Sabtu, 30 Agustus 2014

share ultrasonic cleaning dan kalibrasi injector di GBT Raden Saleh {niladyo}

 gambar 1 - Awal stel co
 http://otodiy.blogspot.com 
Awal setel CO di GBT Raden Saleh Surabaya nampak di gambar 1, hasil setel CO sesudah beda tipis, malah pas rpm 2000 HC dapet 90. Biaya 300rb include test CO, emisi gas buang dan bergaransi yah semingguan lah. 

Tadinya ada pilihan BIT, harga mirip 300rb, jasa 170 kurleb + cleaner 190, tapi ga ada co test dan di BIT dibersihkan manual aja. Hengky mirip-mirip sekitar 300rb, pakai liquid botol wynns tanpa lepas injector, langsung clean up di engine ala infus botol tersebut tapi ga ada alat test CO, ya sudah GBT saja, mekanik dan mas Tommy ownernya sangat cooperative


 gambar 2 - Fuel rail sudah diambil, dalam rangka clean up injector
 gambar 3 - Pasang injector
 gambar 4 - Pour in cleaner liquid, dari wynns
 gambar 5 - Awal set up
Kalibrasi injector, sebetulnya diuji kemampuan debit flow BBM yang diinjectkan, kalau movement BBM ya tergantung pulse dari ECM. Bila tidak sama berarti buntu atau rusak, asal tidak ada perlakuan aneh misal jatuh, biasanya injector seawet dan seumur mobilnya, harusnya kotor aja.

 gambar 6 - Sebelum clean up, bagus semuanya
Sebelum clean up udah bagus semua. Semburan BBM sudah bagus sih, cuman susah ngalahin feeling kalau pasti kotor jadinya pingin tahu hasil kerak yang berhasil keluar, dan untung memang kotor..., lebih smooth memang, sekarang tendangan halus di rpm 2500 dan 4000 semakin kerasa. Selebihnya sama, mudah-mudahan irit lagi
 gambar 7 - Masuk ke kotak ultrasonic vibration untuk merontokkan pasir halus di injector
 gambar 8 - Kanan timer 400 detik, kiri temp sekitar 30 'celcius, obat clean up bensin dan wynns
 gambar 9 - Setelah injector dibersihkan dari wadah aluminium, ok juga
 gambar 10 - Ini test injector diletakkan di dasar utk vibration, sambil dinyalakan
 gambar 11 - Hasil akhit, sama tinggi, kalibrasi mulus
 gambar 12 - Bagian dasar aluminium yg terlihat menghitam, itulah hasil kotoran yg rontok dari proses ultrasonic vibration
gambar 13 - Rakit kembali injector, pasang o ring dan, rubber ring lainnya, 1 injector 3 rubber ring
gambar 14 - Pasang kembali

by niladyo
sumber : BB Group AIC Surabaya

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar