Report DIY ganti Air Radiator Innova {zabdoel}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Iseng2 DIY ganti air radiator sendiri. Karena mudah, hanya buka baut pembuangan air keluar, tutup ganti baru, selesai.

Namun setelah baca-baca di om google dan lainnya, setelah tuang dengan air baru kita harus pantau terus air radiaator di tabung reservoir, karena selang beberapa hari sejak ganti air radiator biasanya akan turun sekitar 400-1000 ml. 


Berikut langkah yg ane lakuin DIY nya:
1. Ane siapkan 2 galon dan 1 liter Radiator Coolant TOYOTA Super Long Life, krn menurut Buku Petunjuk untuk mesin Diesel Matic butuh sekitar 10,3 liter.

 gambar 2

2. Buka baut pembuangan dibawah radiator, sengaja ane pengen ukur volume air radiator lama yang keluar sebagai patokan nanti saat tuang yang baru. Dari volume air radiator yang keluar dan tumpahan yg tercecer, berhasil aku ukur sekitar 4,5 liter dan yang tercecer mungkin sekitar 1-1,5 liter..... perkiraan volume yang keluar kurang lebihnya sekitar 5,5 sd 6 liter.
 gambar 3
 gambar 4
3. Saat pembuangannya, mesin ane sengaja hidupkan (krn ane baca baca ada yg mesin hidup agar sisa sisa air yg mesin bisa keluar) dan tutup lubang buang angin (yg diatas radiator dibuka sekalian agar air bisa turun semua dan keluar). Sebentar saja idupin mesinnya takut overheat. 
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
4. Setelah kira-kira semua air di radiator dan mesin sudah keluar semuanya, tutup kembali baut pembuangan, kemudian mulai pengisian air radiator yang BARU melalui tabung reservoir. Jumlah yang dapat masuk 1 galon pertama (4 liter)...... posisi pada tabung reservoir turun sampai pada tanda L dan sudah tidak mau turun lagi meskipun sudah ditunggu sampai setengah jam. Jadi volume 4 liter pertama adalah sampai tanda L di tabung reservoir. Lalu ane tambahkan lagi sampai batas F saja (sekitar 400ml). Sengaja ane ga lagsung tuang sampai tabung reservoir penuh krn pengen tau dan liat apakah air masih dapat turun lagi dari batas F. Ternyata setelah di tunggu sampai setengah jam tidak turun lagi. SEHINGGA TOTAL AIR RADIATOR YANG SUDAH MASUK SEKITAR 4,4 LITER pada langkah ini.

5. Setelah ga turun lagi di tanda F, ane tutup tabung reservoir dan lubang buang angin, kemudian start mesin. Dari yang ane baca-baca, termostart akan membuka pada suhu sekitar 83 drajat celsius. Oleh karenanya ane start mesin dan nunggu sampai suhu normal, ane pantau juga melalui OBD Reader HKS-OB Link untuk tau sudah brapa drajat celcius suhu air radiatirnya.

6. Selama idle menunggu suhu normal (sampai suhu 75 drajat C, ane perhatikan air di tabung reservoir tetap di level F tidak bergerak turun. agar bisa cepat mencapai suhu normal ane bantu bleyer2 dan sambil perhatikan suhu pada OBD Reader. Pada suhu sekitar 83 drajat C langsung ane cek tabung reservoir dan air langsung turun lagi sampai level di bawah tanda L. Saya simpulkan brarri air sudah bersirkluasi melalui termostart buka. Kemudian ane top up lagi sampai batas level F kembali sekitar 400 ml. Sampai pada langkah ini JUMLAH AIR RADIATIR YANG SDAH MASUK SEKITAR 4,8 LITER. ane teruskan geber-geber sampai termostar buka lagi, dan air di tabung reservoir sudah tidak turun lagi di level F.

7. Dengan jumlah volume air radiator baru yang masuk 4,8 liter, artinya masih perlu top up lagi sekitar 1,2 liter lagi berdasarkan pengukuran dari langkah pertama diatas.

