DIY : {tonny_penjahat} Tune up - Throttle Body dan ISC Cleaning
sumber : kaskus
Tools :
let the story begin !
pertama tama lepas dulu box filter udaranya .
ada 4 bautnya .. udah pada hatam yg begini mah
Buat mur yang ini (gambar 12) ga usah dilepas, cukup kendorin dikit aja biar bisa copotin kabel gasnya.
sebaiknya waktu kendorin 2 mur ini, mur yg 1 ditahan juga pake kunci 12 ya.
nah.. setelah kelepas semua tinggal tarik pelan pelan deh..
keluar deh nih TB , siap dibersihin
sebenernya ane malu nih posting ini, abis kotor banget TB sama ISC ane
tapi yaa.. begini adanya.. apa mau dikata
setelah liat liat yang kotor, kita lepas ISC nya
ada 2 Baut kecil..
lepas 2 baut kecil ini pake obeng plus (+) . tapi kalo ente punya obeng getok (impact driver) lebih baik pake itu, karna bukanya agak keras dan tekstur sekrup ini lembut, jadi gampang rusak atau slek..
setelah dilepas bautnya, tinggal tarik aja deh..
ini juga malu maluin.. kotor parah
ini bagian yang rawan kalo bongkar TB,ISC atau injector nih.
Karet Sealnya ! . kalo asal tarik bisa putus, atau kalo meleng malah bisa ilang.
(jd inget dulu lg bongkar injector, sealnya dimakan ayam )
jadi amankan baik baik nih sealnya
nah, sekarang bersihin semuanya deh..
enaknya kalo udah kotor begini bersihinnya pake dcs atau nulon..biasanaya sih ane pake dcs, pernah pake nulon ga tuntas
tapi berhubung dcs ane habis, jadi cuma pake carburator cleaner ajah
bersihinnya pake kain yang halus biar ga bikin TB baret.
kalo ane pake kutang longgar
bersihikan TB dan ISC sampe tuntas, terutama di bagian butterfly valve nya. bersihin semua kerak dan tumpukan carbon yang ada.
sampe ke lobang lobangnya juga .
untuk ini ane pake tali kutang longgar yang tadi sama beberapa korek kuping
coba di obok obok aja sebisa mungkin.
pake dua jari atau tiga jari
by tonny_penjahat
Malam axcom. mau setoran DIY nih, tadi pagi abis coba bersihin Throttle Body (TB) . alatnya sederhana aja kok..
- Obeng +
- Kunci 10
- Kunci 12
- DCS
- Carburator Cleaner
- Silicone Spray (optional)
- WD40 (optional)
- Kutang longgar
gambar 1 - tools
let the story begin !
pertama tama lepas dulu box filter udaranya .
ada 4 bautnya .. udah pada hatam yg begini mah
gambar 2 - Lepas filter udaranya
nah kalo udah keliatan deh tuh si throttle body..
gambar 3 - Throttle Body terlihat
setelah itu kita bukain dulu socket socket,selang dan tali gas
gambar 4 - ini socket ISC
gambar 5 - ini selangnya
gambar 6 - ini tali gasnya
gambar 7 - nah ini ada 2 baut dilepas juga
gambar 8 - kalo udah semua, singkirin deh, biar ga ribetin
gambar 9 - baru setelah itu lepasin baut bautnya..
gambar 10 - lepasin
gambar 11 - lepasin
Buat mur yang ini (gambar 12) ga usah dilepas, cukup kendorin dikit aja biar bisa copotin kabel gasnya.
sebaiknya waktu kendorin 2 mur ini, mur yg 1 ditahan juga pake kunci 12 ya.
gambar 12 - kendorin dikit
nah.. setelah kelepas semua tinggal tarik pelan pelan deh..
keluar deh nih TB , siap dibersihin
gambar 13 - Throttle Body
sebenernya ane malu nih posting ini, abis kotor banget TB sama ISC ane
tapi yaa.. begini adanya.. apa mau dikata
gambar 14 - Throttle Body Kotor
gambar 15 - Throttle Body Kotor
gambar 16 - Throttle Body
gambar 17 - Throttle Body
setelah liat liat yang kotor, kita lepas ISC nya
ada 2 Baut kecil..
lepas 2 baut kecil ini pake obeng plus (+) . tapi kalo ente punya obeng getok (impact driver) lebih baik pake itu, karna bukanya agak keras dan tekstur sekrup ini lembut, jadi gampang rusak atau slek..
alangkah baiknya kalo baut ini diganti baut L ajaah
gambar 18 - lepas 2 baut kecil
setelah dilepas bautnya, tinggal tarik aja deh..
ini juga malu maluin.. kotor parah
gambar 19 - ISC kotor
ini bagian yang rawan kalo bongkar TB,ISC atau injector nih.
Karet Sealnya ! . kalo asal tarik bisa putus, atau kalo meleng malah bisa ilang.
(jd inget dulu lg bongkar injector, sealnya dimakan ayam )
jadi amankan baik baik nih sealnya
gambar 20 - Amankan karet sealnya
nah, sekarang bersihin semuanya deh..
enaknya kalo udah kotor begini bersihinnya pake dcs atau nulon..biasanaya sih ane pake dcs, pernah pake nulon ga tuntas
tapi berhubung dcs ane habis, jadi cuma pake carburator cleaner ajah
bersihinnya pake kain yang halus biar ga bikin TB baret.
kalo ane pake kutang longgar
gambar 21 - kutang :p
bersihikan TB dan ISC sampe tuntas, terutama di bagian butterfly valve nya. bersihin semua kerak dan tumpukan carbon yang ada.
sampe ke lobang lobangnya juga .
untuk ini ane pake tali kutang longgar yang tadi sama beberapa korek kuping
gambar 22 - kutang longgar part 2
gambar 23 - ini ISC yg udah bersih
gambar 24 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
gambar 25 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
gambar 26 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
gambar 27 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
gambar 28 - dan inilah bukti yang melekat di kutang longgar..
setelah bersih, pasang lagi ISC ke TB.
tapi ada baiknya, sebelum dipasang per yg ada di ISC di semprot WD40 / Silicone spray.
Sebelum dipasang, coba intip dulu lobang intake nya
ane intip kotor juga.. semprot aja pake carb cleaner trus lap pake si kutang longgar.. yaa.. sekenanya aja sih
coba di obok obok aja sebisa mungkin.
pake dua jari atau tiga jari
gambar 29 - intake
gambar 30 - ini hasilnya
setelah selesai pasang lagi TB nya, Baut baut , socket dan selang.
jangan sampai ada yang kelupaan
ada baiknya tiap baut sekalian disemprot silicone spray atau WD40 sebelom dipasang . Untuk baut, pasangya jangan kenceng banget sampe narik urat.
pengalaman dulu pasang baut di TB kekencengan eh pas mesin panas TB nya bengkok. karna pada saat panas, TB memuai.
Selama melakukan ini sih ane sekalian cabut sekring ecu guna me reset ECU nya
Sekian laporan dari nubie.. tolong dibenarkan kalo ada syang salah yaah..
maklum ane nubie, ini aja baru pertama kali bongkar Tb Avanza ;malus
Mohon maap kalo menuh menuhin juga
The Real Driver Have To Know What Exactly In His Car..
by tonny_penjahat
hahaha....dasar penjahat, tapi bahasanya kocak juga neh jadi gampang ngerti bacanya
ReplyDeleteCiyamik dan cerdasssd.. Pol abesss.
ReplyDeleteCiyamik dan cerdasssd.. Pol abesss.
ReplyDeleteMas, mohon pencerahannya... Sewaktu memberikan ISC, baut yg buat pegangan ISC lupa belum dipasang, mesin udah dinyalakan... Yg terjadi ISC malah loncat keluar, katup nya lepas... Stlh saya pasang lagi ternyata langsam jadi drop rpm nya... Dan klo AC dinyalakan rpm gk mau naik... Mohon bantuannya
ReplyDelete#membersihkan ISC
DeleteMakasih mas,artikelnya bermanfaat
ReplyDeletehttps://mazcecep.blogspot.com
Mantap ndan..tq ilmunya
ReplyDelete