DIY : Tune up, bersihkan kerak ruang bakar, injector, ganti oli mesin dan transmisi Aerio
gambar 1 - semprot Engine Conditioner lewat lubang injector
http://otodiy.blogspot.com
Posting ini lebih ke catatan newbie aja sih, kebanyakan step-step pernah didokumentasikan jadi ga dibahas lagi di sini. (silahkan lihat di page ini, dibagi jadi beberapa post tapi sudah mencakup semua step-step yang dilakukan di sini)
Tujuan semprot EC lewat lubang busi adalah intake terutama kepala klep intake jadi bersih. Semprotkan di tiap-tiap lubang injector sampai busa meluber keluar.
gambar 2 - busa EC di lubang injector
gambar 3 - Ruang bakar juga disemprot EC
gambar 4 - PCV dibersihkan
gambar 5 - Purge Valve dibersihkan
gambar 6 - Fuel Rail dan injector dibersihkan
gambar 7 - Ultrasonic Cleaning, cairan pakai IPA : Iso Phropil Alcohol
gambar 8 - cairan bening jadi coklat
gambar 9 - tiup lubang injector dengan angin bertekanan
gambar 10 - tiup dengan compressor
gambar 11 - kerak-kerak carbon pada keluar
gambar 12 - kerak-kerak karbon pada keluar
gambar 13 - persiapan pasang injector yang sudah bersih
gambar 14 - busi sebelum dibersihkan
gambar 15 - KM 145241 saat ganti oli
gambar 16 - Oli transmisi yang dicoba pakai
gambar 17 - Eneos Touring Asia Gear Oil 75W-90 GL5
Untuk oli mesin masih tetep pakai Idemitsu Extreme Eco 5w-30 Full Synthetic
gambar 18 - Eneos harga 74rb / liter
gambar 19 - sekalian foto persiapan oli matic untuk kuras Elfmatic MV 96rb/liter
gambar 20 - spek Suzuki ATF 3314 / 3317
regards,
singachu
Kalau cara sesat membersihkan karbon pakai air
ReplyDeletehttps://kupasmotor.wordpress.com/2016/07/16/membersihkan-karbon-atau-carbon-clean-cukup-dengan-menyemprotkan-air-biasa-ke-mulut-intake/