8. Hari itu (Sabtu) ane keluar kota dengan jarak sekitar 200 km, setiap berhenti sementara di SPBU maupun rest area maupun pasar kaget, ane brenti dan selalu cek tabung reservoir. sampai perjalanan 250 KM air di tabung reservoir tidak turun lagi tetap di level F.

9. Besok paginya (Minggu), ane cek kembali tabung reservoir, ternyata turun lagi sampai level di bawah L. Ane tuang kembali sampai level F (sekitar 400 ml). Sehingga total YANG MASUK SEKITAR 5.2 LITER.

10. Perjalanan kembali mudik 250 KM. Pagi hari Senin, ake cek lagi, air di tabung reservoir masih tetap pada level F (tidak turun sama sekali).

11. Hari Senin perjalanan keluar kota lagi sekitar 250 KM kembali.... seharian dalam perjalanan santai sambil bekerja......level air raditor masih tetap di F.

12. Hari Selasa pagi hari, cek kembali tabung reservoir, baru deh turun kembali sampai level dibawah L. Top Up lagi sekitar 400 ml. SEHINGGA TOTAL JADI 5,6 LITER ........ dan sampai sekarang sudah tidak turun lagi.........................SELESAI.

 Oh ya..... air radiator ini pakai sekitar 4 tahun 

gambar 8
KESIMPULANNYA BAGI YG MAU DIY:
sesuai langkah diatas, saat tuang yg baru, sekalian saja penuhin tabung reservoir sampai batas B pada tabung reservoir. sambil dipakai dan selalu pantau dalam waktu 1 mingggu sampai nornal pada level F. Kira-kira butuh 6 liter kalo dari pengalaman saya.

Salam KIOC......

by zabdoel
sumber : kaskus KIOC

Comments

  1. Mau nanya om, innova diesel sy tempo hari keluar kota dan di cipali tutup radiatornya lepas(mungkin saat pengecekan kurang kenceng) lalu di isi lg airnya tp setelah kejadian itu skr airnya slalu netes sptnya dari waterpump, apa yg harus sy lakukan om. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau netes dari unit waterpumpnya, ya ganti waterpump

      Delete
  2. Buka tutup pembuangan radiator dibawah dan buang anginnya sebelah mana ya? Dicari2 dibawah sekitar radiaotor gak ada tutup putih gitu adanya selang 3 buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang baut angin coba liat di comment facebook di atas, di comment google aku ga bisa upload gambar soalnya....

      untuk tutup pembuangan radiator yang putih itu ada di cover bawah, kalau dari atas kehalang ama shroud kipas.... umum itu letaknya di kebanyakan mobil...coba liat dari kolong deh

      Delete
    2. Di fb apa nama fb nya.. gimana nyari nya ?

      Delete
    3. @MR. Banjarmasin
      maksudnya ya di halaman ini juga, selain ada google comment juga ada facebook comment, coba scroll ke atas ada facebook comments, itu aku upload fotonya.
      Kalau ga bisa muncul coba refresh lagi pagenya, kalau sama sekali ga mau muncul mungkin pakai wifi yang facebook diblokir.

      Delete
  3. Baut pembuangan air radiator di sisi kanan (sisi pengemudi) bawah utk yg bensin (1TR-FE). Di sisi kirinya (sisi penumpang) bawah itu ada lower hose (selang bawah) jikalau mau sekalian mengganti selang. Yg diesel saya kurang tau. Tidak ada akses Innova diesel utk konfirmasi. -Galen

    ReplyDelete
  4. Enak nya sebelum kuras radiator dibawa jalan2 mobilny dulu sampai suhu normal kerja mesin habis itu dibuka saluran buang radiator (jangan lupa pakai sarung tangan dan hati2) lalu ditutup saluran kuras radiator kemudian isi berulang2 sampai tidak turun2 lagi air radiator di reservoir. kalau pengen joss pakai flusher radiator biar kotoranny keluar abis itu diisi coolant radiator baru. (ane flushny pakai aqua galon lbh irit)

    ReplyDelete
  5. Pagi, mau buka tutup radiator buat tambahin air bagaimana ya? Innova reborn 2017. Trims.

    ReplyDelete
  6. Buka tutup pembuangan angin air radiator yang hitam itu pakai kunci apa ya pak. Dratnya kotak begitu.

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G