Ganti ISCV penyebab rpm mesin drop seperti tersedak {Iwan Kurnia}

gambar 1 - ISCV

Setelah lama mencari penyakit mesin seakan-akan mesin tersedak dan kalau pagi-pagi mesin batuk-batuk ternyata ini biang keroknya ampe montirnya puyeng...tuker ganti sensor...he..he...
ISCV (Idle Speed Control Valve) biar rpm-nya stabil kalau lagi lepas gas ngak langsung down tapi pelan-pelan turunnya jadi mesin juga ngak endut-endut-an....

Setiap manasin mobil batuk-batuk, kalau lagi jalan kerasa banget kaya tiba-tiba rpm down jadi kaya orang ke sedak gitu...ane dapet copotan om 400-rb-an ngak tau nih kuat berapa lama ...ini bukan CKP or CMP, kemaren dah bongkar pasang sensor ama busi ternyata yang entu (CMP, CKP, busi) ngak bermasalah...padahal sebelumnya dah scan di BERES tapi ngak ada masalah sensor-sensor-nya katanya...hadeh...kadang kita jadi percaya ngak percaya ama beres nih...

Diagram ISCV :
gambar 2 - Diagram Throttle Body
Di gambar 2, ISCV adalah no 4.

Untuk mengaksesnya bisa dilakukan pembukaan pipa plastik, caranya click di sini. Maka posisi ISCV adalah yang dilingkari di gambar 3 berikut :
gambar 3 - ISCV yang melekat pada Throttle Body
Bila mau melepas dan kesulitan melepas langsung, bisa dilakukan melepas Throttle Body dari intake manifold, caranya click di sini, atau di sini.

by Iwan Kurnia
sumber : FB AIC Group

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio