Kamis, 09 Februari 2012

DIY : {Jalanbuntu} Ganti Lampu kontrol heater/AC Aerio

sumber : kaskus
All,
Saya mau share aja, kmaren ganti lampu kontrol heater/AC yang mati. Jadi pas beli oreo, lampu kontrol heater udah mati. nah, beberapa waktu lalu, lampu lainnya ikutan mati. hari minggu kemarin kebetulan ada waktu ngoprek...

Yang dibutuhkan :
- lampu bohlam pengganti, saya beli di Toko Jayapura Lt.2 DTMF, @ Rp 3000. contoh gambarnya ada di step2 dibawah (gambar 11)
- obeng plus dan minus.
- obeng minus 1mm untuk kacamata.
- tang kecil
- waktu 1 s.d. 2 jam.

1. Biar aksesnya enak, lepas dulu laci, panel di bawah dashboard/setir, dan panel kisi2 AC tengah / sekitar radio. Panel tsb saya lingkari merah, panel yang dilingkari hijau akan kita lepas nanti.
gambar 1 - lepas panel dashboard

keterangannya ada di blog om singa http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-melepas-sebagian-panel-dashboard.html

2. Buka asbak, nanti akan kelihatan 3 baut, lepas semua baut-nya.
gambar 2 - baut asbak


3. Lepas lampu asbak yang nempel di panel besi dudukan asbak yang sudah dilepas. Gak kefoto, tapi kalo udah liat pasti tau lah cara lepasnya.

4. Nah, sekarang lepas panel penutup kontrol AC yang akan kita ganti lampunya. Ini yang cukup penting, panel tsb tidak bisa langsung ditarik. Kalo dipaksa ditarik, dijamin akan ada yang patah.
Perhatikan bentuk penguncinya seperti ini :

gambar 3 - pengunci di bagian samping panel:
gambar 4 -  pengunci sisi atas panel

Total pengunci-nya :
- 4 pengunci yang harus ditekan dulu (atas ada 2, kiri 1 dan kanan 1), dicoba raba2 aja... --> lingkaran merah
- 4 pengunci model clip yg bisa langsung ditarik. (ada di tiap ujung panel). --> lingkaran kuning
- 2 pengunci model selipan, bisa langsung ditarik. (kanan 1 kiri 1). --> lingkaran hijau

Untuk buka pengunci bagian atas, bisa ditekan pakai obeng seperti gambar dibawah.
gambar 5 buka pengunci panel atas

Untuk bagian kiri dan kanan, bisa ditekan pakai jempol aja, lalu ditarik.

Setelah panel terlepas, boleh melepas kabel konektor lighter, lalu akan terlihat seperti ini :
gambar 6 - panel terlepas

5. Lepas kabel/kawat pengatur heater dan pengatur airflow. Caranya lepas dulu kaitannya (1), lalu tarik aja kabelnya (2).
gambar 7 - lepas kabel heater dan airflow
gambar 8 - Lepas kabel heater dan airflow

Cara lepas kabel ini bisa dimanfaatkan kalo mengalami kesulitas bypass heater seperti yang saya alami. Tapi dikembalikan lagi karena diprotes nyonya

6. Lepas heater kontrol dengan melepas 4 baut-nya, lalu lepas konektor kabel-nya, termasuk konektor kabel switch lampu hazard, karena kabel-nya melewati lubang di kontrol heater/AC.

7. Di belakang panel akan terlihat 3 rumah lampu. Hijau (heater -> difoto sudah terlepas), Abu-abu (fan/tengah) dan Biru (airflow).
gambar 8 - lampu kontrol AC/heater:

8. Untuk lepas lampunya, bisa pakai tang kecil lalu putar ke kiri. Atau bisa pake kalo kuku aja kalo cukup kuat.
gambar 9 - lepas rumah lampu

9. Nah, bohlamnya tidak bisa langsung dicabut dari rumahnya, tapi harus dilepas/diluruskan dulu kawatnya, untuk melepas kawatnya bisa dicongkel2 aja pakai obeng minus untuk kacamata.
gambar 10 - lepas kawat bohlam
gambar 11 - bohlam pengganti


10. Ganti bohlamnya, lalu lilitkan kembali kedua kawatnya sesuai jalur lilitan aslinya.

gambar 12 - melilit kawat bohlam:
gambar 13 - lilitan sebisanya

11. Pasang lagi lampunya, lalu sisanya pasang lagi semuanya sesuai urutan.

12. Jadi deh... tapi kok bagian tengah tetep redup ya. Saya coba lepas lampu tengah, tambah redup... hmm... sebenernya aslinya gimana sih???
gambar 14 - jadi deh, tapi kok yang tengah masih agak redup ya:

Btw, sebenernya untuk lepas lampu-lampu kontrol AC/heater tsb gak perlu sampe lepas panel2 tsb. Karena sudah tau posisinya, untuk melepasnya cukup lepas laci dan panel bawah dashboard, lalu raba dan puter aja pakai tangan... Kecuali kalo emang susah muternya. hehe...

Semoga bermanfaat...

by Jalanbuntu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar