Selasa, 23 Maret 2010

DIY : {yoyo} Betulin per tombol power window aerio

sumber : http://www.aerio-indonesia.com/forum/viewtopic.php?f=13&t=2396

Dari forum Aerio Indonesia Club (AIC) : om Yoyo mengalami permasalahan pada per tombol power window kanan depan, per tombol power windowsnya tidak berfungsi dan pada akhirnya power windows pintu depan kanan tidak berfungsi.

oh iya saya juga udah coba buka seperti gambar yang di gambar. dan masalahnya tombol saya itu adalah tombol yang ada tulisan autonya.
jadi pernya itu sudah tidak jalan. saya lihat-lihat ngga ada tempat pernya. tidak seperti tombol yang lainnya.
kalau elektriknya seh masih jalan. dicoba manual tanpa tombol jalan semuanya

jadi pada saat tombol itu di tekan atau ditarik seharusnya ada gaya pegas yang berlawanana arah, nah sekarang ini gaya itu sudah tidak ada lagi kaya pernya yang rusak. pas dilihat tidak ada per dibagian bawah itu.
apa mungkin tombolnya harus dibuka kali ya, mungkin tombolnya ada di sekitar situ.
dan akhirnya :

tersolusikan.
Akhirnya masalah switch auto power window ketemu, ternyata masalahnya di bagian tombolnya
saya buka bagian ini (untuk membuka bagian ini tidak perlu membongkar semua panelnya)

ternyata di dalamnya itu ada penyangga per yang patah, dan saya akalin pake aluminum plat, dan alhamdulillah bagus lagi. terhindar deh dari 1.5jt


Caranya :

oh, iya kurang jelas ya. maksud dari bagian ini itu adalah tombol yang ada tulisan autonya. tombolnya itu bisa dibuka (perhatikan gambar panah, disitu ada lubang engselnya) dengan mencongkelnya pake obeng kecil, di dalamnya itu ada lubang yang berisi per dan batang/tongkat. nah yang patah itu adalah batangnya.

gambar 1

oh iya ada rekan yang minta penjelasan mengenai masalah switch power windows ini saya coba jelaskan apa yang sudah saya lakukan (gambar diambil dari http://otodiy.blogspot.com/2010/01/diy-bongkar-saklar-power-window-aerio.html
1. pertama buka panel switch power windows: perhatikan gambar, congkel pake obeng lancip di bagian anak panah, hati-hati mencongkelnya supaya tidak menggores panelnya, lebih baik ujung obengnya pake kain halus/kaos.

 gambar 2

gambar3

2. Buka bagian panel switch itu sehingga jadi seperti ini (ada dua baud)

gambar 4

3. Kita hanya akan membuka tombol masternya (yang ada tulisan AUTO). Untuk membuka tombol ini mesti hati-hati jangan sampe rusak. gunakan obeng kecil yang lebih lancip untuk membukanya

 gambar 5

switch auto bisa dicongkel pada bagian yang ditunjuki anak panah. kalau bagian yang ditunjuki anak panah udah agak terangkat dilanjutkan dengan mencongkel sebelahnya lagi. sehingga betul2 bisa terlepas.

4. kalau sudah terlepas, di dalamnya akan ada bagian seperti tongkat yang bentuknya kira-kira seperti ini (ngga ada fotonya)

gambar 6

nah dari gambar itu, kita harus cari bahan yang bentuknya mirip seperti itu, untuk menggantikan yang patah tadi. saya masih memakai bagian bawahnya untuk penyangga pernya jadi tinggal dipotong saja.

 gambar 7


cari bahan yang bentuknya mirip (persegi bukan bulat), supaya pas dengan dudukannya. jangan lupa dibagian ujung atasnya harus dibentuk seperti setengah bundar seperti yang aslinya. Tingginya harus sama seperti aslinya.

Kemarin saya pake dari aluminium bekas paku pipet, karena bentuknya bulat saya bentuk pake kikir untuk jadi persegi.

kalau udah selesai tinggal pasang lagi sesuai dudukannya.
Semoga berhasil

by yoyo

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar