DIY : {dino_lowrider} Test Air AC vs Radiator Coolant

sumber : http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=19&t=13944&p=432434#p432434

Dear All.
Ane melakukan uji coba sederhana , dengan tujuan untuk mempelajari kemampuan air ac vs radiator coolant dalam melindungi logam terhadap karat. Test dilakukan selama 1 minggu.
Caranya sangat sederhana , mencelupkan logam yang dites kedalam kedua larutan tersebut. Air ac yang dipakai adalah air buangan ac rumah. Sedangkan Coolant yang dipakai adalah coolant berwarna hijau ( merk nggak usah disebut ya.... :e-dance: ).
Hasilnya terlihat dalam foto dibawah.

Hasil dalam test 1 hari :

gambar 1 - coolant

gambar 2 - air AC


Pada hari kedua ane tambahkan paku berkarat dalam sebagai bahan uji coba.


Hasil Test dalam 1 Minggu:

gambar 3 - coolant

gambar 4 - air AC

gambar 5 - coolant

gambar 6 - air AC

Air AC terlihat sangat keruh dan banyak endapan karat di dasar wadah. Sementara untuk coolant ada sedikit perubahan warna / kejernihan coolant , dan tidak terbentuk endapan karat sama sekali dalam wadah. :e-clap:

Kesimpulan :
Air AC / destilasi / Air Murni sangat tidak dianjurkan digunakan sebagai air radiator. Karat yang terbentuk begitu cepat. Bahkan pada hari pertama sudah terlihat endapan karat dari logam. :off_no:

Coolant sangat berguna melindungi logam dari timbulnya karat. karenanya coolant WAJIB digunakan untuk air radiator mobil agar usia engine mobil bisa lebih long life.

Coolant tidak dapat melindungi 100% terhadap logam yang sudah berkarat , tetapi sangat membantu mengurangi terbetuknya karat yang terjadi. ( Hal ini terlihat dari warna coolant yang sedikit keruh di hari ketujuh ). Kemampuan coolant berkali lipat daripada air ac dalam melindungi logam dari karat. :off_good_job:

Estimasi ane dan hasil survey ane terhadap mobil yang memakai air biasa / ledeng : ketahanan radiator berkisar 1 sampai 2 tahun sebelum jebol , dan wajib ganti radiator.
Ketahanan engine ( aluminium ) terhadap korosi , belum diketahui. Tetapi estimasi berkisar 6 sd 10 tahun sebelum akhirnya wajib me= mapas kepala blok silinder akibat air yang masuk ke dalam ruang bakar.
Air menimbulkan korosi terhadap aluminium , terutama intrusi menuju combustion chamber melalui packing silinder yang terbuat dari besi ( Lebih cepat berkarat daripada aluminium ). :twisted:

Air yang sudah sedikit merembes melalui packing silinder , sebelum menuju combustion chamber, terkena panas tinggi biasanya menimbulkan lobang2 / pori2 kecil pada permukaan aluminium , seperti batu yang termakan oleh tetesan air. :frm_bang_head:

Pada pipa2 aluminium , dan sambungan2 HOSE biasanya lebih cepat korosif . Banyak ane temukan pada mobil2 yang sudah tua , pipa2 aluminium patah karena korosi. Korosi aluminium berupa serbuk putih seperti serbuk kapur.

MITOS : yang mengatakan air AC baik untuk Radiator salah besar. ( Biasa dikatakan oleh tukang las radiator yang diamini oleh para pengguna ). :frm_shock:

Selanjutnya ane akan coba upload foto2 korosif air radiator/ledeng terhadap radiator dan engine. Moga berguna.
Trimas a lots. :big_peace:

by Dino_lowrider


Ceritanya begini bro...

Saat ane keluar pulau , mobil ane dipake istri. Terus coolantnya dikuras karena ada kebocoran selang /pipa karet.
Akhirnya selang diganti , demikian juga dengan coolant. Istri ane mengganti coolant dengan merk yang berbeda dengan coolant yang biasa ane pakai .

Ane biasa pakai coolant Prestone yang Hijau Ready for use (ready Mix ). Dengan alasan : Brandnya udah punya nama , dan warna hijaunya pekat , rasanya manteb gitu ( ini feeling ane aja ) dibandingkan coolant yang lain.

Tapi pas ane kembali , dan melihat warna coolantnya lebih muda dan encer , ane merasa kurang yakin. Akhirnya coolantnya ane kuras . Coolant inilah yang ane coba untuk percobaan. Ane ama istri ane juga nggak tahu merknya apa bro....

Sekarang ane pakai 2 botol coolant prestone yang warna orange ( extended life ) concentrate 50 % coolant banding 50 % air AC. Warnanya orangenya tidak terlalu pekat.Ane pakai yang warna orange sih cuma coba coba aja. ternyata warna coolant itu menyatakan komposisi / kandungan dalam coolant:

ini info coolant yang ane browsing :

a.Coolant Konvensional
Secara alami berwarna hijau, tetapi ada yg diberi pewarna merah, memakai Ethylene Glycol (EG) atau Propylene Glycol (PG) sbg bahan anti freeze, sbg bahan inhibitor (anti karat & cavitation/ erosi dinding dlm mesin oleh aliran air) ditambahkan Phosphate atau Silicate. EG berbahaya jika terminum, PG lbh aman. Masa pakai 1-2 thn.

b.Extended Life Coolant
Berwarna orange, dgn bahan dasar EG atau PG, tetapi memakai Organic Acid sbg inhibitor. Coolant ini sedikit meninggalkan endapan (scale & green goo) di dinding dalam saluran pendingin. Diprakarsai oleh General Motor, dikenal juga dgn nama Dex Cool. Masa pakai 3-5 thn

c.Racing Coolant / Surfactant Coolant
Berwarna pink atau ungu, tidak mengandung bahan anti freeze, tetapi menambah kekatan “heat transfer” dari air dgn mengurangi “surface tension” & menambah angka “specific heat” air. Umumnya sudah ber inhibitor, jika petunjuk menyebutkan belum ber inhibitor, maka bisa dicampur dgn ELC. Surfactant Coolant tidak menurunkan suhu mesin, tetapi mempercepat perpindahan panas & menutup Hot Spot (titik konsentrasi) panas di kepala silinder. Contoh: Redline Water Wetter& NOS Super Coolant. Untuk mesin kompetisi tinggi. Umur pemakaian 1-2 thn. Utk kondisi tropis bahan anti freeze tidak dibutuhkan, maka aquadest adalah pemindah panas terbaik , tetapi aquadest tak bisa mencegah karat & cavitation, oleh sebab itu coolant sebaiknya dicampurkan.

Sampai saat inipun , pemakaian coolant orange tersebut masih pro dan kontra . Ada yang mengatakan coolant tsb di desain untuk memenuhi spec dari GM ( Dex-Cool ). Memakai inhibitor organic , dan free silicat dan borat.

From the Prestone site. It at least answers the borate free question. Please note also, that while it MEETS Dex Cool specifications - IT'S NOT ACTUALLY DEX COOL. Also, as the original poster mentioned, they're not saying their product is great (they are promoting it, however), but they are answering the question of whether there are phospates/silicates/borates in the coolant. If you read between the lines, it seems as thought the regular green coolant has all of the above.

Q: Does Prestone® Antifreeze/Coolant contain phosphates?
A: Some European automobile manufacturers request that a phosphate-free antifreeze be used in their vehicles. This issue is related to the extremely high mineral content of the water in Europe. If you were to mix an antifreeze that contained phosphates with the type of water they have in Europe, it may produce deposits that can settle in the cooling system and promote corrosion. However, in North America we do not have this type of water problem. Typical North American coolants have contained phosphates (which is part of the corrosion inhibitor package) for many years. Therefore, the question of phosphates is a non-issue here in North America. Prestone® Antifreeze/Coolant is completely safe for use in both foreign and domestic vehicles. For those consumers who would feel more comfortable using a phosphate-free antifreeze, our Prestone® Extended Life 5/150 Antifreeze/Coolant is phosphate, silicate, and borate free. This coolant uses a special chemistry and technology that extends the life of the corrosion inhibitor package so that it lasts for five years or 150,000 miles (whichever comes first), and is safe for all cars and light trucks (old or new). Prestone® Extended Life 5/150 Antifreeze/Coolant has been approved by General Motors under their DEX-COOL® specifications and is compatible with other DEX-COOL® approved coolants.

:big_peace: :big_peace:

I e-mailed Prestone tech support about damaging effects of there Long Life 5/150 Antifreeze on our water pumps and this is what they said:
"The Prestone Extended Life Antifreeze does not container any silicates. Prestone has studied the effects of silicates on water pumps and concluded that they do not cause any premature water pump failure. We do understand that this issue gets circulated from time to time but we find no basis to the concern"

INI :LINK INFORMASI YANG BAGUS mengenai coolant orange terbaru tersebut :


by Dino_lowrider

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}