Review Piggyback T&T di Innova D4D {Gamawijaya}

 gambar 1 - T & T Piggyback second
http://otodiy.blogspot.com
 Halo agan2 & suhu2 KIOC, pinjem tiker ya buat share pasang piggy T&T. langsung aja...

udah hampir 2 bulan ini pasang piggy PNP (tinggal colok) tanpa potong2 kabel. dapet second dari OLX harga 2,5jt. buat ipah EDU2 / soket 3 pin. ini penampakan nya (gambar 1), dalem paket nya ada unit T&T dan Selenoid boost turbo.

sebelum pasang piggy, ipah sy (2010 M/T) udah BLT an. yg dipasang ini:
- DP kansai
- filter K&N
- wastegate ganjel 3 ring (dilepas diganti selenoid dr T&T)
- ground cable
- voltage stabilizer
- geser TPS
- modif kisi2 MAF sensor
- modif deflector box filter udara

daripada std nya udah lumayan ada peningkatan respon di rpm bawah nya... 1500 rpm turbo udah mulai spool. suara ngiiiing lebih kenceng. yuk pasang T&T nya

 gambar 2 - T&T terpasang di depan unit EDU... baut yg atas susah pasang nya
 gambar 3 - Soket EDU2 
soket EDU2 nya udah terpasang... yg ke fuel line nya soket ada bunyi Klik... tapi yg ke T&T nya ga bunyi Klik.
 gambar 4 - selenoid turbo
ring ganjal wastegate dilepas. diganti in selenoid yg atur kapan dia buka wastegate, kapan selang nya ditutup. atur boost Turbo nya. cm ga tau selenoid nya buka/tutup di brp Bar.
gambar 5 - grafik torque dan power
ini grafik Power & Torque D-4D yg udah dipasangi T&T. tapi ga dikasih keterangan itu yg ditest dyno apakah innova atau fortuner, manual atau matic. ga tau bener atau ga itu grafik nya. hahahahah. foto dari kemasan box nya T&T.

yg dirasakan setelah pemasangan T&T:

- efek perubahan nya mulai 1500 rpm !!!
- rpm 1500 - 2500 tenaga nya bener2 padet... 
- efek ndut2 an berkurang drastis (manual / MT)
- nafas nya jadi panjaaaaang... rpm 2500 keatas masih ngisi tenaga nya. di banding std dibejek gas dalem tp naik nya pelan bgt.
- best nya di kisaran rpm 1500 - 2500. narik banget... cocok buat Eco drive. sy biasanya pindah gigi di kisaran rpm 2100 - 2300. kecuali tanjakan / nyalip. klo jalanan sepi pake gigi 5 main mulai rpm 1500 s/d 2500. mesin ga getar, jarang pindah gigi, solar jadi iriiittt..

jangan dibandingkan dastek ya. dastek memang yg paling value for money & nambah power banyak. tapi buat org2 yg di daerah susah kalau mau pake dastek/piggy yg harus tuning di Dyno. sementara dyno cm ada di kota2 besar aja. Jkt, Bandung, Semarang, Surabaya & Bali. ini kelas nya tinggal colok tanpa setting. paling banyak naik 30% power nya. lebih aman ga potong2 kabel ECU. kalau ada hal2 yg tdk di inginkan tinggal lepas aja maka ipah udah balik std lagi. piggy T&T ini sekelas sm Powerplug, RCP2 & piggy yg main FRP (Fuel Rail Pressure). baru nya sih 4 jt lebih ya... selama pake belum pernah ada masalah (smoga ga pernah). Check engine jg ga pernah. sekian share pasang T&T.

semoga bermafaat buat yg baca & mohon maaf klo ada yg kurang berkenan. bukan sales piggyback merk tertentu. cm pengen share aja.

by Gamawijaya
sumber : kaskus KIOC

Comments

  1. Engine ceknya hidup ndk gan?

    ReplyDelete
  2. Gan mau tanya kalau pasang t&t itu yg selenoid vakum nya di pararel selang ? Trims gan

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G