Minggu, 18 Mei 2014

DIY : carbon clean innova dengan AMB Carbon Speed dan ganti busi Innova VVT-i {ipah2.0v}

gambar 1 - AMB Carbon Speed
http://otodiy.blogspot.com
permisi KIOC, mau share hasil kerjaan tadi pagi yaitu carbon clean n ganti busi. carbon clean dilakukan soalnya kadang ngelitik timbul n kilometer udah agak banyak. sekalian ganti busi karena gak tau riwayat busi sebelumnya. langsung aja disimak step by step nya. monggo :
1. nyalakan mesin sampai mencapai suhu kerja optimal.

 gambar 2 - temperatur mesin optimal
2. buka kap mesin lalu lepas pipa filter udara dengan cara melepas selang yang ditandai panah merah, baut yang ditandai panah hijau dengan kunci 10, serta klem pipa filter yang ditandai dengan panah kuning pakai obeng kembang. (LIHAT FOTO)
 gambar 3 - buka pipa filter udara
3. lepas ke-4 baut pemegang koil (panah hijau) pakai kunci 10 (LIHAT FOTO)
 gambar 4 - lepas baut koil
4. lepas semua soket kabel koil (LIHAT FOTO)
 gambar 5 - lepas soket koil
5. angkat semua koil dan urutkan posisi nya. jangan sampai tertukar satu sama lain, apalagi ilang...hehe.
 gambar 6 - lepas koil
6. lepas semua busi pake kunci busi.
 gambar 7 - lepas busi
7. berikut kondisi piston di masing-masing silinder. difoto mungkin keliatan gak terlalu parah. tapi aslinya item banget.
 gambar 8 - kondisi kepala piston yang hitam penuh karbon
8. pembersihan akan di mulai dari piston no.1. sebelumnya piston ditepatkan pada titik mati atas (TMA) agar cairan carbon clean bisa memenuhi ruang bakar termasuk kubah tempat klep agar bersihnya maksimal. untuk menepatkan piston no.1 pada TMA, ambil kunci 19 lalu putar puli kruk as sampai coakan pada puli segaris dengan garis angka nol.
 gambar 9 - putar puli kruk as untuk mendapatkan TMA
9. coakan sudah tepat berada pada garis angka nol.
 gambar 10 - coakan pas di angka NOL

10. FYI aja, untuk memenuhi ruang bakar saat piston di TMA butuh sekitar 50,9 mL obat carbon clean. didapat dari perhitungan CC mesin dibagi jumlah silinder dibagi rasio kompresi. 1998 : 4 : 9,8 = 50,9...mL

11. obat yg digunakan adalah AMB carbonspeed. kemasan nya berbentuk suntikan. jadi bisa digunakan juga untuk menyedot lagi obat nya nanti. satu suntikan berisi 20mL saja. tentu ini kurang, maka dari itu saya mencampur nya dengan aseton kemasan botol 50mL sehingga didapat jumlah obat untuk tiap silinder adalah 70mL (mencukupi). KHUSUS UNTUK PENGGUNAAN ASETON, DO AT YOUR OWN RISK YA. alasan saya pakai aseton karena  harga nya murah, sifat mengikis yang keras, dan membantu penguapan obat carbon clean nya agar cepat kering nantinya sehingga mesin mudah di-start.

 gambar 10 - AMB Carbon Speed dicampur Acceton
12. campurkan obat carbon clean dan aseton pada wadah.
 gambar 11 - pencampuran
13. sedot obat pakai suntikan.
 gambar 12 - sedot campuran AMB Carbon Speed + Acceton
14. masukan campuran di wadah tadi ke silinder no.1 sampai habis menggunakan suntikan. diamkan 15 menit lalu sedot kembali. perhatikan obat berubah menjadi hitam (LIHAT FOTO).
 gambar 13 - masukkan ke cylinder 1, diamkan 15 menit, sedot kembali
15. obat jadi hitam.
 gambar 14 - obat jadi hitam
16. kondisi obat before n after.
 gambar 15 - warna obat before dan after
17. kerak yang larut bersama obat carbon clean.
 gambar 16 - kerak yang larut

18. semprot lubang busi piston no.1 dengan angin kompresor agar sisa cairan carbon clean kering. mengeringkan nya jadi sangat mudah karena terbantu oleh sifat aseton yang mudah menguap.

19. setelah piston no.1 selesai, putar lagi puli kruk as 360 derajat, kemudian lakukan langkah no.12-18 pada piston no.4. setelah piston no.4 selesai, putar puli kruk as 180 derajat, lakukan step 12-18 pada piston no.2. terakhir putar puli kruk as 360 derajat, lakukan lagi step 12-18 pada piston no.3.

20. begini lah kondisi piston tiap silinder setelah di carbon clean. kinclong euy...hehe

 gambar 17 - kepala piston terliat bersih
21. pasang sementara busi yang lama, koil, dan soket kabel koil lalu start mesin. sangat mudah hanya 1x start mesin langsung nyala. dari knalpot tidak mengeluarkan asap putih yang tebal, hanya asap uap air transparan saja, air menyembur sangat banyak, diharapkan pembakaran lebih sempurna.
 gambar 18 - yang keluar hanya air tanpa asap tebal
22. matikan mesin. lepas lagi koil dan busi. siapkan busi yang baru dan cek celahnya dengan feeler gauge. pastikan celah nya 1,1 mm. 
 gambar 19 - setel gap busi baru jadi 1.1 mm
23. out with the old, in with the new
 gambar 20 - busi old and new
24. pasang busi yang baru lalu kencangkan. setelah kencang, kendorkan lagi (membuang tegangan sisa pada ring busi yang baru saja kegencet karena masih baru). kemudian kencangkan lagi. pasang koil, soket kabel koil, dan pipa filter udara. put everything back and you're done.
gambar 21 - mesin OK
DC :
- 4 biji AMB carbonspeed = 100 ribu
- 4 botol aseton 50ML = 24 ribu
- 4 biji busi = 56 ribu
TOTAL = 180 ribu

NB :
- sekali lagi, penggunaan aseton seperti saya DO AT YOUR OWN RISK ya. mungkin lebih baik menggunkan beberapa biji AMB nya untuk tiap silinder agar dapat memenuhi ruang bakar. tapi kalau dirasa kepala piston bersih saja sudah cukup, maka dengan 1 biji AMB tiap silinder saja sudah cukup.
- setelah carbon clean sangat dianjurkan untuk ganti oli an filternya untuk meminimalisir resiko tercampurnya cairan carbon clean ke oli.

EFEK :
yang paling kerasa banget, suara mesin jadi aluuuus bangeeet. di gas juga enteng banget. mudah2an bener2 maksimal pembersihan nya.

SALAM KIOC
by ipah2.0v
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar