir nya saya tarik perlahan2 dua besi kecil tersebut agar bisa nempel ke besi permukaan sensor di bawah nya ,lalu saya kasih oli sedikit biar licin di permukaan sensor bentuk nya seperti diameter pelampung bensin, dan setelah itu saya pasang lagi sensor nya ke throtel body pasang soket dan pasang kembali aki, setelah itu saya coba hidup kan mobil dan allhamdulillah akhir nya indikator o/d of tidak kedip2 lagi dan pas saya coba jalan gigi nya bisa sampai ke gigi 4 lagi. Hasil nya rpm tidak naik turun, tarikan ringan dan BBM gak terlalu boros kayak kemaren2 lagi om.

Kepada teman2 yg kmaren sudah ngasih petunjuk tentang permasalahan Aerio saya, saya ucapkan terimakasih banyak ya om saran dan ilmu2 nya. 🙏🙏🙏
gambar 3
gambar 4 - TPS
gambar 5 - yang dicongkel
Ini om, saya cungkal di pinggir atas sensor TPS nya secara perlahan lahan. 🙏

by DeNi Muharam
sumber : facebook AIC / facebook AIC

Comments


  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

  2. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}