DIY : Test Steerin Remote Head Unit Kenwood dengan resistor {syahrul763}

gambar 1 - steering remote GL
Nubitolisme akut ijin share

sebenarnya test ini dikhususkan buat HU kenwood double DIN 4031 (4038 dan 4033 sptnya sama persis). Bisa jadi referensi test buat HU merk laen buat mastiin apakah nantinya bisa langsung konek ke steering remote GL atau harus menambah modul interface. AFAIK steering remote buat GL modelnya analog type (resistor type) only bukan CANBUS spt steering remote mobil" eropa dan karena HU kenwood sudah memiliki modul A/D conversion maka HU ini cocok banget digandengkan dengan steering remote GL. Berikut penampakan steering remote GL spt yg pernah diupload sama agan armycool


terlihat didalemnya berisi switch dan resistor aja....
gambar 2 - dalemnya steering remote

Mumpung lagi weekend dan nunggu steering remote dateng dari cungkow, iseng" mampir ke elektronik buat beli resistor dgn beberapa nilai ohm yg berbeda dr yg terkecil 1.5 ohm sampai 6K8 ohm.
gambar 3 - resistor

Lepas laci dashboard bawah (caranya pasti uda hapal smua lah ), buat koneksikan kabel extension steering remote + soket (bawaan dari HU). Sengaja melepas laci dashboard instead panel HU karena lebih mudah mengkoneksikan kabel extension steering remote daripada lepas panel tengah HU.
Input Steering Remote HU kenwood 4031 punya 3 input : Input1, Input2 dan Ground.
gambar 4 - kabel extension
gambar 5 - terkonek ke soket extension dari HU

Metode pengetesan adalah dengan menyambungkan resistor ke kabel Input 1 dgn Ground dan Input2 dgn Ground. Dari semua resistor yg ada, semuanya mampu dideteksi oleh HU baik itu terkonek dgn Input1 atau Input2.

Nilai resistor terkecil yg ditest adalah 1.5 ohm dan terbesar adalah sekitar 20K ohm (beberapa resistor disambung secara serial).
gambar 6 - tampilan awal setting steering remote di HU

Input1 dan Input2 bersifat independent artinya jika kita koneksikan resistor dgn nilai yg sama ke Input1 dan Input2 maka itu oleh HU dianggap sebagai 2 input (istilahnya 2 tombol yg berbeda pada steering remote) yg berbeda.
Seperti pada pengetesan berikut, menggunakan resistor dgn nilai yg sama dikoneksikan antara kabel Input1 dan Ground. Maka HU akan mendeteksi seakan" ada tombol di steering remote yg di pencet. Dalam pengetesan ini saya setup sbg tombol volume up.
gambar 7 - konek resistor ke input1 - ground

Setelah itu konek resistor ke kabel input2 dan Ground, diset sebagai volume down.
gambar 8 - konek resistor ke input2 - ground

Test terakhir dgn memainkan musik dan kita atur volume nya tanpa menyentuh HU dan remote IR sama sekali.....cukup mengkoneksikan resistor ke Input1-Ground untuk volume up dan Input2-Ground untuk volume down
gambar 9 - tes akhir

Nubitolisme akut sekedar meng-informasikan bahwa fungsi test ini sekali lagi buat pastikan apakah harus menambah modul interface lagi atau tidak pada HU nya jika para klikers mau pasang steering remote GL spt foto diatas. Kalau dengan metode test diatas berhasil dideteksi oleh HU jd gak perlu lagi pake nambah" modul interface yg tentunya akan merogoh saku lebih dalam lagi

mungkin testing ini juga bisa membantu agan" yg menggunakan HU kenwood 4031, 4033, 4038 pada mobil selain GL dan menginginkan steering remote OEM nya masih berfungsi dgn baik.

=======================================================
Setelah steering remote uda di tangan, akan ogut update skema diagram dan resistor yg digunakan. Kalau nilai resistornya ada di range dari resistor yg buat testing diatas.....ogut seyakin"nya semua tombol di steering remote akan bisa dipakai 

by syahrul763
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}