Kamis, 11 Maret 2010

DIY : ganti karet wiper

Newbie pernah ganti karet wiper di tahun 2007 akhir dengan membeli karetnya saja, part orisinil SGP wiper depan yang panjang dan pendek total 85rb an dan belakang orisinil juga kira-kira hampir 40rb an.
Pada waktu lalu (6 Maret 2010) bro BMP pemakai Next G mengganti wiper berikut framenya menggunakan merk Denso di Shop N Drive, wiper depan pendek (450mm) seharga 39rb-an dan  wiper depan panjang (550mm) seharga 80rb-an (baca report di kaskus). Penggantian frame wiper lama dengan frame wiper baru dilakukan oleh penjaga SND dan ternyata mudah sekali. Hmmm jadi teringat waktu dulu akhir 2007 lalu penggantiannya tidak bisa dikata mudah, mumpung ada "bangkai" wiper milik bro BMP, newbie buat percobaan dan obyek foto-foto buat taro di blog ini ah :D

 
gambar 1 - kotak wiper denso

 
gambar 2 - balik kotak wiper denso

gambar 3, 4, 5 : bayonet, hook, twin screw

Kebetulan di Aerio / Next G menggunakan tipe hook. Gambar 6 berikut adalah capture dari manual book (click gambar untuk mempebesar).

gambar 6 - manual book aerio/next g

Step-step ganti Wiper refill yang sudah include frame :
1. Angkat/tegakkan batang wiper dari kaca
gambar 7
2. regangkan frame wiper dari batang wiper, dan tekan tuas pengunci (tanda lingkaran) sesuai anak panah.
gambar 8
gambar 9
3. sambil tetap menekan tuas pengunci seperti gambar 9 di atas, geser ke bawah (arah anak panah) - lihat gambar 10.
gambar 10
4. terus geser ke bawah sampai melewati hook dan terlepas.
gambar 11
gambar 12
5. Karet wiper berikut framenya sudah terlepas, tinggal siapkan wiper baru sebagai pengganti. Berikut adalah gambar-gambar tuas pengunci dan klip pengunci.
gambar 13
gambar 14
6. Untuk memasang kembali, letakkan posisi hook sedemikian seperti gambar 15 sampai menempel pada batang wiper, kemudian geser ke atas seperti gambar 16 sampai klik terkunci.
gambar 15
gambar 16

Step-step ganti wiper dengan karet saja :
A. Untuk mempermudah penggantian disarankan melakukan step 1 s/d 5 dari cara di atas, tujuannya agar proses berikutanya dapat dilakukan dengan posisi tubuh yang lebih leluasa.

B. Perhatikan gambar 6 di atas yang tertulis di manual book mengenai Lock End. Bandingkan dengan gambar 17 yang menunjukkan lock end (newbie sebut bagian kunci), dan gambar 18 yang menunjukkan bagian bebas.
gambar 17 - bagian kunci
gambar 18 - bagian bebas

Pada cara berikutnya Newbie tidak melakukan sama dengan di manual book karena pada waktu lalu cara ini cukup sulit, setelah melakukan beberapa kali percobaan cara baru, maka newbie melanjutkan dengan langkah C dan mulai mengambil foto-foto.

C. Pegang Karet "bagian bebas" (gambar 19) dan frame dekat dengan "bagian kunci" (gambar 20) dan lakukan penarikan Karet sesuai arah panah. Lakukan penarikan sampai "logam retainer" keluar dari pengunci "bagian kunci" (jelasnya baca step D).
gambar 19
gambar 20

D. "Bagian kunci" memang tidak terlepas dari kaitannya, karena sifat karet yang lentur, sewaktu melakukan step C maka karet akan molor sampai "logam retainer" melewati pengunci (gambar 21). Begitu keluar tahan dengan telapak tangan (gambar 22) agar "logam retainer" tidak kembali ke tempat semula.
gambar 21
gambar 22

E. Begitu "logam retainer" sudah ditahan agar tidak kembali ke tempat semula, tangan yang memegang ujung karet dapat berpindah ke "bagian kunci", lakukan penekanan ke bawah agar karet dapat melewati pengunci (gambar 24). Tujuan logam retainer ditarik pada step C & D adalah agar karet dapat melewati/terlepas dari pengunci.
gambar 23
gambar 24

F. Berikutnya tarik karet berikut "logam retainer" ke arah "bagian kunci" seperti di gambar 25 (pada gambar bagian kunci di atas dan bagian bebas di bawah). Tarik terus sampai karet terlepas dari frame (gambar 26)
gambar 25
gambar 26

G. Lepas "logam retainer". Logam ini tidak didapat bila hanya membeli karet wipernya saja jadi harus dipindahkan ke karet yang baru. Logam ini terlihat dari bahan yang bagus dan tidak dapat berkarat (stainless steel).
gambar 27 - logam retainer
gambar 28

H. Untuk pemasangan karet baru, letakkan "logam retainer" ke karet yang baru, kemudian masukkan karet mulai dari "bagian bebas" ke pemegang-pemegang yang ada di frame wiper. Geser terus sampai semua pemegang di frame masuk ke karetnya, tinggal melakukan penguncian akhir.

gambar 29

I. Tahap penguncian akhir, setelah step H dilakukan, selanjutnya pegang karet di bagian frame yang dekat "bagian kunci" dan tangan satunya lagi di karet dekat dengan "bagian kunci", kemudian lakukan penarikan sesuai arah anak panah agar pegangan masuk ke lubang pengunci, penarikan terakhir ini disertai sedikit tenaga sampai frame pemegang masuk ke lubang kunci di karet.
gambar 30
gambar 31

J. Pasang kembali seperti step 6 di atas.


regards,
singachu

Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar