Sabtu, 25 Desember 2010

DIY : {kijangtua} tekuk spring dudukan brake pad untuk hilangkan bunyi

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=221

gambar 1

dah konfirm nih.. setelah di tes ternyata bunyi tek2 itu dari brake pad yang longgar, jika brade pad disentuh pake jari akan terasa oblak dan ada bunyi tek..tek.. sekarang bunyinya hilang samasekali....

akhirnya lidah pelatnya gw bengkokin dikit, dan brake pad pun bisa duduk dengan mantap... kalo nanti suatu saat bunyi lagi akan gw ganjal pelat tsb pake pelat tipis yang kuat... (gambar 1).



Kemungkinan sumber bunyi yang lain :

coba buka/cungkil cover cakramnya biar agak renggang?... coba aja longgarin dikit sapa tau ada kerikil keluar dari situ.. gw pernah spt itu

ini cover cakram... dulu pernah kerikil nyempil antara cover dan cakram... bunyinya kemerincing...

gambar 2 - dust cover cakram

ato juga bisa dari sini, cable ties ato klem besi yang nonjol keluar... tiap roda muter akan bergesekan... kalo cable ties bunyinya lama kelamaan akan hilang karena plastik pasti kalah ama besi, nah kalo klem dari besi/baja? pasti bunyinya akan lebih lama karna besi ketemu besi

gambar 3 - ties karet boot as roda

by kijangtua

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=21
Quote:
Originally Posted by kirana01 View Post
tadi sih dah dibongkar om,bukan juga..
gw juga baru stel dan bersihkan rem, press tierod, press balljoint tetep aja bunyi
cuma montirnya gak nyadar kalo oblak sekecil itu pada brakepad dampaknya bisa nimbulin bunyi sebesar itu..

meriksanya gampang, sentuh aja brake padnya pake ujung jari.. kalo ada oblak kecil dan bunyinya "tik" dijamin kalo dipake jalan bunyinya bakal jauh lebih nyaring...
by kijangtua

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar