Minggu, 09 Maret 2014

DIY : Pasang water temp / voltmeter 2 in 1 di Aerio

 gambar 1 - water temperature display terpasang
Dari hasil pembelian yang lalu, hari ini sempatin pasang. Kemarin sudah beli hose clamp, cuman untuk selang radiatornya memanfaatkan selang bekas radiator atas Next G yang sudah menggembung, mestinya mau cari-cari selang lagi tapi ga sempet. Selang yang ada ternyata terlalu longgar, newbie coba tambahkan sealer yang cukup banyak untuk mengisi celah, kemudian menguncinya dengan klem selang ulir secara double untuk double proteksi kebocoran. Let see kedepannya setahan apa terhadap kebocoran.
Penempatan display water temperature sempat bingung apakah seperti penempatan water temp digital di Next G, ataukah di tengah.... Testing-testing dulu sebelum sempat untuk melakukan pemasangan, akhirnya dengan menimbang mudahnya instalasi dan mudah melihat, sepertinya di atas speedometer masih dimungkinkan untuk melihat dengan jelas asalkan posisi duduk bersandar (gambar 2 dan 3).
 gambar 2 - tilt steering paling bawah pun masih terlihat displaynya
gambar 3 - ok penempatan di sini
 Sementara menunggu, yang bisa disiapkan mending dicicil dulu. Salah satunya adaptor ada ulir yang tidak ada seal atau O ring-nya, mengandalkan drat saja sepertinya bakalan rembes dari sana, maka diputuskan dililit dengan seal tape untuk kran air yang terbuat dari teflon. Penggunaan seal tape untuk drat cukup baik karena selain tahan panas, tidak bocor, juga dikemudian hari mudah untuk melepasnya.
 gambar 4 - seal tape pada drat
Sensornya sendiri ternyata juga tidak ada O-Ring nya, sehingga di lilit seal tape juga.
 gambar 5 - sensor temperatur tanpa O Ring
 gambar 6 - sensor temperatur dililit seal tape
 gambar 7 - sensor temperatur terpasang
Demikian juga dengan selang pendek sudah dipotong dari selang bekas dan disealer dan sudah kering sebelum proses pemasangan pada mobil. Hasilnya ternyata masih terlihat celah karena selang sudah menggembung. Akhirnya karena belum sempat cari penjual selang radiator pendek, newbie coba akalin dengan menambahkan sealer lagi pada celah, setelah kering diberi double hose clamp biar seret dan ga bocor.
 gambar 8 - terpasang pada jalur menuju radiator 
Proses pasang adapter mirip seperti penggantian selang radiator atas. Nanti setelah terpasang diisi coolant lagi dan dilakukan bleeding mirip seperti sewaktu kuras radiator

Untuk pengkabelan, sudah disediakan kabel 2.5 meter untuk menghubungkan sensor water temp dengan display. Jalur kabel bisa lewat karet grommet, newbie pakai yang sebelah kiri di belakang modul ABS (gambar 9), hehehehe banyak kabel newbie lewatkan sana dan belum sempat merapikan. Bisa pakai kawat untuk memancing kabel masuk, tarik kabel ke dalam kabin (gambar 10). Setelah itu melalui bawah dashboard hubungkan ke bagian kanan sampai menuju display.
 gambar 9 - karet grommet kiri
 gambar 10 - tembus ke dalam kabin
Untuk jalur plus dan minus nya dari display, bisa dipakai cara seperti modul alarm. Kabel merah dihubungkan ke Acc / Ignition, sedangkan hitam ke ground. Test nyala, sip... tinggal merapikan kabelnya, dan jangan lupa lakukan bleeding radiator bila belum dilakukan.
 gambar 11 - test nyala
Untuk voltase ternyata terbaca selisih 0.3 volt bila dibandingkan dengan voltase terukur di aki. Pertama karena memang ada selisih dengan AVO digital sekitar 0.15 volt (baca di sini untuk perbandingannya), juga newbie mengalami drop voltage bila voltase sekitar 0.1 volt diukur di dalam mobil.... blom sempet troubleshooting nih....
 gambar 12 - nampak jalur kabel di dekat dudukan
gambar 13 - kabel masuk ke dalam dashboard i tanda panah

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar