Jumat, 11 Desember 2009

DIY : kuras radiator

Sebenernya newbie udah nyoba cara kuras radiator beberapa cara sih.... tinggal search di internet juga dapet banyak. Awal-awal cara newbie menguras radiator :
1. panasin mesin sampe kipas radiator muter, tujuannya biar kotoran yang mengendap ikut sirkulasi dan termostat terbuka
2. buka sumbat radiator, buka tutup radiator, kuras sampe abis
3. tutup sumbat radiator, isi air sampe penuh, tutup radiator, jalanin mulai no 1 lagi
4. buka sumbat radiator, buka tutup radiator, kuras sampe abis, trus masukin selang air ke lubang pengisian sambil air ngalir nyalain mesin
5. matiin mesin, biarin air abis, tutup sumbat radiator, isi dengan coolant yang udah mix jadi ga perlu nyampur air lagi. jalanin mesin kalo airnya turun tuang lagi. tutup radiator, isi tabung reservoir juga yang sebelumnya dah dibersihkan
6. beberapa hari pantau aja isi tabung reservoir, kalo kurang nambahinnya di tabung reservoir. biasanya 3 hari pertama masih perlu nambah brikutnya ga akan perlu nambah lagi.

sayangnya cara ini cuman bertahan 6 bulan sampe air di reservoir berubah warna kecoklatan.

cara berikutnya mirip tapi kali ini ga pakai air dari selang untuk bilas, karena curiga kualitas air di rumah newbie kurang baik karena banyak mengandung kapur dan besi. pakai air buat masak yang beli di tukang air. hasil sama aja 6 bulan.. ganti pake air buangan AC juga sama aja 6 bulan. Baca-baca dari forum serayamotor.com ada yang mengemukakan penyebabnya adalah ada air sisa di blok mesin yang tidak terbuang, hmmm padahal kan sudah diupayakan termostat sampe kebuka..... cari2 posisi termostat di aerio, barangkali aja kalo pas nguras dibuka aja biar enak..... eh posisinya sulit dijangkau, ribet...
coba-coba pelajari repair manual dari suzuki swift, kebetulan punya dan mesin kan kurang lebih sama dengan aerio. aerio cuman punya user manual ga punya repair manual ato workshop manual :( banding-bandingkan juga info video cara backflush pake alat merk prestone.... hmmm nyoba cara murmer dulu deh, dengan cara lepas selang heater :D
Diterapkan sekitar juni 2009, eh udah 6 bulan gpp tuh air di reservoirnya relatif masih hijau dan ga coklat.... emang ga sehijau warna coolant aslinya sih....wah mayan nih :D tapi tangan gatel juga pingin kuras lagi dengan cara yang mirip :D

Nah kali ini newbie sekalian ambil beberapa fotonya :) cuman sayang ga lengkap semuanya di foto sih, soalnya rada buru-buru mesti cuci mobil dan ada keperluan keluar.

tools :
1. tang
2. air bersih yang banyak, bener2 banyak, newbie punya air buangan AC rumah sebanyak 4 galon bekas radiator coolant yang 5 literan, plus air buangan AC rumah sebanyak 1 buah botol bekas pocary sweat 2 literan, jadi kasaran punya 22 liter :D
3. radiator coolant, baca buku manualnya aja buat kasaran, mending beli lebih banyak karena ada coolant yang bakalan terbuang waktu proses, lebih baik sisa daripada kurang toh sisanya bisa dipake untuk ganti coolant berikutnya.
4. corong plastik buat bantu ngisi air
5. sikat plastik buat bersihin tabung reservoir radiator
6. sealer selang radiator, lupa dulu harga beli berapa sepertinya 12rb pakenya dikit jadi ga abis-abis :)
7. kain lap & ember buat nampung air radiator yang dibuang. Baca-baca sih air radiator ini beracun jadi jangan sampai diminum hewan peliharaan ntar koit lagi...
8. detergen soklin matic (cara yang newbie pake :D )


step-step :
1. kondisi mesin belum dipanasi, taro ember penampung, langsung aja buka sumbat pembuangan radiator, di aerio/next g letaknya di bawah, ada baut kupu-kupu dari plastik warna putih, terlihat lingkaran merah pada foto di bawah ini.



2. buka tutup pengisian, air yang keluar dari sumbat radiator bakal lebih deras lagi mengalir. O ya cara buka tutup radiator 1/2 putaran pertamanya ga usah ditekan, setelah mentok rada tekan dikit sambil diputar. arah putaran untuk buka seperti normalnya buka sekrup/baut yaitu berlawanan jarum jam.



3. Sekalian tabung reservoir dicabut aja dan buang isinya. Ini hasil tampungan buangannya, hmmm ga terlalu parah lah, kemajuan nih dibanding cara ane sebelumnya. Warna putih di situ sampai ada yang ngapung putih-putih bukan dari radiator, maklum pakai ember bekas renov asi rumah :D



4. Nah foto berikut yang mau newbie lepas, yaitu selang heater yang menuju kabin. Untuk melepasnya buka klem pakai tang dan geser, kemudian cabut heaternya memang rada sulit terutama kena sealer, digoyang-goyang pelan-pelan bakalan ketarik juga kok.

 

5. Nah lepas, sayang fotonya terlambat. Waktu itu dari sumbat radiator udah ga ngalir lagi, begitu selang heater dilepas bakalan ngalir lagi radiator dari sini.

 

6. Berikutnya ga ambil foto lagi nih. Step ini selang heater yang dilepas diarahkan ke atas sampai lebih tinggi dari mesin, ga usah terlalu tinggi bener gpp. Nah masukkan corong air ke sana, dan tuang air pembilas (newbie pake air buangan AC) ke sana. Dari lubang di atas yang tadinya sudah berhenti bakalan mengalir lagi tapi warna hijau, tanda bahwa sebenarnya di blok mesin masih ada sisa coolant yang belom keluar semua, sekarang keluar karena terdorong air bersih. Tuang terus sampai air yang keluar benar-benar bening tidak hijau warna coolant lagi.

7.  Tutup sumbat radiator, pasang selang heater kembali, isi air bersih lewat lubang pengisian radiator sampai penuh. Nah di sini newbie bikin campuran air + detergen soklin matic dilarutkan dulu di botol dan dimasukkan ke radiator, alasannya nih detergen cukup ampuh buat cuci tapi busanya dikit karena khusus untuk mesin cuci front loading. tutup radiator. Newbie dapat tips pakai detergen dari thread di modifikasi.com, cuman detergennya newbie sesuaikan lagi pakai yang busanya dikit biar bilasnnya ntar lebih cepat.

8a. nyalakan mesin, pasang heater AC mentok ke kanan. tunggu beberapa menit, kalau sabar nunggu kipas radiator mutar juga makin baik, jadi dua kipas mutar semua (satunya kipas AC). matikan mesin.

8b. sementara nunggu kipas muter di step 8a. bersihkan tabung reservoir, kalau ada sikat hajar dah.... kemarin ternyata di bawah tabung ada sedikit endapan coklat yang bandel, newbie kasi detergen soklin matic. Kocok-kocok sikat-sikat bersih deh.

9. Ulangi lagi proses buang air di atas. Hati-hati dengan air dan mesin yang panas, safety first. Untuk buka selang heater juga mesti hati-hati karena air langsung keluar kondisi panas berasap. Bahkan waktu selang heater dikasi corong dan didorong air bersih, keluar lagi air berasap. So be carefull. Ga serem sampai mesti harus skillfull sih cuman jangan melamun aja waktu ngerjainnya.

10. isi lagi sampai penuh kali ini cuman dengan air bersih. tutup radiator ga usah ditutup. nyalakan mesin, nanti dari lubang pengisian bakalan meluap busa detergen, biarin aja dan kalo kliatan turun isi dengan air, busa meluap biarin isi air gitu aja terus, sambil pantau jangan sampe overheat, tapi kemaren sih ga overheat kok, lakukan terus sampai kipas radiator muter.

11. kuras lagi pakai cara di atas. bilas lagi pakai air bersih melalui selang heater + corong, sampai air yang keluar jernih.

12. sekarang selang heater diisi coolant, sampai yang keluar dari blok mesin air warna coolant, pertama-tama keluar semu-semu hijau karena masih nyampur dengan air, tutup sumbat raditor, teruskan isi melalui selang heater sampe sebagian besar yang keluar adalah coolant.

13. oles sealer radiator ke selang heater dan balikin selang heater, pastikan klem mengikat dengan baik. lanjutkan isi coolant melalui lubang pengisian radiator. begitu penuh langsung tutup (yup langsung tutup). isi reservoir dengan coolant sampai batas max.

14. nyalakan mesin, pasang heater AC, tunggu sampai kipas mutar. biasanya air reservoir bakalan naik, normal aja kok karena fungsi reservoir ini adalah overflow dari system pendingin karena pemuaian, ntar kalau mesin dingin bakalan disedot lagi

15. beres-beres. kalo mesin dah dingin coba ditengok lagi reservoirnya, biasanya batasnya sekarang sudah di bawah full, isi lagi sampe full, kira-kira dua sampai tiga kali pemakaian mobil reservoir ini masih perlu ditambah. ceknya pagi hari saja.

Penjelasan kenapa kok turun, karena di step no 13 newbie ga mau repot nunggu air turun dan coolant bakalan ada yang meluap-luap terbuang percuma gara-gara mau mastikan udara yang terjebak keluar. Pertama dengan cara isi langsung melalui selang heater sampe air coolant keluar lewat pipa yang dilepas, ini sudah mengurangi udara yang terjebak di sistem pendinginan. Kedua dengan langsung ditutup memang ada udara yang terjebak tapi seiring dengan air overflow ke tabung reservoir sebagian udara yang terjebak juga akan keluar ke tabung reservoir. Berikutnya waktu mesin dingin air di reservoir akan ditarik balik tapi hanya air saja tidak dengan udara yang tadi keluar, karena tadi keluar air + udara dan waktu narik air saja maka air yang ditarik lebih banyak untuk menggantikan volume udara yang keluar, makanya isi di reservoir bakalan turun. Sampai dua ato tiga kali proses ini maka udara sudah tidak ada lagi yang terjebak. Dan terbukti kok selama ini newbie kuras radiator cuman sekitar dua tiga kali ntuh aja nambah reservoir berikutnya sampai 6 bulan pun ga pernah nambah lagi, paling-paling turun 1 cm aja selama 6 bulan ga usah panik nambah kan :)

Untuk beberapa mobil disertakan baut untuk bleeder udara yang terjebak. Swift yang mesinnya sama dengan Aerio pun juga dilengkapi oleh baut bleeder, tapi ternyata Aerio tidak, ya namanya juga keluar lebih baru tentu lebih disempurnakan.

DISCLAIMER : do at your own risk!
Ini cuman pernah ane terapkan pada aerio milik ane aja, ga pernah pada mobil laen. Newbie sekedar sharing aja, cara yang newbie pakai emang sedikit nyeleneh, dan crita di atas adalah kali kedua newbie menerapkan cara ini. Kalau nguras radiator sepertinya ini adalah yang kelima, karena sekarang newbie punya 5 galon kosong (nambah lagi 1).  Brikutnya tinggal nampung lagi air AC rumah ke galon kosong, tenang aja ga perlu buru-buru toh paling cepet masih 6 bulan lagi. so untuk bilas radiator ga perlu beli air lagi kan :)

regards,
singachu

Comments
4 Comments
Google+ :

4 comments:

Poskan Komentar