DIY : membuat busi side gap
gambar 1 - ground electrode menutupi center electrode
Dari hasil percobaan side gap sebelumnya menggunakan busi bekas, didapati throttle response aerio menjadi lebih baik. Akhirnya diputuskan untuk membuat lagi busi Side gap dari busi NGK BKR6E-11 yang baru. Busi ini akhirnya dipakai di tune up akhir Maret lalu. Kali ini memposting proses pembuatannya kebetulan baru mindahin fotonya dari camera digital.
Secara konsep side gap ini diyakini dengan mengekspose center electroda biar ga terhalang oleh ground electroda, maka penyebaran pembakaran tidak terhalang, yang sebelumnya rambatan api kira-kira berbentuk donut karena menyamping, sekarang menyerupai setengah bola karena juga ke atas (atau ke bawah kalau di busi hadap bawah). Kelemahannya dikatakan gap busi cepat renggang akibat tingkat keausan busi meningkat karena pembakaran fokus ke titik yang lebih kecil dibanding sebelum dipotong.
Terlepas dari pro kontra nya, yang newbie rasakan adalah throttle response yang lebih baik, sementara konsumsi BBM kurang lebih sama, itu dengan busi bekas.... setelah ganti busi baru mesin terasa meningkat cukup significant sampai ngerasa rem belakang kurang bisa mengimbangi...sampe akhirnya dibersihkan dan amplas ulang kampas remnya.... cuman ya peningkatan bukan dari busi aja sih, semua oli diganti injector juga dicuci. Ribet memang apalagi kalau dibandingkan dengan iridium, tapi soal harga ya iridium bikin mabok heheheh....
Langsung aja ke cara bikinnya.
Alat dan bahan :
1. Busi....ya iya lah
2. Gergaji besi / grinder / pemotong.... ada yang pakai tang potong gede
3. kikir / file
4. pencukit botol / buat renggangin celah busi
5. feeler gauge
6. C clamp / penjepit biar pas motong enak megang businya
7. Spidol
gambar 2 - alat dan bahan
Langkah-langkah secara umum seperti ini :
- Tandai ground electroda dengan spidol pas di bagian yang menutupi center electroda
- pasang / jepit busi dengan C clamp
- gergaji menurut tanda spidol
- rapikan hasil gergaji dengan kikir
- atur celah busi dengan feeler gauge, ketok bila kurang rapat, congkel dengan pembuka botol kalau terlalu rapat. Pengukuran dengan feeler gauge dimiringkan kira-kira 45 derajat atau cari celah ter-rapat, celah dirapatkan 0.01 inch atau sekitar 2 mm dari standard busi, newbie di busi yang lama pakai gap 1.0 mm, yang baru test dengan gap 0.9 mm
- selesai
gambar 3 - marking dengan spidol dan dijepit
gambar 4 - digergaji sesuai tanda spidol
gambar 5 - hasil pemotongan, center electroda sekarang terekspose
gambar 6 - hasil pemotongan
gambar 7 - rapikan dengan kikir
gambar 8 - set celah busi dengan jarak 0.90 mm
gambar 9 - miringkan cari jarak terdekat
gambar 10 - penampakan side gap spark plug
gambar 11 - kiri busi standard, kanan sudah di side gap
gambar 12 - penampakan dari sisi atas, kiri standard, kanan side gap
gambar 13 - di tandai spidol untuk busi berikutnya
gambar 14 - proses busi berikutnya
gambar 15 - potongan ground electroda
gambar 16 - setelah dikikir bersih
gambar 17 - hasil side gap 4 busi
gambar 18 - hasil side gap 4 busi
regards,
singachu
Bagus gan tutorialnya...kebetulan saya juga sudah coba dan ada efeknya
ReplyDeletewww.injabar.com