DIY : {Galagajrut} Ganti oli mesin dan flush oli mesin Honda All New Jazz

sumber : kaskus
Weekend datang lagi....waktunya ngoprek si Njezz ....
Kali ini mau melakukan ganti Oli mesin secara DIY di mobil all new jazz.
Ini ganti oli utk pertama kalinya setelah odometer sampai ke 1126 km.... karena di Beres honda ganti olinya berjadwal di 5000 km....ya gw ganti sendiri saja di rumah .

Sebelum memulai....membaca doa dulu sekenanya ....
SUpaya selamat dan nggak kejatuhan mesin mobil segelondong ....

lalu mempersiapkan Tools dan bahan yg diperlukan buat acara DIY ini.

Tools yg diperlukan :

Gambar 1 - Tools

Dari kanan ke kiri....adjustable wrench, extensioner, fixed wrench, universal pembuka saringan Oli ...dan tentu saja rokok Gudang garam sebagai teman ngoprek....

Gambar 2 - Dongkrak

Dongkrak Mobil....dongkrak ini diperlukan utkmengakat sedikit bagian depan mobil supaya kita dapat ngolong dgn leluasa di bawah mesin ANJ.



Gambar 3 - Oli

Oli mesin pakai Castrol Magnatec 10-40 w...di foto ini yg sebelah kiri warna hijau...kalau yg satunya , warna putih itu Castrol GTX 20-50 w, khusus buat Katana yg rencana mau gw ganti oli juga.

Gambar 4 - Filter Oli


Saringan Oli replacement.
Saringan ori parts keluaran Beres Honda...gw tebus Rp 36 rb.

 
Gambar 5 - Kompresor Udara

Air compresor...kalau nggak ada air compresor di rumah....bisa ditiup pakai Mulut kok...sampai Biru tuh muka......

alat alat lain yg diperlukan adalah Corong utk memasukan oli baru.....ember kecil utk menampung buangan oli lama serta Coca cola dingin tentunya .....

Oh well....the right tools make a better man after all .....

OK, sekarang step by step didalam mengganti Oli mesin :
1. Tentukan / cari tutup baut Tap buat membuang Oli lama...tempatnya di bawah engine tetunya.
Kalau ANJ tempatnya pas ada di belakang saringan Oli.

Gambar 6 - ( sory fotonya agak blur...soalnya ngambilnya sambil Ngolong...susaaaah )

2. Siapkan ember penampung Oli lama pas dibawah Baut drain.
3. Buka baut drain.
4. Biarkan oli keluar sampai titik oli penghabisa.
5. Buka tutup Oli di engine ( tempat memasukan oli baru)...dgn membuka tutup ini, gelontoran oli keluar akan semakin kencang.
6. Buka saringan Oli dengan tool pembuka saringan.
6. Beri tiupan air compresor ke lubang pemasukan Oli supaya oli yg masih terjebak di atas mesin dapat berpindah ke bagian bawah dan ikut ter flush out.
7. Beri saringan oli baru sedikit oli sekitar 1/4 isi saringan...lumasi juga bagian karet ring di saringan oli supaya didalam waktu pemasangan tidak sobek dan memberi efek lubrikasi bila seal ini bersentuhan dgn mesin yg panas di kemudian hari.
8. Pasang saringan oli baru
9. Pasang Drain baut oli.
10 Masukan oli baru kedalam mesin dgn bantuan corong.
11. Tutup kembali tutup pemasukan Oli.
12. Nyalakan mesin sekitar 1-2 menit supaya Oli baru bersirkulasi.
13. Beres Dah....mari diminum coca cola dinginya....

ANJ sudah fresh...siap buat diajak jalan jalan sore di weekend ini ,.....


Di acara ngoprek ganti Oli secara DIY kali ini...sebetulnya gw juga melakukan flush out Oli lama dengan bantuan oli Flush...dengan tujuan agar Oli lama dan segala kotoranya hilang dari set up baru.
Hal ini karena gw mengganti merk Oli dari bawaan Ori Honda ke merk Castrol Magnatec.
Supaya komponen oli lama tidak bercampur dgn oli dan menyebabkan endapan baru yg tidak kita inginkan...maka gw dengan sengaja melakukan total flush out.

Note : Utk melakukan total flush out ini direkomendasikan utk mengganti saringan oli juga.

Sedangkan bahan Flush Out...gw menggunakan merk Golden Eagle yg punya kandungan tidak begitu keras berbanding dgn Merk STP atau Prestone.

Gambar 7 - Flush

Step Total oli flush out ini dilakukan sebelum acara mengeluarkan Oli lama, yaitu dengan Cara :
1. Masukan Engine flush out kedalam lobang pemasukan Oli.
2. Tutup kembali.
3, Start engine selama 10 menit di RPM 2000 dgn tujuan supaya engine flush out tersirkulasi dgn sempurna.
4. Shut Off engine....baru dilanjutkan ke step pengganti oli secara keseluruhan...seperti post gw diatas.

Selamat mencoba dan menjadi master Of DIY .....

by Galagajrut

Comments

  1. Mantab Om, secara gw juga punya ANJ, coba kali2 bikin tips pasang LED buat pasang di kaca belakang, soalnya ANJ 'mata kucing'nya nempel di stoplamp jd kl lg di toll kurang bs bikin aware boil yg dibelakang

    ReplyDelete
  2. kan dah ada tips buat LED di bawah kek F1 : http://otodiy.blogspot.com/2012/02/diy-galagajrut-pasang-stop-lamp-f1-dan.html

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. Ring baut tqp olinya gak ikut ganti?

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}