DIY : trouble shoot bunyi-bunyi di sekitar area setir Aerio {Febrian Imansyah}

 gambar 1 - Fixing bunyi
Pada 27 Juni 2013, diskusi di Whatsapp : Om....kalau kena jalan ga rata, kadang-kadang di setir bunyi kletek kletek....kenapa ya Ini di area kepala dan leher stir bunyinya....Dari dalem om...disekitaran leher setir...Yang diluar dashboard...yang konek ama setir. Tapi kayaknya didaerah kepala stir....kan udah diluar dasboard om? Secara perasaan di area lingker kemudi dan area batang liting/wiper. Kalau gronjalan besar malah ga bunyi...biasane bunyi kalay gronjalane sedang sedang saja....


Kuncian tilt steeringnya kenceng ga? Jangan2 cuman kendor aja. Tilt emang ngunci separuh, tadi udah tak mentokin keatas...suara di setir jauh berkurang...sesekali msh ada tapi ga seintens kemaren....tinggal ntar regrease u join...mudah-mudahan sembuh.....
 gambar 2 - plastik penutup U join bawah
 gambar 3 - plastik dibuka
 gambar 4 - U joint bawah di grease
 gambar 5 - U joint setir atas
 gambar 6 - U Joint atas diberi grease
Masih penasaran ama bunyi kletek kletek di stir area klakson, bbrp mgu kemaren udah coba di grease kedua joint di stir (gambar 3 s/d 6)...bunyi berkurang,tapi masih ada.... 

Barusan area stir tak bongkar...Tak lepas soket negatif nya, trus dicari posible rootcause bunyi kletek (jelas banget kedengeran di area pencetan klakson) Akhirnya dapet kambing hitam... (gambar 7).

 gambar 7 - sumber bunyi bila ditekan lepas
Area ini (gambar 8) yang bikin klakson bisa bunyi kalau klakson dipencet...tak coba tekan lepas tekan lepas...pas dilepas ada bunyi besi beradu. Kayaknya pas dilepas kupingan bolt beradu ama plastik putih disisi kanan bolt tuh. Tak coba kasih peredam selotip double tape yang agak tebal (gambar 10).
 gambar 8 - tes tekan lepas
 gambar 9 - bolt, lepas dengan kunci bintang
Lepas pakai kunci bintang juga....jadi kan tadi tak tekan dan tak lepas...waktu tak tekan bunyi tek, tapi lirih, pas tak lepas teknya keras....nah yang tak ganjal tadi pas pertemuan bagian atas, kalau yang bawah, harusnya cuman muter pin yg putih itu trus lepas deh sak per pernya...ganjal deh bagian bawah. Per nya masih keras, bunyi nya pas posisi release...kena makadam...
 gambar 10 - diberi isolasi tebal
 gambar 11 - Hasil diberi isolasi
gambar 12 - Tiga titik diberi isolasi
Nah jadinya seperti itu...trial tekan lepas lagi..bunyinya jauh lebih empuk...pasang lagi dah...
Test drive, so far jauh berkurang lagi suaranya...kan tadi yang tak ganjal bagian atas, berarti bagian bawah juga harus diganjal, tapi space nya bakalan habis...enak gini aja wis....udah jauh lebih lirih suaranya kok...yang penting tau kalau bukan suara yang bisa membahayakan...

by Febrian Imansyah
sumber Whatsapp

Comments

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova