DIY : melepas sebagian panel dashboard

Sebenernya ide awal saya dapat dari file yang ada di mailing list Aerio Indonesia Club. Saya coba praktekkan dan beberapa cara saya pakai yang lebih mudah bagi saya sendiri.
Ini adalah My first DIY yang aku posting di kaskus :D

Tools :
1. Dua tangan :)
2. Obeng Plus (optional)

gambar 1


Step 1 : Buka Laci, Laci akan terbuka tetapi tertahan tidak sampai seperti gambar di atas, ini karena tertahan oleh karet (no 1 di gambar atas) di sebelah kanan dan kirinya. Cukup tekan dengan dua tangan ke arah dalam dari sisi kiri kanan dan laci akan terbuka lebih lebar seperti gambar di atas.
Bila ingin benar-benar lepas maka perlu obeng plus untuk membuka dudukan engsel di bagian bawahnya (optional untuk dilakukan)

Step 2 : Dari lubang yang terbentuk karena step 1, masukkan tangan ke dalam dashboard dan tekan bagian 2A dari dalam ke luar. Bisa juga untuk melepas 2B tetapi saya dapati melepas 2A lebih mudah. panel 2A terpasang karena adanya klip2 plastik seperti gambar di bawah ini (perhatikan bagian yang dilingkari merah)

Step 3 : Dari lubang yang terbentuk dari melepas panel di step 2, masukkan tangan melalui sana dan tekan panel 3 dari dalam, untuk memudahkan melepas dorong tepat pada klip2 putih yang mengunci panel tersebut, perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui letak-letak dari klip2nya.

gambar 2


Selanjutnya apabila ingin melepas Head Unit, maka tinggal sediakan obeng karena dari pelepasan panel no 3 akan mengekspose sekrup yang mengikat Head Unit.
Perbaikan kisi-kisi AC bagian tengah juga memerlukan step-step ini, seperti yang terlihat bahwa kisi2 AC bagian tengah melekat pada panel no 3.

regards,
singachu

Comments

  1. om sudah pernah bongkar semuanya om? sampe terondol soalnya saya rencana mau buka semua mau bersihin dalem sama mau benerin slang ac yg dari mesin masuk ke dalam... karena udara luar masuk ke kabin.

    ReplyDelete
  2. belum pernah om

    tapi kalo saluran AC sudah pernah dilepas waktu service AC....
    ntuh aku lihat ga bongkar dashboard kok
    cuman dari laci situ saja, dari sana mekanik ac nya bisa buka rumah saluran, blower s/d evapnya dilepas buat dicuci
    trus memang kedapatan spons/seal buat buka tutup sirkulasi udara luarnya dah kalah....jadinya dikasi spons baru pinggirannya

    tapi kalo bro lagi bongkar, boleh dong minta petunjuk DIY nya buat dipasang di sini :)

    regards,
    singachu

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}