Solusi air radiator berkurang dengan ganti tutup radiator Aerio dari 0.9 bar ke 1.1 bar {Endy Sagita}

 gambar 1 - Radiator cap yang lama berwarna kuning dengan tekanan 0.9 bar
http://otodiy.blogspot.com
Yth. Rekan2. Sebenarnya, tekanan standar oleh OEM untuk radiator cap Suzuki Aerio RH415 itu 0.9 bar atau 1.1 bar? Sebagai informasi: 1. Radiator cap yang terpasang 0.9 bar, 2. Setiap 2-3 hari sekali harus isi coolant. Karena radiator itu closed-system yang (seharusnya) tidak (mungkin) bocor, saya memvonis radiator cap nya bermasalah. Jadi tadi siang ke BeRes beli radiator cap, oleh Service Advisor diberi radiator cap 1.1 bar

 gambar 2 - bagian balik radiator cap, a litte rust
 gambar 3 - radiator cap baru berwarna merah dengan tekanan 1.1 bar
Setelah dipasang menggunakan 1.1 bar tidak nambah2 coolant lagi nih, Kang ...kemarin tes lewat jalan macet. Biasanya pagi ini nambah, tapi tadi pagi di cek ketinggiannya tetap. Diajak jalan macet lagi, barusan diperiksa masih steady as it was in the morning nih
Sekarang sy lagi nunggu Puan Besar undangan, mesin tetap hidup...dan ketinggian coolant tetap seperti tadi pagi...mungkin cap-nya rusak atau memang seharusnya pake 1.1 bar

Sudah 4 hari....coolant level steady nih Everyone.. ternyata cap harus 1.1 bar. Tambahan info, radiator cap 1.1 bar di BeRes Suzuki Pontianak Rp. 130,999 / unit 
gambar 4 - reservoir fluid level is steady after 5 days
Selanjutnya, fluid level is steady (from 5 days ago) at this point below maximum level nampaknya memang radiator cap ni tak padan lah

Rihan Sasias  : saya juga pernah kejadian kyk ini om. waktu ntu ganti radiator sekalian sm tutupnya yg kuning (0.9), malah kejadiannya tabung reservoir jadi penuh kyk ga mau balik ke radiator. dah takut aja harus turun setengah, ternyata saya coba balik ke tutup yg merah (1.1) sampai sekarang (udah 6 bulanan) level airnya steady ga nambah ga ngurang lg, heran juga
Endy Sagita  : Sepertinya memang Aerio ni pressure-nya 1.1 bar, Rihan Sasias. Kalau saya punya reservoir nggak pernah penuh, malah selalu kurang dan bahkan pernah habis sama sekali. Pontianak - Singkawang 160 Km, hanya berhenti 1 jam, sampai Singkawang reservoir kering kerontang. Nasib baik mesin nggak rusak 
by Endy Sagita
sumber : FB AIC

Comments

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten