{or2002eo} Alternatif perbaikan selang power steering Aerio bila bocor
sumber : kaskus
Lagi-lagi cuman ada simpanan foto di harddisk, sedangkan linknya udah ga tau di mana. Terpaksa dengan ingatan newbie yang lemah, newbie coba tuliskan.
by or2002eo
Lagi-lagi cuman ada simpanan foto di harddisk, sedangkan linknya udah ga tau di mana. Terpaksa dengan ingatan newbie yang lemah, newbie coba tuliskan.
gambar 1 - selang low pressure ditambal
gambar 2 - posisi tambalan selang low pressure
gambar 3 - las kuningan pada logam
gambar 4 - diagram Power Steering Aerio
No. | Number | Qty | Description | Complete No. | List Price | |
1 | 49110-54G00 | 1 | PUMP ASSY, POWER STEERING | 49110-54G00-000 | Rp. 2.823.400 | |
2 | 49111-56B30 | 1 | .PULLEY SET | 49111-56B30-000 | Rp. 727.800 | |
3 | 49112-54G00 | 1 | .CONNECTOR SET | 49112-54G00-000 | Rp. 184.000 | |
4 | 49113-65D00 | 1 | .TERMINAL SET | 49113-65D00-000 | Rp. 203.200 | |
5 | 49114-64G10 | 1 | .SEAL SET | 49114-64G10-000 | Rp. 198.500 | |
6 | 49115-56B30 | 1 | .BOLT SET | 49115-56B30-000 | Rp. 66.500 | |
7 | 49120-69G00 | 1 | BRACKET, PUMP | 49120-69G00-000 | Rp. 849.000 | |
8 | 01550-08353 | 4 | BOLT | 01550-08353-000 | Rp. 9.200 | |
9 | 01550-08503 | 2 | BOLT | 01550-08503-000 | Rp. 9.600 | |
10 | 01550-08253 | 3 | BOLT | 01550-08253-000 | Rp. 7.900 | |
11 | 49160-81A00 | 1 | PULLEY, BELT TENSION | 49160-81A00-000 | Rp. 774.600 | |
12 | 09103-08071 | 1 | BOLT (8X36) | 09103-08071-000 | Rp. 15.000 | |
13 | 09159-08069 | 1 | NUT | 09159-08069-000 | Rp. 5.400 | |
14 | 49140-54G00 | 1 | TANK ASSY, POWER STEERING | 49140-54G00-000 | Rp. 349.500 | |
15 | 49152-54G00 | 1 | BRACKET TANK | 49152-54G00-000 | Rp. 78.500 | |
16 | 49150-60G00 | 1 | BRACKET, TANK | 49150-60G00-000 | Rp. 63.500 | |
17 | 09180-06038 | 2 | .SPACER (6.1X9X7.5) | 09180-06038-000 | Rp. 6.600 | |
18 | 09320-08501 | 2 | .CUSHION | 09320-08501-000 | Rp. 10.600 | |
19 | 09136-06133 | 2 | BOLT (6X16) | 09136-06133-000 | Rp. 7.700 | |
20 | 49222-54G70 | 1 | HOSE, SUCTION | 49222-54G70-000 | Rp. 174.900 | |
| 21 | 09400-24301 | 2 | CLAMP | 09400-24301-000 | Rp. 9.500 |
22 | 49210-54G50 | 1 | PIPE ASSY, HIGH PRESSURE | 49210-54G50-000 | Rp. 1.032.100 | |
| 23 | 49211-63G02 | 1 | GASKET, PRESSURE PIPE | 49211-63G02-000 | Rp. 29.800 |
24 | 09360-16008 | 1 | BOLT, UNION (16X30) | 09360-16008-000 | Rp. 41.900 | |
25 | 49212-60G42 | 1 | PIPE, RETURN GEAR SIDE | 49212-60G42-000 | Rp. 94.400 | |
26 | 49220-54G50 | 1 | PIPE, LOW PRESSURE RETURN | 49220-54G50-000 | Rp. 305.000 | |
27 | 49223-54G10 | 1 | HOSE, RETURN GEAR SIDE | 49223-54G10-000 | Rp. 474.400 | |
28 | 49225-65G00 | 2 | CLAMP, RETURN HOSE | 49225-65G00-000 | Rp. 32.800 | |
29 | 09401-16405 | 1 | CLAMP | 09401-16405-000 | Rp. 10.100 | |
30 | 09116-06146 | 2 | BOLT (6X25) | 09116-06146-000 | Rp. 6.600 | |
31 | 02162-06123 | 1 | BOLT | 02162-06123-000 | Rp. 5.800 | |
32 | 01550-06123 | 2 | BOLT | 01550-06123-000 | Rp. 6.500 |
Info yang didapat (menurut ingatan newbie), gara-gara bengkel nakal menusuk selang Aerio dengan pisau cutter sehingga terdapat rembesan. Pada gambar 4 point 20 (Hose Suction) merupakan selang low pressure sehingga masih dimungkinkan untuk ditambal (lihat gambar 1 dan 2). Sedangkan selang high pressure, bro or2002eo tidak melakukan penggantian dengan orisinal selang high pressure Aerio dengan alasan ekonomis, seingat newbie kalau tidak menggunakan selang baleno awal (sebelum Next G) atau menggunakan selang timor, sedangkan dudukan karena beda dipotong dan disambung dengan pipa dudukan orisinal Aerio dengan melakukan las (gambar 3).
by or2002eo
Bro, mo ikut komen semoga mencerahkan buat teman-teman lain. Selang high pressure aerio no 20 bisa dibawa ke tukang service kabel power steering. Harga klo di jakarta antara 300rb-500rb. Klo beli Kw1 harga 300 rb. Tp klo di bandung service power steering harga Rp. 100rb.
ReplyDeleteThx bro Nopalermo atas tambahannya :)
ReplyDeleteMungkin maksudnya no 22 yah untuk selang hi pressure ?
Beberapa kasus pakai selang KW untuk high pressure tapi ternyata ga bertahan lama.
Bengkel Service PS di Bandung boleh minta info alamatnya dan nama bengkelnya om ?
regards,
singachu
hehehe problem ini dah pernah diberesin neh ... cuma sekarang kumat lagi... kalo lagi dulu kayaknya di jailin montir ada lobang kayak bekas obeng ditutup plastik... kali ini bocornya nggak ketahuan.. jadi bingung selang yang mana yang musti diganti
ReplyDeletewaduh turut berduka deh kalo dijailin begitu..... berarti oli PS ini rembes juga selain oli mesin ? (komentar di : http://otodiy.blogspot.com/2010/09/erwinherdiawan-oli-rembes-pada-filter.html)
ReplyDeleteregards,
singachu