Rabu, 29 Juli 2015

Share ganti seal busi / valve cover XTRAIL dengan CRV, dan ganti karet engine mounting XTRAIL {xtalplanet}

 gambar 1 - cylinder valve cover
http://otodiy.blogspot.com
Ane baru ngalamin masalah seal busi/seal valve cover. Pertama ane cek di kap mesin selalu basah oleh uap oli, dan setelah ane cek ternyata busi kerendem oli keempatnya. Langsung ane ke bengkel langganan buat ganti. Setelah diperiksa dan positif seal valve nya rusak, ane diberi dua opsi. Ganti sekalian covernya yang sampai seharga 1,4 jutaan. Atau.... pakai seal punya Honda CRV.

Kebetulan mekanik ini pernah ganti seal valve x-trail, bukan satu, tetapi ada beberapa, dan selalu memakai seal punya CRV ini, harganya murah meriah, 4 buah cuma 120 ribu. Dan dia berani menjamin bakal gak bocor lagi untuk beberapa tahun mengingat seal ini juga asli punya CRV dan cocok PNP tanpa ada ubahan apapun di cover orinya. jadilah keempat seal diganti pakai CRV punya.
 gambar 2 - seal punya CRV, PNP tanpa ubah apapun
Setelah memeriksa bagian lain, ketahuan juga kalau salah satu engine mountingnya udah jebol, kerasa saat dihidupin mesin goyang, apalagi saat masuk gigi D. Ane juga dikasih dua opsi, mau ganti segelondongan yang harganya sebuahnya 1,2 juta, atau ganti karet dan housingnya aja. Ganti karet + housing + press nya cuma kena 420 ribu. Akhirnya ane pilih ganti karet dan housing aja. 
gambar 3 - engine mounting yang rusak, ane ganti bagian ini aja + rekondisi karet, cuma 420 ribu
Setelah beres, test drive. Mesin jadi enak banget. Dan udah seminggu ini kap mesin dan lubang busi kering.
Mungkin agan yg punya pengalaman yang sama boleh pakai alternatif di atas, bilang aja sama mekaniknya.

by xtalplanet
sumber : kaskus

Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar