Kamis, 04 Maret 2010

Ganti relay A/C atau foglamp untuk Aerio




Berkaitan dengan masalah A/C yang newbie alami, beberapa kali A/C tidak dingin sedangkan RPM mesin mencapai 2000 rpm pada kondisi idle, Newbie menduga hal tersebut berasal dari relay A/C. Dan benar saja setelah newbie tes (baca di sini) relay tersebut akhirnya kedapatan matot alias mati total. Berhubung relay ini termasuk kecil ukurannya dibandingkan relay otomotif yang umum seperti merk Hella ataupun Bosch, sempat kebingungan juga, panas banget euy di Surabaya pakai mobil tanpa A/C. Newbie sementara menukar relay untuk foglamp yang kebetulan berjenis sama dan meletakkan ke relay A/C, mending tanpa foglamp (toh newbie jarang nyalain) daripada tanpa A/C :D. Problem solve untuk sementara.

Coba-coba baca dari eparts.suzuki.co.id untuk part tersebut ternyata mahal buneng, tidak kurang dari 140rb untuk 1 biji relay bila membaca dari price list yang ada. Hmmm ada saran mending diganti dengan relay biasa yang cukup murah yaitu sekitar 25rb termasuk socketnya dan tinggal mengatur colokannya aja pakai kabel skun nancep ke rumah relay asalnya..... murah mudah didapat tetapi kurang begitu rapi saja kelemahannya dibanding standardnya.....

Hmmm coba cari-cari, ternyata nemu juga warna hitam, fisik lebih tinggi daripada relay asli Denso. Well ga masalah deh yang penting masuk, harga ya masih mending lah 37500 mesti ditebus. Foglamp nyala kembali (relay foglamp sih tetep di AC aja). Eh ternyata nemu lagi di toko dekat rumah Ukuran sama persis malah, cuman warnanya aja yang biru, tulisan sama-sama Denso, bedanya kalau yang asli bawaan aerio ada tulisan made in japan, yang biru ini tulisannya made in thailand, ndak masalah sama sekali malah harga sedikit lebih murah yaitu 35000 :)

Yang hitam buat cadangan aja deh kalo gitu....
Toko tempat beli relay hitam :
toko "Selamat Motor"
Jl Kusuma Bangsa Surabaya
(seberang HiTech Mall)

Toko tempat beli relay biru :
toko Pusaka Motors
Jl Raya 72 Gedangan
8912254
(sebelah kiri jalan dari aloha sebelum setopan Gedangan)




regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar