Rabu, 06 Juli 2016

Report DIY ganti Air Radiator Innova {zabdoel}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Iseng2 DIY ganti air radiator sendiri. Karena mudah, hanya buka baut pembuangan air keluar, tutup ganti baru, selesai.

Namun setelah baca-baca di om google dan lainnya, setelah tuang dengan air baru kita harus pantau terus air radiaator di tabung reservoir, karena selang beberapa hari sejak ganti air radiator biasanya akan turun sekitar 400-1000 ml. 


Berikut langkah yg ane lakuin DIY nya:
1. Ane siapkan 2 galon dan 1 liter Radiator Coolant TOYOTA Super Long Life, krn menurut Buku Petunjuk untuk mesin Diesel Matic butuh sekitar 10,3 liter.

 gambar 2

2. Buka baut pembuangan dibawah radiator, sengaja ane pengen ukur volume air radiator lama yang keluar sebagai patokan nanti saat tuang yang baru. Dari volume air radiator yang keluar dan tumpahan yg tercecer, berhasil aku ukur sekitar 4,5 liter dan yang tercecer mungkin sekitar 1-1,5 liter..... perkiraan volume yang keluar kurang lebihnya sekitar 5,5 sd 6 liter.
 gambar 3
 gambar 4
3. Saat pembuangannya, mesin ane sengaja hidupkan (krn ane baca baca ada yg mesin hidup agar sisa sisa air yg mesin bisa keluar) dan tutup lubang buang angin (yg diatas radiator dibuka sekalian agar air bisa turun semua dan keluar). Sebentar saja idupin mesinnya takut overheat. 
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
4. Setelah kira-kira semua air di radiator dan mesin sudah keluar semuanya, tutup kembali baut pembuangan, kemudian mulai pengisian air radiator yang BARU melalui tabung reservoir. Jumlah yang dapat masuk 1 galon pertama (4 liter)...... posisi pada tabung reservoir turun sampai pada tanda L dan sudah tidak mau turun lagi meskipun sudah ditunggu sampai setengah jam. Jadi volume 4 liter pertama adalah sampai tanda L di tabung reservoir. Lalu ane tambahkan lagi sampai batas F saja (sekitar 400ml). Sengaja ane ga lagsung tuang sampai tabung reservoir penuh krn pengen tau dan liat apakah air masih dapat turun lagi dari batas F. Ternyata setelah di tunggu sampai setengah jam tidak turun lagi. SEHINGGA TOTAL AIR RADIATOR YANG SUDAH MASUK SEKITAR 4,4 LITER pada langkah ini.

5. Setelah ga turun lagi di tanda F, ane tutup tabung reservoir dan lubang buang angin, kemudian start mesin. Dari yang ane baca-baca, termostart akan membuka pada suhu sekitar 83 drajat celsius. Oleh karenanya ane start mesin dan nunggu sampai suhu normal, ane pantau juga melalui OBD Reader HKS-OB Link untuk tau sudah brapa drajat celcius suhu air radiatirnya.

6. Selama idle menunggu suhu normal (sampai suhu 75 drajat C, ane perhatikan air di tabung reservoir tetap di level F tidak bergerak turun. agar bisa cepat mencapai suhu normal ane bantu bleyer2 dan sambil perhatikan suhu pada OBD Reader. Pada suhu sekitar 83 drajat C langsung ane cek tabung reservoir dan air langsung turun lagi sampai level di bawah tanda L. Saya simpulkan brarri air sudah bersirkluasi melalui termostart buka. Kemudian ane top up lagi sampai batas level F kembali sekitar 400 ml. Sampai pada langkah ini JUMLAH AIR RADIATIR YANG SDAH MASUK SEKITAR 4,8 LITER. ane teruskan geber-geber sampai termostar buka lagi, dan air di tabung reservoir sudah tidak turun lagi di level F.

7. Dengan jumlah volume air radiator baru yang masuk 4,8 liter, artinya masih perlu top up lagi sekitar 1,2 liter lagi berdasarkan pengukuran dari langkah pertama diatas.

8. Hari itu (Sabtu) ane keluar kota dengan jarak sekitar 200 km, setiap berhenti sementara di SPBU maupun rest area maupun pasar kaget, ane brenti dan selalu cek tabung reservoir. sampai perjalanan 250 KM air di tabung reservoir tidak turun lagi tetap di level F.

9. Besok paginya (Minggu), ane cek kembali tabung reservoir, ternyata turun lagi sampai level di bawah L. Ane tuang kembali sampai level F (sekitar 400 ml). Sehingga total YANG MASUK SEKITAR 5.2 LITER.

10. Perjalanan kembali mudik 250 KM. Pagi hari Senin, ake cek lagi, air di tabung reservoir masih tetap pada level F (tidak turun sama sekali).

11. Hari Senin perjalanan keluar kota lagi sekitar 250 KM kembali.... seharian dalam perjalanan santai sambil bekerja......level air raditor masih tetap di F.

12. Hari Selasa pagi hari, cek kembali tabung reservoir, baru deh turun kembali sampai level dibawah L. Top Up lagi sekitar 400 ml. SEHINGGA TOTAL JADI 5,6 LITER ........ dan sampai sekarang sudah tidak turun lagi.........................SELESAI.

 Oh ya..... air radiator ini pakai sekitar 4 tahun 

gambar 8
KESIMPULANNYA BAGI YG MAU DIY:
sesuai langkah diatas, saat tuang yg baru, sekalian saja penuhin tabung reservoir sampai batas B pada tabung reservoir. sambil dipakai dan selalu pantau dalam waktu 1 mingggu sampai nornal pada level F. Kira-kira butuh 6 liter kalo dari pengalaman saya.

Salam KIOC......

by zabdoel
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar