Minggu, 08 September 2013

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

 gambar 1 - Buka cover lampu kabin
Dari dulu sebenernya pingin nambah lampu LED buat penerangan kolong kaki atau bagian bawah. Seringnya penerangan dari atas sedikit terhalang jadi dengan penambahan sumber cahaya dari bawah akan lebih membantu untuk cari barang jatuh / bawaan. Maklum mobil keluarga jadi bawaan untuk anak-anak kadang banyak dan namanya anak-anak kadang ngejatuhkan barang atau sendalnya di bawah, bikin susah juga kalau kurang pencahayaan. Nah cuman ga pingin lampu itu terus-terusan nyala selama mobil dipakai - silau aja sih, atau hanya nyala ngikutin pintu dibuka - lha pas ga butuh atau pas cari barangnya pas ga buka pintu.... 

Pinginnya lampu tambahan ngikut nyala lampu kabin, enaknya lampu kabin karena bisa : ON terus bila switch digeser ke ON, Auto yaitu nyala saat ada pintu dibuka, OFF terus ya bila pas bersih-bersih interior ga perlu nyala biar aki ga tekor (meskipun LED kecil sih konsumsinya). Nah karenanya perlu narik kabel dari arah lampu kabin di plafon sebagai selector "Ground", sedangkan untuk plus nya rencananya narik dari fuse lampu kabin, biar ikutan diproteksi ama fuse. Cuman karena sempatnya baru narik kabel, ya sementara dibuat dulu step-by-step untuk DIY.
Bahan dan Tools :
  • Kabel
  • Obeng minus
  • Obeng plus
  • Kawat
  • Isolasi
 
Step-step :
step 1 : Buka penutup lampu kabin di tengah, caranya congkel dengan obeng minus (gambar 1). Di sana ada kok coakan untuk congkelan. Pelan-pelan dan sabar yah biar ga gores, dilapis kain juga boleh cuman rada susah dikit karena jadi tebal.
step 2 : Di dalam lampu kabin ada 2 sekrup yang menahan rumah lampu ke plafon. Lepas dengan obeng plus (sori ga kefoto)
step 3 : Congkel lampu baca dengan obeng minus (gambar 2), lagi-lagi udah ada coakan untuk congkelnya kok.
step 4 : ada dua sekrup (gambar 3) yang menahan rumah lampu baca ke plafon. Lepaskan dengan obeng plus.

gambar 2 - Lepas penutup lampu baca
gambar 3 - lepas rumah lampu baca
step 5 : lepas sunvisor kanan supaya memudahkan mengendorkan plafon atap. Caranya dengan membuka dua sekrup di sisi luar dengan obeng plus (gambar 4).
step 6 : lepaskan pengait sunvisor (gambar 5). Caranya congkel dulu kuncian-nya melalui lubang yang ada, tarik lepas kunciannya yang terbuat dari plastik. Baru tarik pengaitnya.
gambar 4 - sekrup engsel sunvisor
gambar 5 - kuncian penahan sunvisor
step 7 : Masukkan kawat dari lubang lampu baca (gambar 6) tembus ke lubang plafon (gambar 7)
gambar 7 - kawat untuk menarik kabel
gambar 8 - kawat untuk menarik kabel
step 8 : Isolasi kabel pada ujung kawat dan tarik kawatnya, kabel akan ikut tertarik oleh kawat (gambar 9).
gambar 9 - kabel sudah tertarik oleh kawat
step 9 : Lakukan hal yang sama dari lubang lampu baca menuju bagian depan plafon (gambar 10)
step 10 : Selanjutnya kabel bisa diselipkan di atas plafon depan sampai menuju pilar A (gambar 11).
gambar 10 - alur kabel
gambar 11 - kabel menuju pilar A
step 11 : Lepas penutup pilar A dengan cara menariknya, kemudian lewatkan kabel di sana sampai menuju kolong dashboard. (sementara sampai sini dulu).
gambar 12 - lewat pilar A
step 12 : Kabel yang ada di lampu kabin, standardnya ada 3. Yaitu Plus, Ground dan Ground yang mengikuti switch pintu. Pada kabin aerio (melihat ke arah depan mobil), untuk soket lampunya sebelah kiri adalah Plus +12V, sebelah kanan tergantung dari selector/switch di lampu kabin, yang bisa : Ground (akan selalu ON), Switch Pintu (AUTO) dan tidak terhubung ke mana-mana (OFF). Kaitkan kabel yang disiapkan tadi ke kaki kiri dari lampu (gambar 13), dengan demikian lampu LED tambahan dapat disetel ON/OFF/AUTO sesuka kita dengan menggeser switch lampu kabin.
gambar 13 - kabel mengikuti switch lampu kabin

That's it, dilanjut di lain kesempatan.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar