share RETUNING TURBO IHI RHF4 di Innova D4D {Fredd88}
gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
setelah beberapa minggu yg lalu ane pasang turbo ihi nya (baca di sini)akhirnya tiba saat nya utk di tunning, jadi dari budi knalpot lgs ane brkt.
sebelum di tune ane berbicara dengan tunner nya, pas dia liat jeroan nya ternyata ada barang yg bagus nya di ganti yaitu selenoid utk mengatur boost nya
gambar 2
di dalam selang di ganjal sepuyer guna utk mengecilkan angin yg msk.
nah itu penampakan nya,ternyata ini adalah vakum ac denso ,yg tugas nya
di turbo adalah membuang angin di selang wastage supaya mengatur banyak
nya angin yg msk ke wastage. menurut dy kalo mau pakai terserah saja,
negatif nya: setelah di tuning gak boleh memperpanjang selang wastage
atau mengganti selang yg lebih kecil krn boost akan naik lgs, khusus nya
turbo std dengan boost 1,3 hrs lebih di perhatikan.
karena vakum ac itu cuma bs mengeluarkan angin sedikit makanya di ganjel spuyer utk mengecilkan angin nya.
alhasil ane mengganti vakum ac nya dengan vakum boost controler
gambar 3
gambar 4
merek nya MAC, dy bil ini mmg khusus buat turbo, buang angin nya bisa besar. maka spuyer nya di copot
gambar 5
gambar 6
gambar 7 - knp di bantu duduk ya?
gambar 8 - hasilnya torsi 470
gambar 9 - HP 249,9 dy bil jng 250
di bikin 5 maps:1. max loncat2 (1,8 bar)
2. max (1,8 bar)
3. medium (1,6 bar)
4. medium (1,6 bar) low frp
5. jalan macet TM off (dastek nya gak di baypas jadi tetep 190 hp)
yang di rasakan : mbl yg tadi nya ngempos lgs beda. tarikan tajam, gesit, di rpm 2000 mbl sdh ready buat narik, mesin halus. pas ditarik juga tdk terdengar suara mesin mentreakk. bauat di jalan ane pake map 4 aja sdh happy, kalo macet baru ganti ke map 5
oiya ane lupa, setelah mbl di run di atas dayno +-15-20x (ga di itung soalnya) nah dy tunjukin di alatnya dy, fuel temp 93. dianjurkan pake fuel cooler. berarti utk mbl yg sudah memakai piggyback sdh boleh di pasang fuel cooler.
om wenn
sekian semoga bermanfaat
SALAM KIOC
(SELESAI)
by Fredd88
sumber : kaskus KIOC