Sabtu, 24 November 2012

DIY : Ganti Lugnut Topi Panjang ke pendek 12 x 1.25mm

Kelanjutan dari perbandingan Lugnut untuk Velg Yaris / Vios yang terpasang pada Suzuki Baleno Next G, ternyata memang agak susah mencari velg model toyota tapi dengan ukuran drat 1.25 mm, kebanyakan berukuran 12 x 1.5 mm. Akhirnya newbie putuskan untuk beli second punya teman. Berikut perbandingannya.


gambar 1 - Lugnut sudah datang
gambar 2 - Perbandingan lugnut lama dengan baru

Penjelasan gambar 2 dari kiri ke kanan :
1 : terlihat Lugnut model panjang dengan ring dilepas sama sekali.
2 : lugnut diberi 3 ring, seharusnya hanya satu ring saja. Panjang sisa yang masuk ke lubang PCD velg dengan 3 Ring adalah 1.238 mm, sedangkan bila 1 Ring saja sisanya adalah 1.648 mm
3 : lugnut baru, seperti ada topinya dan ring yang tidak bisa dilepas. Panjang sisa yang masuk ke lubang velg PCD velg adalah 1.198 mm
4 : lugnut baru, dicoba dratnya dengan dipasangkan ke baut roda SGP

gambar 3 - Pengukuran panjang yang masuk lubang PCD
gambar 4 - Diameter 1.736 cm untuk lugnut panjang
gambar 5 - Diameter 1.838 cm lugnut baru lebih gendut
gambar 6 - Penampakan lugnut panjang
gambar 7 - Penampakan lugnut topi, ring tidak bisa dilepas
gambar 8 - Bagian topinya
gambar 9 - perbandingan panjang yang masuk lubang PCD Velg

Lugnut yang sedang terpasang di next g ditambahkan ring custom yang lebih tebal dari gambar 2, tetapi masih tidak cukup sehingga perlu didouble lagi tapi menambah sulit pemasangan.

gambar 10 - perbandingan panjang
gambar 11 - perbandingan panjang
gambar 12 - test sisa dalam lugnut yang masuk PCD

Sisa panjang yang apabila melebihi lubang PCD ini membawa masalah, karena Lugnut keburu mentok dengan hub roda sebelum menekan velg dengan sempurna, bila selisih panjangnya cukup tebal maka akan terlihat velg oblak, yang newbie alami selisihnya sedikit sehingga tiap kali dikencangkan velg rapat. Tetapi setelah pemakaian beberapa kilometer dan velg tertekan gaya lateral sewaktu mobil belok, maka velg mulai renggang dari hub roda, saat ini lah menimbulkan bunyi tek-tek halus sewaktu roda berputar. Pendoblean ring menjadi lebih tebal seperti pada gambar 15 memang bisa menjadi solusi, tetapi seringkali ring "jatuh" dari lugnut ke baut roda yang justru mengganjal sehingga harus dilepas dan dimasukkan lagi membuat proses pemasangan lugnut menjadi menjengkelkan. So itulah alasan newbie beli lugnut topi ini. 

gambar 13 - sedikit nongol untuk 1 RING TEBAL
gambar 14 - tidak sampai menyentuh hub roda untuk LUGNUT TOPI
gambar 15 - 2 RING TEBAL lebih jauh tapi pemasangan agak repot
gambar 16 - Terpasang lugnut lama
gambar 17 - Lugnut baru terpasang
gambar 18 - Lugnut baru terpasang

Bentuknya yang kompak membuat lugnut terlihat tidak menonjol setelah terpasang, bandingkan gambar 16 yang merupakan lugnut lama dibanding gambar 17 dan 18 yang terpasang lugnut baru.

Tetapi saat pemasangan ada lugnut yang rapuh sampai patah padahal belum masuk ke proses pengencangan :( Terpaksa diketok obeng + palu untuk mengeluarkan patahan dari baut roda, untung masih masuk sedikit.... Dari foto sepertinya sudah ada retakan lama dan sisa sedikit yang membuatnya masih menempel.... rada getas juga, semoga lugnut yang lain cukup kuat.

gambar 19 - Lugnut yang patah
gambar 20 - Lugnut yang patah
gambar 21 - Lugnut yang patah
gambar 22 - bagian yang patah

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar