Report suhu ATF matic pada Fortuner VNT Unichip {Loyz17}
gambar 1 - table
http://otodiy.blogspot.com
Sebelumnya supaya mudah dipahami, saya akan tampilkan dulu tabel panduan mengenai suhu ATF (gambar 1)
Dari tabel (courtesy of Hayden® )terlihat bahwa suhu ideal sekitar 70-80
celcius, diatas itu secara gradual akan menurunkan kualitas AT Fluid
dan tentunya mengganggu kinerja dan umur transmisi itu sendiri.
Hasil driving test:
Kondisi driving aselerasi normal (tidak gas pol), terrain banyak tanjakan.
Rata-rata suhu ATF (T/M oil temp) berada di posisi 80-90 deg. dg udara luar tidak panas standard kota Bandung.
Pada saat mesin start posisi di 60-70 deg, start driving aselerasi normal, suhu naik terus sampai 80.
Pada saat driving ketemu tanjakan, rata-rata naik ke 90deg. Ditanjakan
ini saya mulai coba tekan gas lebih dalam sampai aselerasi sekitar 30%
saja, suhu beranjak terus sampe 100 deg. Pada saat itu traffic tidak
sepi sehingga tidak sempat coba digas terus untuk melihat kenaikan
suhunya.
gambar 2
Ini merupakan data nilai maksimum yg terekam.
Jadi untuk kita mencapai suhu ATF sampai ke daerah “berbahaya”, tidak
sulit dengan mesin yg sudah dimodifikasi Hp & Torsinya.
Saya sendiri sekarang lagi nunggu pesanan Transmission Cooler
klasifikasi “Class C Motorhomes, towing up to 2200kg”. Rasanya kalau
nanti sudah terpasang, mungkin saya bisa aselerasi mobil lebih leluasa,
tanpa kuatir ATF akan burn/terbakar karena overheat.
Kesimpulan dari sampling data singkat ini adalah, mendukung suggestion
agan Kelasbawah, lebih baik pasang ATF Cooler kalau torsi sudah
meningkat dari standard.
gambar 3
Gauges yang saya beri tanda merah itu sewaktu kita aselerasi, itu semua
cenderung naik berbarengan walaupun tingkat kenaikannya tidak sama. AT
Temp yang naik paling cepat.
by Loyz17
sumber : kaskus