Share penggantian CMP dan CKP penyebab mesin pincang {wirasaja}

gambar 1 - Nota dan box CMP CKP
sore suhu2..
report penggantian sensor...
ada 2 buah.. posisinya kira2 diatas dan dibawah..

Gejala :
mobil ketika sudah mencapai suhu optimal..
dan ada load berlebih ( AC hidup )
putaran mesin tidak mau digas lebih dari 3K rpm..
dicoba ditekan gas lebih dalam, mesin tersendat pincang dan akhirnya batuk2 mesin mau mati..

awalnya dikira gejala trouble di pengapian or pompa bensin..
coba ulangi lagi.. cuma waktu kejadian, AC langsung saya matikan + rpm diturunkan hingga max 3K rpm ( jadi jalan gigi 2an ) mesin mau nurut..
begitu ditambah dikit melewati 3K rpm ndut2 dan mau mati2 lagi..


Pemeriksaan dan penggantian :
akhirnya nginep di BERES Suzuki Jalan Adisutjipto selama 2 hari untuk cek total.. dan diputuskan sensor tsb ( sensor CKP ato Sensor Crank Position ato apa lupa namanya ) diberitakan inden 2 mingguan.. tapi dapat unit ( kayaknya diambil dari luar suzuki ) dan dalam 2 hari dibengkel barang tsb sudah terpasang di mobil

 gambar 2 - nota
gambar 3 - CMP dan CKP

dan setelah diganti semua kembali normal..
sekian laporan dari Jogja..

sumber : kaskus

Comments

most read in a week

DIY : pasang sendiri peredam Plafon Wagon R {wagireng}

DIY : tambah relay power window Aerio

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}