Selasa, 10 Juni 2014

DIY : Troubleshoot air bocor dan menetes di kabin Next G {sinxa}

 gambar 1 - air menetes di kabin kiri
 http://otodiy.blogspot.com 
Barusan aku kaget nih, tau2 ada yg netes di cabin penumpang kiri depan. Aku raba ada air di permukaan bawah bagian putih2 seperti di foto itu. Netesnya agak banyak sampe aku pikir botol minuman tumpah.
knapa permukaan bawah bagian mika putih itu juga basah ya??
Kira2 sebabnya apa ya? Apa air hasil kondensasi, atau apa? Takut knapa2 nih, posisi lagi perjalanan luar kota juga.
Makasih sebelumnya.
Mungkin selang pembuangan air ac mampet oms.. Jadi netes ke kabin..

Maksudnya selang belok ke karpet yg itu ya om?
Tp knapa permukaan bawah bagian mika putih itu juga basah ya??

Iya oms selang pembuangan air ac.. Di cek dulu aja oms siapa tau mampet jadi air menggenang melebihi batas sehingga netes di kabin..

Kalo emg mampet (selang pembuangannya, brarti meluapnya lewat yg mana ya om? Barusan aku cek pake tangan selang item itu yg tembus ke karpet dari ujung sampe pangkal kering semua.

Aernya paling banyak disini nih, yg aku pegang tangan, suhunya juga dingin kira2 bawahnya suhu kamar dikit... (20°c) (gambar 2)
 gambar 2 - air menetes banyak di sini
Trus ini penampakan jendela freon di ruang mesin ketika AC ON, blom tau ada hubungannya ato gak yg penting aku laporin dulu... Ehehehehe... 
 gambar 3 - insight glass
 gambar 4 - Tetesan di dalam kabin
 gambar 5 - Fan AC + radiator nyala semua
 gambar 6 - Pipa buangan luar masih netes
sogok sampe keluar kotorannya om kebanyakan lumut itu....dah bbrp orang ngalami kok, mampet di selang pembuangan kondensasi AC-nya aja. ini contoh (gambar 7) temen di AIC Surabaya sogok2 banyak lumutnya.... netes juga ke karpet, cepetan dibersihin deh sebelum karpetnya basah dan bau

 gambar 7 - selang pembuangan mampet karena lumut
Owh... Brarti di lepas dari konsol, trus di sogok, posisi kita lewat kabin depan kiri ya om??

yup. liat juga yang dari konsol putih, barangkali di mulutnya juga ada lumut2nya juga, congkel2 aja.....

Mulutnya itu yg mana om? Yg di pasangin selangnya??

Owh iya... Satu lagi nanya ya om... Kalo emg ini gara2 selangnya mampet, knapa yg paling basah ada airnya ada di posisi luar konsol (lihat foto komen saya yg pertama)?? Dari mana asalnya??

iya, yang dari plastik putih ke selang.... barangkali di sana ada sisa2 lumutnya....
Soal yang paling basah mana, itu aku kurang tau om, ga pernah memperhatikan bentuk mangkokan plastik di sana soalnya..... gimana2 kan yang "produksi air" itu kan dari EVAP karena proses kondensasi.... tinggal diliat airnya ngalir/netes ke mana..... mungkin pengaruh adanya angin balik juga bikin air jatuh ke tempat berbeda juga....

Iya sih om.. Makanya aku pengen lebih memastikan sebelah mana airnya berasal.... Hehehe

kalau dari letakknya sebenernya di tengah dashboard om, karena EVAP ada di sana,
Kalau ada kebocoran air di dashboard, sumbernya ada 2 macam.... kalau dingin itu air kondensasi AC, kalau panas itu air radiator yang ke heater...... Ini ngomongnya diluar kalau bocor air hujan yah

Iya om... Soalnya kmaren siang pas kejadian gak ujan.... (Udah 2minggu lebih)
Brarti garis besarnya ini air memang kudunya netes keluar kabin, tp karna jalurnya kurang lancar jadi tumpah ke dalam, gitu ya om???

yup.... kurleb begitu

Ternyata bener om... Selangnya mampet... Begitu aku lepas dari konsol, langsung mengucur..... Untung lantai udah aku pasangi karpet baham oscar.....
Tadi selang udah aku sogok2 pake kabel, tembus sampe luar (ruang mesin), udah gitu aku sambung selang trus aku flush pake aer PDAM biar plong.... Hehehe...

Makasih masukannya ya om om sekalian...
gambar 8 - air yang mengucur begitu selang dilepas
-- case closed karena selang mampet --

by sinxa
sumber : FB AIC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar