Minggu, 26 Desember 2010

DIY : bongkar tutup plastik setir untuk cari dan hilangkan sumber bunyi di setir

Belakangan ini terdengar suara cit seperti gesekan plastik / karet pada setir atau roda kemudi Aerio newbie. Suara terdengar pelan dan lirih terdengar serasa dekat dengan telinga. Bunyi yang terjadi kadang-kadang tapi makin hari lebih sering terdengar. Newbie coba cari kira-kira sumber bunyinya.

gambar 1 - tools

Tools yang dibutuhkan :
1. Obeng Plus dan Obeng Minus
2. Kunci Bintang T30
3. Tang
4. Grease

Newbie mulai dengan melepas dek bawah dashboard.

Hmmm apa ini rada gesekan yah, lepas dulu dan grease joint yang di dalamnya :

gambar 2 - tutup joint setir bawah
gambar 3 - tarik untuk lepas tutup joint setir

gambar 4 - grease joint setir bawah

Joint sebelah atas juga digrease :

gambar 5 - grease joint setir atas

Setelah dicoba bunyi masih terjadi, jadi sumbernya bukan di sana.

Coba cek area setir, 2 kunci bintang kanan kiri untuk melepas tutup klakson (sekrup bintangnya ga bisa lepas sama sekali ketahan plastik) :

gambar 6 - kunci bintang kanan setir

gambar 7 - kunci bintang kiri setir

Klakson bisa ditarik, ada soket ground yang masih menancap lepas dengan tang di soketnya (jangan tarik di kabelnya). Tampak di gambar 8 lingkaran merah adalah kaki soket ground klakson, dan lingkaran hijau tampak sekrup bintang yang masih menancap.

gambar 8 - klakson dilepas, soket ground lingkaran merah

gambar 9 - balik klakson

Gambar 9 adalah foto balik klakson, nampak lingkaran merah dan hijau yang merupakan soket ground dan dudukan sekrup bintang.

Untuk melepas penutup leher setir dimulai dari penutup bagian bawahnya, ada 3 sekrup plus yang mengikatnya. 2 buah di kiri kanan bisa diakses dengan membelokkan setir baru terlihat sekrupnya, 1 lagi dari bawah setir menggunakan obeng plus juga. Di gambar 10 nampak tanda panah letak dari sekrupnya, gambar 11 menunjukan lubang sekrup yang dari bawah.

gambar 10 - tutup bawah leher setir

gambar 11 - tutup bawah leher setir

gambar 12 - tutup bawah leher setir

Setelah 3 buah sekrup dilepas, penutup leher setir masih belum bisa dilepaskan karena masih terkait antara penutup atas dan bawahnya oleh klip-klip plastik. Di gambar 13 nampak klip-klip plastik dalam lingkaran, newbie coba mencongkel klipnya dengan obeng minus dari balik dashboard (mesti ngolong dan melihat ke atas) karena newbie tidak mau mencongkel dari depan takut melukai / menggores plastiknya. Yang dicongkel cukup 1 saja sebelah kanan setir (lingkaran warna merah). Setelah tercongkel lepas 1 klip mudah untuk melepaskan klip-klip yang lain tinggal tarik dengan tangan.

gambar 13 - klip plastik tutup bawah leher setir

Gambar 14 menunjukkan setir setelah terlepas penutup bawahnya, tampak panah merah adalah dudukan sekrup dari gambar 10, dan lingkaran merah yang merupakan pasangan klip plastik gambar 13 yang menyatu dengan penutup atas leher setir.

gambar 14 - setelah dilepas tutup bawah

Penutup atas tinggal lepas saja sesudah penutup bawah terlepas. Tampak pada gambar 16 klip-klip plastik dilingkari kuning dan merah, lingkaran merah adalah pasangan klip plastik yang di gambar 13 lingkaran merah.

gambar 15 - tutup atas leher setir

gambar 16 - tutup atas leher setir

Newbie coba amat-amati tidak ada tanda-tanda pergesekan antara tutup plastik dengan plastik di setir.....hmmm dari mana yah yang bunyi.....
Berikut foto-foto setelah dilepas penutup plastik leher setirnya. Panah merah pada gambar 17 merupakan dudukan sekrup dari gambar 10, panah magenta merupakan area setir dari plastik yang menjadi target newbie untuk di grease / dilumasi.

gambar 17 - tutup dilepas semua

Gambar 18 diambil dari bawah setir, panah hijau merupakan area yang hendak di grease ulang, panah merah merupakan pin logam penghantar listrik untuk klakson, pin ini ditekan oleh per dan diam terhadap putaran roda setir, sehingga pin ini akan terus bergesekan dengan ring logam yang ditunjuk oleh panah hijau. So newbie kasi grease tambahan barangkali saja sumber bunyinya di sini.

gambar 18 - foto dari bawah

Gambar 19 seperti halnya di gambar 17 panah magenta, menunjukan area yang juga diberi grease. Nampak di gambar 20 dan 21 hasil setelah di grease ulang.

gambar 19 - leher setir dengan tutup dilepas

gambar 20 - coba grease di sini

gambar 21 - grease sini juga

Belum sempat tes lagi apakah bunyi sudah hilang atau tidak, next di update lagi reportnya.

regards,
singachu

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar