Senin, 16 September 2013

DIY : membetulkan / menyambung dipstick yang patah

 gambar 1 - Dipstick yang patah

Akhirnya patah juga dipstick Aerio newbie setelah 10 tahun lebih. Sebenernya banyak report-report yang menyatakan kalau dipsticknya patah dan kalau newbie tanya karena kesenggol dalam kondisi tertancap. Kali ini newbie kurang hati-hati sewaktu mencabut selang dan tangan terpental mengenai dipstick yang terpasang. Patah deh.
Kondisi sisa patahan seperti nampak di gambar dua, masih ada sisa logam sedikit yang bisa ditarik oleh tang.

 gambar 2 - sisa patahan
 gambar 3 - nampak patahan
Newbie coba dengan lem PVC seperti gambar 4, cukup kuat tapi besoknya dicabut patah lagi, dua kali lem dan dua kali patah.
 gambar 4 - lem PVC, tidak berhasil
Dari report-report ada yang mengatakan pakai lem superglue dan tidak berhasil akhirnya ganti dipstick baru dengan harga kurang dari 100rb. Masih penasaran coba tanya-tanya ada yang menyarankan menggunakan lem G / lem akrilik / lem Epotec. Cuman karena ga sempet cari dan adanya superglue (gambar 5) maka dicoba saja.
 gambar 5 - lem superglue
Jumat malam langsung coba oprek. Nampak detil patahan seperti gambar 6 dan 7.
 gambar 6 - detil patahan
 gambar 7 - detil patahan
Dicoba untuk bersihkan dulu bisa pakai alkohol atau brake cleaner untuk menghilangkan kotoran dan oli / minyak supaya lem bisa menempel bagus
 gambar 8 - hasil dibersihkan
 gambar 9 - hasil dibersihkan
Coba lem dulu pakai superglue, kalau kondisi seperti ini aja dah cukup kuat tapi kalau udah tertancap di mesin beda cerita. Hasilnya seperti terlihat di gambar 10 dan 11.
 gambar 10 - lem, terlihat retakannya
 gambar 11 - lem, terlihat retakannya
Coba dipanasi sekeliling untuk mendapatkan luasan lem yang lebih seperti terlihat di gambar 12 dan 13.
 gambar 12 - dipanaskan
 gambar 13 - dipanaskan
Setelah dibalur lem, ternyata lem tidak segera mengering, newbie coba panaskan dengan hot blower..... hasilnya makin kacau, lem terlepas lagi dan plastik meleleh tidak karuan,..... akhirnya newbie coba kikir lagi sampai hilang gelembung-gelembung plastiknya dan newbie coba tempel ulang, hasilnya kurang lebih kembali ke step terlihat di gambar 12 dan 13.
Hmmm mungkin ini yang perlu dikasi filler, biasanya orang menggunakan abu rokok atau pasir...... newbie ga punya kedua bahan tersebut, adanya bedak bayi.... ya udah ambil itu aja, tetes, tabur, tetes, tabur....Lem menjadi cepat kering dan mengeras seperti nampak di gambar di bawah ini. Saran tambahan O-ring sebaiknya dikasi masking tape / isolasi biar ga kena lem, newbie agak sedikit kesulitan untuk membersihkannya kembali, dengan masking tape kerjaan akan lebih ringan.
 gambar 14 - hasil lem dengan superglue + bedak
 gambar 15 - hasil lem dengan superglue + bedak 
  gambar 16 - hasil lem dengan superglue + bedak
Terlihat sekarang hasilnya cukup kokoh, newbie coba tarik dengan kekuatan sedang hasilnya lebih menjanjikan. Sekarang harus dicoba dikepras atau diratakan karena kalau menonjol begini ga akan bisa masuk ke lubang di mesin. Newbie gunakan kikir lagi untuk meratakan seperti terlihat gambar 17 dan hasilnya terlihat di gambar selanjutnya.
  gambar 17 - hasil lem diratakan dengan kikir
  gambar 18 - hasil lem diratakan dengan kikir 
   gambar 19 - hasil lem diratakan dengan kikir
   gambar 20 - hasil lem diratakan dengan kikir
   gambar 21 - hasil lem diratakan dengan kikir
   gambar 22 - hasil lem diratakan dengan kikir
  gambar 23 - hasil lem diratakan dengan kikir
Kikir terus sampai kira-kira rata, test masukkan ke lubang mesin, kikir lagi kalau belum bisa masuk dengan baik. Test cabut pasang sepertinya ok. Tinggal dilihat besok.
Sabtunya test lagi ternyata kuat, dilanjutkan dengan kuras radiator, masih ok juga padahal udah kena panas mesin. Hari minggu test cabut masih ok, dan pagi ini masih OK. Semoga awet.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar