Rabu, 28 Mei 2014

DIY : tutorial pemasangan TURBO IHI RHF4 (DMAX) ke innova D4D {fredd88}

 gambar 1 - Turbo dan Down Pipe
http://otodiy.blogspot.com
karena sering nongkrong di trit ane keracunan juga akhir nya, setelah menabung beberapa tahun akhirnya membranikan diri uyk membeli turbo IHI sepaket sama om zeindox. dan ini lah hasil nekat memasang sendiri turbo IHI
foto adaptor nya ane lupa foto
 gambar 2 - ini ada selang oli + pipa2 jalur oli
1. MEMBONGKAR TURBO OEM
 gambar 3 - membongkar Turbo OEM
-buka box filter
-selang box filter
-down pipe (2 baut dan 4 mur)
-jalur oli turbo (2 mur)
-dudukan turbo (3mur)
-hose pipa ic
 gambar 4 - buka baut jalur oli ( ini adalah jalur awal oli naik ke turbo)
 gambar 5 - ini jalur oli masuk dan keluar ke turbo, (ada 2 pipa)
 gambar 6 - ini jalur oli kembali ke mesin , buka dengan konci 10, packing nya akan kita pakai
 gambar 7 - kondisi setelah di buka
 gambar 8 - letak jalur 2 oli nya
 gambar 9 - penampakan setelah di buka
 gambar 10 - penampakan setelah di buka
2. PERBANDINGAN TURBO OEM DENGAN IHI RHF4
 gambar 11 - turbo oem
 gambar 12 - turbo OEM dan IHI
 gambar 13 - turbo OEM dan IHI
 gambar 14 - turbo OEM dan IHI
 gambar 15 - turbo OEM dan IHI
 gambar 16 - kiri DP budi, kanan DP IHI nya
3. MEMBONGKAR DALEMAN TURBO IHI 
Nah pertanyaan nya kenapa bongkar turbo nya ? ini yg di luar dugaan ane, ternyata turbo ihi ini std nya manaruh jalur oli nya horisontal , sedangkan ane liat punya org2 yg sudah pasang jalur oli nya vertikal, oleh karena itu ane mau mencoba memutar body tengah dari turbo ini. ini yg harus lebih hati2 saat membongkar nya, ane pun blm pernah bongkar sebelum nya. bim salabim
 gambar 17 - buka dengan konci T10
 gambar 18 - setelah itu buka dengan konci T8
nah ini ane juga salah step, harus nya buka yg ini dulu (gambar 19), baru setelah bisa di copot, buka yg T10 .
 gambar 19 - terbuka

nah gan buka ini yg setengah mati, di ketok takut pecah, di tarik gak kebuka, bener2 bikin pusing 7 kelilng. ampir ane putus asa mau bawa in ke tukang turbo. akhir nya kebuka juga tabir surya, dengan cara di ketok merata pake benda tumpul bukan besi. (makanya ane bil awal2 harus nya buka ini dulu)
wkt pasang harus kasih lem paking 

oiya mengingatkan juga bahwa as turbo kiri kanan maupun kipas turbo ga boleh di ketok sedikit pun ato jatuh, karena ane nonton di yutube bagian itu sdh di balancing wkt turbo mau di rakit. 

 gambar 20 - pin kecil
nah pin kecil ini yg saya lepas, agar bagian tengah turbo bs di puter sesuai keinginan.
sebetulnya ini jg sy msh bingung, apakah harus di bor kembali utk membuat dudukan pin yg baru??? secara pin sekecil itu klo tukang bubut saja miss 1 mili aje, di jamin turbo ga bs di tutup. jd ane coba ikutin logika ane saja. (pin dilepas). 

jika memang setelah di pasang nanti ternyata bisa bergeser baru deh ane bawa ke ahli nya turbo. hehhe
 gambar 21
 gambar 22 - pin lebih kecil dari batang korek api. simpen

gambar 23
oke ini saat merangkai kembali turbo, yg terpenting tiang wastage harus sejajar dengan engkolan nya, ke 2 jalur oli hrs sudah vertikal yakni jalur masuk di atas, jalur keluar di bawah 
4. PEMASANGAN TURBO 
 gambar 24 - selang oli
pasang selang oli braided, ini adalah jalur oli menuju turbo, pakai kembali baut dan o ring kuningan nya
gambar 25
pasang tiang T yg dpt dari paketan turbo, ingat packing lamanya juga harus dipasang dan beri lem paking
 gambar 26
nah ini adalah jalur keluar oli dari turbo, ksh packing yg di dpt dari paketan turbo
 gambar 27 - penampakan setelah kencang, baut 10 + ring ini jg dpt
 gambar 28
yg di kanan itu adaptor yg di dpt dari paketan. turbo ihi baut nya 4 sedangkan dudukan punya kita baut nya 3 makanya hrs ada adaptor ini
utk paking yg sy pegang itu sy beli di toko spart izuzu, ane bawa contoh adaptor nya. bil punya dmax. kalo susah cari bikin juga bisa.
oiya utk baut nya krn blm di kasih jd ane beli baut baja sekalian 4 bj panjang 2cm +ring dan mur
di bagian ini semua jng lupa ksh lem packing
 gambar 29
ingat lem paking dan paking lama nya di pasang kembali, kencengin pake pas ring 14
 gambar 30
 gambar 31 - penampakan sementara, jalur oli blm di hubungkan
 gambar 32
nah ini tempat pemasangan selang oli braided nya ke turbo.
ini jalur oli masuk ke turbo.
utk pemasangan bagian ini pasang nipel terlebih dahulu, ksh seltip + lem paking, INGAT JANGAN SAMPAI LEM PAKING ATAU SELTIP NYA MSK KEDALAM LUBANG TURBO. 
 gambar 33
skr sambungkan selang utk jalur oil return dari turbo ke mesin. jng kencangkan dulu, soalnya nanti hrs tes oli nya keluar ato tdk
 gambar 34 - pasang hose silikon yg 2"
 gambar 35 - packing DP akhirnya bikin di asemreges, krn susah jg cari yg ori
 gambar 36 - pasang DP
 gambar 37

ini yg bikin frustasi ne gan, gila neken setengah mati tetep ga bs, ud ngolong naik ngolong lagi, tetep ga bs. untung dpt ide utk ganti baut yg panjangan. 

oiya paking DP bawah nya ane ambil dari yg lama.

 gambar 38 - beres deh
5. PENGETESAN OLI
 gambar 39
jadi selang biru nya di copot dulu, taro botol aqua saja, nyalakan mobil, klo oli nya keluar berarti ok, baru pasang kembali selang tersebut dan ksh kleman
 gambar 40 - pasang kembali box filter dan sambungan karet
gambar 41
setelah ane coba jalan rasa sementara adalah, rpm bawah ga lemot, sama kaya turbo std, suara siulan turbo lebih terdengar jelas, pada rpm tengah terasa lebih padat meskipun ane blm di akselerasi, nanti setelah lewat masa break in baru ane tuning ulang.

terasa perbedaan juga pada rpm 2000 an, boost turbo terasa lebih tinggi dr pada turbo oem (gak di bejek loh), berarti turbo ihi ini bukan saja mampu di boost sampi 2,3 bar , tetepi kipas kompresor nya lebih besar dari turbo oem.
jadi klo di bandingkan yah angin hembusan nya lebih kencang meskipun dengan rpm yg sama. cmiiw

oiya utk selang wastage ane msh pake yg std aja, blm di sambung ke booskit dastek ane. jd sementara jg ane blm tau std boost nya brp bar.

thx to om zeindox

semoga bermanfaat salam KIOC
by fredd88
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar