Share mengatasi mesin ndut-ndutan dan rpm naik turun saat ac on {Eyie}

gambar 1
otodiy.blogspot.com
Selamat siang omtan sumas semua..
Newbie mnta ijin berbagi seputaran unit matic 2002.
Keluhan :
  1. engine ndut²an baik saat idlle maupun saat stop n go (macet²an).
  2. saat AC on, rpm naik turun ga jelas.
Bermodalkan baca² thread di grub ini dan petunjuk dr para sumas yaitu om Kun Widodo om Bieny Thu Ben's dan om iqbal izhar, saya coba untuk lakukan hal² yg ringan dan gampang dulu :
  1. Ganti busi dari BKR6E-11 ke BKR6EIX-11. (90rb/pcs di toped)
  2. Ganti filter udara APEX.
  3. Cek koil (secara visual ga ada yg aneh).
  4. Cek kabel busi ( secara visual aman juga).
  5. Setting AFR ke posisi 2.5 Vdc (nekat nyoba mumpung lg ada waktu).
gambar 2

gambar 3

gambar 4

video 1
Kelar eksekusi, lsng test drive sejauh kurleb 10km sengaja cari lokasi yg macet dgn status AC on.
Alhasil :
  1. Gejala ndut²an pd engine teratasi (sejauh ini aman baik dlm kondisi idlle maupun stop n go bermacet²an) dan semoga ga kumat lagi.
  2. RPM kembali normal.
  3. Pedal gas terasa sedikit lbh responsif dari sebelumnya (entah krn efek settingan AFR atau faktor yg lain).
Terima kasih pd sumas² yg saya sebut diatas untuk petunjuknya, mohon maaf apabila newbie bawel banyak tanya²...🙏
Monggo dikoreksi apabila ada yg salah krn memang ini perdana saya ngoprek² unit 😁.
Terima kasih..

kl irit sih relatif ya,saya gk pernah ngitung konsumsi bbm oreo saya 😁 yg saya rasain cm lebih enak aja tenaganya kl di seting segitu,toel dkit gasnya langsung responsive

by Eyie
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Lepas per untuk meringankan pedal gas Innova {Hilmy Abiyyu N}