Rabu, 10 September 2014

Sharing masalah blower AC Grand Livina yang kemasukan sampah {eltisatya}

 gambar 1 - sampah awal di jalur blower AC
 http://otodiy.blogspot.com 

Nubitol kembali ijin sharing para suhu dan mastah. Minggu kemarin baru praktek "merogoh" saluran blower AC gan. Jadi berawal dari suara berisik di saluran AC ketika blower diidupin. Agak lama sih kejadiannya, tapi baru dapet wangsit kemarin.
Jadi kalau blower idup ada suara kaya benda nyangkut dan ini akan hilang setelah melewati jalan gak rata (logika ane berarti yang nyangkut tadi akan jatuh sehingga ga nyangkut lagi) Tapi lama-kelamaan jadi tambah kenceng. Yang bikin kesel lagi, setiap dibawa ke bengkel selalu pas ga bunyi jadi susah diagnosanya. Suatu ketika ada ditemukan sampah berupa daun kering seperti ini (gambar 1)

Singkatnya ane langsung beranikan diri bongkar karena gemes. Bongkar pertama bagian head unit, ga bisa liat apa-apa kecuali dengerin sumber suara. Suara ini berubah-ubah kalau ventilasi dibuka-tutup.
Lanjut ke console box, nah di sini area kerja ane. Cukup bermodalkan obeng kembang, hati tenang, dan percaya diri .
Terus langkahnya begini :
1. Buka console box, lepas 4 biji sekerup yang keliatan di bagian atas.
2. Jangan lupa lepasin juga sekerup yang ada di bagian bawah kanan dan kiri. Ini sebaiknya dalam posisi console box tertutup.
 gambar 2 - sekrup kanan bawah
3. Keluarkan console box, pindahkan ke tempat aman. Sebaiknya kosongin dulu sebelum eksekusi.
 gambar 3 - Console box
4. Test buka tutup ventilasi AC supaya bisa liat pergerakan penutup ventilasi. Kalau punya ane pas di test pada berjatuhan tuh sampah. Ini rupanya biang keroknya, sebelumnya pernah nemu bungkus rokok udah lusuh padahal ane ga pernah ngerokok, terus ada juga daun kering...aduh..
 gambar 4 - tuas ventilasi AC
video 1 - cek video ini
5. Tutup ventilasi AC terus "rogoh" dah tuh bagian yang kebuka (liat gambar) periksa apakah ada kotoran. Ambil semua kotoran yang ada, mungkin nyangkut di kabel atau yang lainnya.
 gambar 5 - merogoh sampah

6. Test blower, periksa lagi. Ulangi hingga benar-benar yakin ga ada kotoran yang nyangkut lagi.
7. Pasang kembali console box

gambar 6 - total sampah
8. Test, dan selesai.
Demikian semoga membantu.

by eltisatya
sumber : kaskus KLIK

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar