Suara berdengung di bawah dasboard pada kecepatan 80 - 100 kpj akibat bearing roda Grand Livina {hendra.prasetyo}

gambar 1 - wheel hub
Dear Agan/aganwati KLIK'ers.
Ane mau sharing pengalaman ane kemarin. Ceritanya mobil ane ada suara berdengung di sekitaran depan bawah kabin di kecepatan 80-100kpj, suara berdengung tersebut sangat mengganggu. Setelah ane berowsing2 diinternet jarang ada review masalah tersebut untuk grand livina. dari hasil browsing adalah suara tersebut berasal dari :
1. Roda/ban yang kondisinya sudah tidak rata. ( actionnya : dipindah ban depan kebelakang. jika suara hilang berarti masalah dari ban yang ditukar )

Action ANE : Ane udah pindah2in ban tapi hasilnya masih sama . asumsi ane mungkin ban nya yang sudah getas padahal kembangnnya masih tebal.


2. Bearing Roda depan sudah Goblak. Dari point 1 karena ane merasa ban sudah getas, jadi ane ganti 4 ban sekaligus dan sekalian cek bearing roda pada saat di dongkrak dengan cara di goyangkan atas bawah dan kiri kanan. Hasilnya ga ada yang goblak sama sekali kata tukang ban masih bagus bearingnya.

Setelah ane ganti 4 ban dan ane test di jalan TOL hasilnya alhamdulillah masih keluar dengungnya .

Lalu ane berniat pasang PEREDAM keseluruhan sudah tanya2 totalnya amit amit harganya...

Hampir aja ane pasang secara total. Lalu ane pikir kembali, dari pada pasang peredam kita cari dulu sumber bunyinya, dan iseng isenglah ane cek bearing kembali. Caranya :

- Dongkrak salah satu ban, Kemudian putar rodanya searah dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian sambil kita pegang shockbreaker nya. ( Hati2 pada saat memutar roda tangan bisa terjepit antara velg dan master kanvas rem ) ane sudah kejepit kemarin dan dpt 6 jahitan .

- Pada saat diputar dan sambil memegang shock breaker rasakan getaran shock breakernya. ( Jika bergetar kemungkinan besar masalah pada bearing tersebut meskipun bearing tidak bunyi pada saat di putar ).

- Setelah ane cek didapati bearing roda sebelah kiri sepertinya bermasalah. jadi ane langsung kebengkel untuk beli bearing assy roda depan harganya yang ORI didaerah ane 650 rb dan sekitar 550 rb di jakarta. Yang KW sekitar 450rb didaerah ane, ongkos pasangnya 125 - 150 rb per-roda.

- Setelah barang dapat (gambar 1), mobil langsung masuk ke bengkel langganan dan di cek ulang, ternyata benar dugaan ane bearing yang kiri bermasalah. Setelah diganti. Wissss.... Hennniiiing gan .

gambar 2 - proses pemasangan

Demikian sedikit sharing pengalaman ane.

by hendra.prasetyo
sumber : kaskus KLIK

Comments

  1. Mobil serena ane gitu om.. Kalo lari 100..kayak bawa mobil katana.. Dengung hebat..
    Mau coba ganti juga bearing nya

    ReplyDelete
  2. Ternyata senasib nih..saya lg cari solusi penyakit dengung ini...baru ganti ban depan sdh di cek kembang dan rotasi bener semua, tapi dengung masih ada pd KM 60 kenceng dan KM 100.
    Suara kayak " greng2 " saat mobil laju. Mobil kia matic

    ReplyDelete
  3. Mobil Nissan march ane dengung kec.90-100 udh ganti ban...bersih rem ke bengkel resmi...ganti shock breaker..jg msh dengung soal bengkel resmi bilang bearing msh bagus...jgn2 bearing nya ya Pak spt pengalaman diatas...udh abjs jutaan jg nih ganti ini itu tp kepala ttp pusing denger dengungan setiap di tol...

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mobil Nissan march ane dengung kec.90-100 udh ganti ban...bersih rem ke bengkel resmi...ganti shock breaker..jg msh dengung soal bengkel resmi bilang bearing msh bagus...jgn2 bearing nya ya Pak spt pengalaman diatas...udh abjs jutaan jg nih ganti ini itu tp kepala ttp pusing denger dengungan setiap di tol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi. Ini dengung depan apa belakang ?
      Kalau ban, mestinya bisa test dengan rotasi ban ke tempat lain, kalau sumber dengung pindah brarti ban, kalau ga pindah kemungkinan bearing. Jadi biar ga buru2 ganti ban.
      Coba bawa ke tempat finish balance biar ban diputer pakai mesin kondisi terpasang, diliat ada bunyi dengung dari mana.

      Delete
  7. Gan...mau nanya nich mobil saya kl di buat lari di atas 40kmj itu berdengung apalagi sampai 80 atau 90kmj derungannya itu bikin gak nyaman di telinga.....tp anehnya kok kalo kecepatan di tambahin sampe 100 ke atas kok suara dengungnya hilang ya....kira2 penyakit di mananya ya gan....mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara dari depan ?
      ban udah dicek ? bearing roda udah dicek ?
      kalau normal semua, cek inner cv joint, cuman agak susah ini ngeceknya....
      http://otodiy.blogspot.co.id/2017/06/cari-penyebab-getar-halus-dari-inner-cv.html

      Delete
  8. gan tanya nih honda city di dongkrak 2 roda depan trus di gas hanya 1 roda yang berputar , sebelah kiri tidak berputar,,apakah itu normal ?
    trus ada suara dengung dikecepatan 40kpj sudah ganti bearing
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal, karena differential
      coba ban dirotasi semua depan belakang kiri kanan

      Delete
  9. Gan kira kira ada Bengkel rekomendasi buat ganti bearing GL 1.8 ane keluhannya sama seperti ente gan

    ReplyDelete
  10. pas banget berarti bering...tdi mlm mbl livina saya dengung di kecepatan 90 _100 km...saya pikir suara knalpot mbl bus di dpn saya..tpi setelah saya duluin ternyata msh gx ilang suaranya....

    ReplyDelete
  11. renault clio ane jg sama gan bunyi nya parah klo diatas 100km terutama yg belakang ktnya bearing roda nya sama dengan nissan ?

    ReplyDelete
  12. penyakit yang sama pada mbl nissan ku
    makasih bgt gan pencerahan yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Gan mo nanya nich...kasus sama mobil sy Xtrail T31 buat jln 80-100 km suara dengung..cmn setelah diatas 100 km suara dengung hilang...apakah kemungkinan bearing nya jg..blom sy cek sch

    ReplyDelete
  14. Akhirnya terjawab, mobil Nissan March saya juga berdengung di kecepatan 60-100km. Terimakasih pencerahaannya Gan

    ReplyDelete
  15. mobil nisanku juga gtu di tol 100 km/jam rasane gk nyaman sekali dengungannya kenceng..udah gtu mau ganti mobil ayg..udah habis jutaan buat ganti ini itu...memank meek nissan itu gk uhuy bgt 🤣🤣🤣

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G