Minggu, 10 Januari 2010

DIY : tambal karet cover socket headlamp

Wah headlamp berembun parah lagi nih, memang sih karet cover socket headlamp gua bermasalah alias robek, dulu sempet newbie tambal pake lem silicon bentuk tube, tapi kurang menempel sempurna ke plastiknya. Kebetulan masalah soket leleh sudah newbie betulin jadi untuk lampu tinggal karet cover socket doang nih yang mesti dibenerin. Beli ga ya ? Harga skitar 45 rb sebiji, kiri dan kanan berarti sekitar 90 rb an, ntuh baru di eparts sih ga tau kalo di toko.




no 4 : cover socket lampu depan

Eh om ZicZac dari kaskus kasi ide pake lem epoxy. Pikiran langsung menuju lem Araldite yang dulu newbie pakai untuk tambal koil nih.... Newbie taro di kulkas, takut mengeras / rusak sih, udah lebih dari setengah tahun tersimpan di sana, moga-moga masih bisa dipake... Cek ah, ternyata masih bisa wah menghemat duit nih :)







Sebelum dilakukan, ingat untuk di-foto-foto dulu. Foto di atas sendiri ntuh adalah foto karet cover yang ada tambalan lem silicon, berikut terlihat lem siliconnya tidak bisa menempel dengan kuat di karet cover yang ada, maklum karet covernya kan rada-rada fleksibel juga, ga kaku macam kaca.



Berikut ada kalau di bawah ini foto dari baliknya, terlihat robekan yang tertambal lem silicon, lumayan sih sebenernya tapi ada beberapa bagian yang masih aja menganga dikit gara-gara kurang sip menempel di karet cover.




Bersihin dulu dari lem silicon, tinggal kupas pake tangan langsung terlepas, sebenernya bagus sih elastis lemnya, cuman kurang cocok melekat di karet. Nih foto kliatan lubangnya setelah dibersihkan. Ada dua titik di satu karet, kalo karet yang satunya lagi cuman kecil aja.




    

Pengeleman dimulai, ambil Resin dicampur sama harderner dari dua tube lem Araldite, oles-oles... Ini dia hasilnya. Mayan bagian dalemnya bening dan nutup sempurna.




 

Eh hasil foto terlihat tambalan kurang sempurna, mungkin karena lem masih basah dibolak-balik untuk proses foto jadi rada turun..... Tambahin lagi dah biar makin yakin kalo ga bocor trus dibiarin dulu semalam, besok baru difoto lagi biar hasilnya maknyos.

Besoknya (lha cepet wong ini nulisnya juga kondisi sudah terpasang lagi di mobil hehehehe) ini fotonya :

 

Sip, tinggal ngilangin embun yang di headlamp trus pasang deh. Eh.... ternyata embun di headlamp ilang dengan sendirinya, sepertinya kena panas dan tanpa dipasang karet boot jadi nguap sendiri, ya sudah hemat waktu :D
Kalo misal belum hilang juga gampang kok, tinggal pasang lampu tanpa karet cover headlamp dan dipakai di malam hari kondisi lampu menyala, ntuh embun bakalan nguap dan karena karet cover ga terpasang maka bakalan keluar tuh embun, tapi kalo terpasang karet covernya, emang pertama kliatan ilang tapi didiemin semaleman bakalan kliatan lagi embunnya.
Tes pasang, sip. Kebetulan udah teruji kehujanan di siang hari (lampu off). Hasilnya tidak berembun lagi....

Sip, thanks to om ziczac jadi ga perlu keluar ongkos lagi. *Lem dulu beli sekitar 19rb lebih di hypermart*


regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar