Minggu, 21 Agustus 2016

DIY : Tune up, bersihkan kerak ruang bakar, injector, ganti oli mesin dan transmisi Aerio

 gambar 1 - semprot Engine Conditioner lewat lubang injector
http://otodiy.blogspot.com
Posting ini lebih ke catatan newbie aja sih, kebanyakan step-step pernah didokumentasikan jadi ga dibahas lagi di sini. (silahkan lihat di page ini, dibagi jadi beberapa post tapi sudah mencakup semua step-step yang dilakukan di sini)

Tujuan semprot EC lewat lubang busi adalah intake terutama kepala klep intake jadi bersih. Semprotkan di tiap-tiap lubang injector sampai busa meluber keluar.
 gambar 2 - busa EC di lubang injector
 gambar 3 - Ruang bakar juga disemprot EC
 gambar 4 - PCV dibersihkan
 gambar 5 - Purge Valve dibersihkan
 gambar 6 - Fuel Rail dan injector dibersihkan
 gambar 7 - Ultrasonic Cleaning, cairan pakai IPA : Iso Phropil Alcohol
gambar 8 - cairan bening jadi coklat
 gambar 9 - tiup lubang injector dengan angin bertekanan
 gambar 10 - tiup dengan compressor 
 gambar 11 - kerak-kerak carbon pada keluar
 gambar 12 - kerak-kerak karbon pada keluar
 gambar 13 - persiapan pasang injector yang sudah bersih
 gambar 14 - busi sebelum dibersihkan
 gambar 15 - KM 145241 saat ganti oli
 gambar 16 - Oli transmisi yang dicoba pakai
 gambar 17 - Eneos Touring Asia Gear Oil 75W-90 GL5
Untuk oli mesin masih tetep pakai Idemitsu Extreme Eco 5w-30 Full Synthetic
 gambar 18 - Eneos harga 74rb / liter
 gambar 19 - sekalian foto persiapan oli matic untuk kuras Elfmatic MV 96rb/liter
gambar 20 - spek Suzuki ATF 3314 / 3317

regards,
singachu

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar