Rabu, 28 Mei 2014

Report suhu ATF matic pada Fortuner VNT Unichip {Loyz17}

 gambar 1 - table
http://otodiy.blogspot.com
Sebelumnya supaya mudah dipahami, saya akan tampilkan dulu tabel panduan mengenai suhu ATF (gambar 1)

Dari tabel (courtesy of Hayden® )terlihat bahwa suhu ideal sekitar 70-80 celcius, diatas itu secara gradual akan menurunkan kualitas AT Fluid dan tentunya mengganggu kinerja dan umur transmisi itu sendiri.

Hasil driving test:

Kondisi driving aselerasi normal (tidak gas pol), terrain banyak tanjakan.
Rata-rata suhu ATF (T/M oil temp) berada di posisi 80-90 deg. dg udara luar tidak panas standard kota Bandung. 
Pada saat mesin start posisi di 60-70 deg, start driving aselerasi normal, suhu naik terus sampai 80. 
Pada saat driving ketemu tanjakan, rata-rata naik ke 90deg. Ditanjakan ini saya mulai coba tekan gas lebih dalam sampai aselerasi sekitar 30% saja, suhu beranjak terus sampe 100 deg. Pada saat itu traffic tidak sepi sehingga tidak sempat coba digas terus untuk melihat kenaikan suhunya.


 gambar 2

Ini merupakan data nilai maksimum yg terekam.
Jadi untuk kita mencapai suhu ATF sampai ke daerah “berbahaya”, tidak sulit dengan mesin yg sudah dimodifikasi Hp & Torsinya. 
Saya sendiri sekarang lagi nunggu pesanan Transmission Cooler klasifikasi “Class C Motorhomes, towing up to 2200kg”. Rasanya kalau nanti sudah terpasang, mungkin saya bisa aselerasi mobil lebih leluasa, tanpa kuatir ATF akan burn/terbakar karena overheat.
Kesimpulan dari sampling data singkat ini adalah, mendukung suggestion agan Kelasbawah, lebih baik pasang ATF Cooler kalau torsi sudah meningkat dari standard.

gambar 3
Gauges yang saya beri tanda merah itu sewaktu kita aselerasi, itu semua cenderung naik berbarengan walaupun tingkat kenaikannya tidak sama. AT Temp yang naik paling cepat.

by Loyz17
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar