DIY : kuras oli power steering Innova {ipah2.0v}

 gambar 1 - proses sedot oli Power Steering dari tabung reservoir
 http://otodiy.blogspot.com 
Sore KIOC, mau share kerjaan tadi siang nih yaitu kuras oli PS. dicontohkan pada innova vvti-i, namun jika ingin dilkakukan pada innova d4d prinsipnya sama saja. monggo langsung disimak step2 nya berikut ini :

1. SEDOT ISI TABUNG PS 
  • gunakan selang transparan untuk menyedot oli ps dalam tabung oli ps, lalu tampung olinya dalam botol (gambar 1).

2. MELEPAS SELANG BALIK PS 
  • lepas klem selang balik ps dengan tang (gambar 2 no 1), lalu tarik lepas selangnya (gambar 2 no 2). alasi sekitaran tabung ps dengan kain lap untuk jaga-jaga kalau ada oli yang tumpah dari selang.

 gambar 2 - lepas selang balik Power Steering
3.TUTUP NIPEL SELANG BALIK 
  • tutup nipel selang balik pada tabung ps dengan plastik, kemudaian ikat dengan karet untuk sementara.

 gambar 3 - tutup dengan plastik
4. MEMBUANG SISA OLI DI SISTEM PS 
  • lepas klem pemegang selang balik yg ditandai dgn panah merah (gambar 4 no 1). selang balik terlepas dari klem nya (gambar 4 no 2)

 gambar 4 - lepas klem pemegang selang balik

  • dongkrak mobil sampai 2 roda depan terangkat dari lantai

 gambar 5 - dongkrak roda depan sampai terangkat
  • Pasang kantong plastik pada selang balik ps kemudian ikat dengan karet. lalu arahkan selang balik PS ke bawah (serendah mungkin). sisa oli dalam selang akan mengalir ke kantong plastik tadi. berikut adalah posisi selang balik yang diarahkan ke bawah :

 gambar 6 - tampung sisa oli dari selang balik ke plastik

  • putar setir ke kanan dan ke kiri

 gambar 7 - putar setir ke kanan dan ke kiri untuk mendorong sisa oli PS
 gambar 8 - sisa oli yang keluar dari sistem ps
 gambar 9 - oli PS bekas

5. SIAPKAN OLI PS 

  • sesuai petunjuk pada tutup tabung oli ps, spesifikasi oli ps = ATF tipe dexron. ini oli yang saya pakai. prestone atf dexron 3

 gambar 10 - oli PS baru

6. ISI ULANG OLI PS

  • isi tabung oli ps (gambar 11 no 1) lalu tadahi selang balik ps dengan botol (gambar 11 no 2)

 gambar 11 - tuang ke reservoir, oli baru mendorong oli lama,tadahi selang balik ke botol kosong

  • Putar setir ke kanan dan kekiri (gambar 12 no 1), sembari di isi oli di tabung ps nya (gambar 12 no 2). Oli akan bersirkulasi dan keluar melalui selang balik (gambar 12 no 3). jika warna oli yang keluar dari selang balik sudah sama dengan oli baru, proses ini bisa dihentikan.
    NB : SELAMA PROSES INI, JANGAN SAMPAI TABUNG PS KEHABISAN OLI !!!

 gambar 12 - terus dorong oli yang lama dengan oli baru

  • Pasang kembali klem-klem pemegang selang balik ps. hati2 sewaktu mau memasang selang balik ps ke tabung ps, karena begitu plastik penutup nipel dilepas maka oli ps dalam tabung ps akan mengucur keluar.

 gambar 13 - pasang kembali selang balik dan klemnya

7. BUANG ANGIN SISTEM PS 
  • nyalakan mesin untuk beberapa saat.
  • putar setir ke kanan dan kiri samapai mentok bebrapa kali
  • cek level oli ps. saat sudah panas, oli harus berada pada daerah HOT (LIHAT FOTO BERIKUT) :

 gambar 14 - level oli pada daerah HOT
 gambar 15 - selesai

dan berikut ini adalah warna oli ps selama proses pengurasan :
 gambar 16 - warna oli PS
keterangan :
X = oli yang disedot pertama kali dari tabung dan sistem PS
1 = oli kurasan pertama. jumlah oli di botol sekitar 400mL
2 = oli kurasan kedua. jumlah oli di botol sekitar 350mL
3= oli kurasan ketiga. jumlah oli di botol sekitar 250mL

jadi kira-kira jumlah oli yang digunakan untuk menguras sampai oli yang keluar bersih adalah sekitar 1L

dan ini adalah perbandingan warna oli ps kurasan ketiga (kanan) dengan oli ps baru (kiri). warna nya sudah sama.
gambar 17 - oli baru vs oli kurasan bersih
NB : 
  • Sewaktu proses menguras oli ps diatas, saya lakukan dalam keadaan mesin mati. bisa juga dengan mesin hidup namun harus cepat dalam mengisi oli ps nya karena begitu mesin dihidupkan, oli ps akan langsung bersirkulasi dengan sangat cepat. 
  • Selama proses kuras jangan samapi tabung PS kehabisan oli. tanpa menghidupkan mesin pun, oli ps akan mengalir terbuang dengan cepat melalui selang balik. maka dari itu, selalu jaga isi oli tabung ps selama proses kuras. 
  • Mesin baru saya nyalakan saat proses buang angin sistem ps. 

sekian DIY kali ini. semoga membantu ya. 
salam KIOC 

by ipah2.0v
sumber : kaskus KIOC

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}