DIY : Switch CAI v2.0 di Grand Livina {saajpc}

 gambar 1 - bahan-bahan
Sebelum memulai, ane punya masalah dengan penempatan switch CAI 2.0. Setelah ditempel, ternyata switch tersebut suka begeser, sehingga perlu injakan gas agak dalam untuk mengaktifkan switch tersebut......

Ternyata..... I'm not the only one.. Ternyata ada beberapa rekan di sini yang punya masalah ini. Setelah ane sedikit curhat dengan Om Rio dan om Yusuf, ternyata mereka punya posisi switch yang pas... semakin galau karena ane nggk dapet2 posisi switch.

Dan muncul ide dari om Suud..
Konsepnya adalah suapaya switch di setting di NC (Normally Closed)
Jadi saat pedal gas tidak diinjek, dia akan menekan switch. Saat switch ini ditekan, maka solenoid akan nonaktif. Saat pedal gas diinjek, switch akan lepas namun akan mengaktifkan solenoid valve.
Teorinya, akan hanya memerlukan injakan pedal gas yang sangat sedikit untuk melepas switch dan mengaktifkan solenoid.

So how do we do this??
Akan ane skip bagian pemasangan CAI ya... langsung ke switchnya saja
1. Prepare all the equipment needed. You will need:

  • Switch
  • 3M VHB Double-Tape (bisa beli di FJB)
  • Flashlight LED (atau lampu kolong LED #EdisiPamer)
  • Spidol Putih / Tip-ex
  • Lem Aibon

 gambar 2 - test switch
2. Pastikan switch berfunsgi sebagaimana mestinya, connect Ground ke terminal NC dan setrum ke terminal COM. Saat switch dilepas, akan terdengar suara "klik" dari solenoid valve. 
 gambar 3 - Double tape ditempel
3. Tempel double tape di switchnya. Gunakan secukupnya.
 gambar 4 - diagram switch
4. Tekuk Switch seperti gambar dibawah ini. Hal ini supaya pemasangan kabel lebih mudah.
 gambar 5 - posisi switch
5.. Cari Posisi yang benar. Ini adalah bagian tersulit dari seluruh proses ini dan mungkin akan memerlukan penyesuaian yang sangat banyak. Caranya adalah:
  • Tempelkan switch di pangkon pedal gas (yang disebelahnya pedal) dan cari titik dimana switch aktif.
  • Sekarang cari posisi dimana saat pedal gas digerakkan sedikit akan melepas switch tersebut. (MOHON BERSABAR, karena ini proses yang sulit sehingga ane sendiri sampai hampir give up) 
  • Benar2 pastikan switch akan terlepas saat pedal gas diinjek sedikit saja. Dan pastikan switch akan kembali tertekan saat pedal gas dilepas.
  • Gambar posisi switch tersebut mengunakan tipex tersebut untuk gambaran posisi saat akan dipasang
*sebisa mungkin cari posisi saat kabel tersambung, tapi hati2 karena beresiko kena setrum.
 gambar 6 - hasil
6. Ini bagian tersulit kedua dari proses ini. Tempelkan switch di posisi tadi. Tetapi jangan langsung ditempelkan semua. Usahakan posisi switch sesuai garis gambaran anda tadi. Setelah tertempel. Coba diinjek2 pedalnya. Bila kurang pas, ulangi proses 5-6. 
 gambar 7 - hasil
gambar 8 - hasil

7. Lakukan test drive. Kalo bisa diatas 100km.. Kalo dirasa sudah pas, oleskan lem aibon dipinggiran switch seperti digambar nomor 6. Bila masih dirasa kurang pas, ulangi lagi nomor 5-7.
video 1

DISCLAIMER!!
Semua gambar dan video diatas belum dirapikan. Oleh karena itu mohon dimaklumi bila berantakan

Demikian isi hasil uji coba switch CAI dengan setting Normally Closed. Monggo dicoba bagi yang galau soal switch CAI yang harus injek gas dalam atau mudah bergeser. Thank you!

Mohon jangan dibata! Hanya sekedar share

SPECIAL THANKS TO:
Om Suud for giving me this brilliant Idea
Om Rio for the great service
Om Alul for helping find other solutions
Om Yusuf for helping me out
Klik Jatim for the prayers and support
Klik for the support

by saajpc
sumber : kaskus KLIK

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : headlamp adjust Nissan X-Trail T32 {wemphy}

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}