DIY : troubleshoot mesin pincang karena kebocoran koil {Jalanbuntu}

 gambar 1 - bikin pola untuk bagian tengah
Bermula dari ganti busi dari Autolite 985 yang sudah berumur 20 km ke NGK BKR 6E-11, hasilnya kerasa bertenaga dan lebih smooth,  tetapi begitu kompresor AC menyala, mesin menjadi rada pincang. Akhirnya balik ke Autolite dan normal kembali. Udah reset ECU tidak pengaruh, celah busi diatur juga tidak pengaruh. Tetapi lama-lama dengan busi Autolite juga merasakan pincang mesin. Disinyalir terdapat kebocoran kelistrikan terutama di koil yang menuju ke busi.
Dicoba pertama diberi isolator dari karton bekas, dipilih koil Aerio yang lama, karena koil yang satunya lagi relatif baru diganti dengan koil APV. Setelah dipakai jalan 10 km-an plus rada macet, belum kerasa pincang. Akhirnya mau dibikin permanen.
Setelah dites mulai sabtu ok, kemarin sempat muncul pincang 1-2x saja (sebelum dibungkus permanen), tadi coba ganti pembungkusnya dan diganti lebih tebal, mumpung ada waktu. Step-step seperti terlihat dari gambar 1 sampai gambar 4.

 gambar 2 - kasi lem epoxy plus 1 lapis lagi
 gambar 3 - bikin pola lagi seluruh selongsong 1 lapis, lem, ikat kabel ties 0.5 jam biar ga lepas
gambar 4 - jadi deh, total 2 lapis bagian tengah dan 1 lapis overall

Setelah dicoba barusan, hasilnya smooth.

by Jalanbuntu
sumber : BB

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}