Ganti fuel pump dan perbaikan grounding fuel pump Aerio {Kun Widodo}

gambar 1 - grounding fuel pump
otodiy.blogspot.com
Misi oms tans......nyampah dei euy...
Ini cerita si Mpreed lagi yg setiap pergi ke plat B mesti dpt trouble......
Tahun baruan kmrn OH d tol Buah Batu, pulangnya motor starter macet krn panas saat nanjak k Guci.
Menjelang lebaran, motor starter macet lagi di Candiroto Temanggung pas mo brangkat k jkt.
Kali ini mogok dei saat mau pindah parkir sth seharian ga dipakai.

Jadi.....critanya gini......si Mpreed sabtu 24/9 pagi samp Pamulang n lgs dipakai wara wiri anter sodara k tempat resepsi nikahan, jarak kurleb 6km PP.
Sabtu sore sampai minggu sore (jam 18.00) mobil ngandang d samping masjid perguruan muhammadiyah Pamulang. Naaaaa.....pas mo mindah k dpn rumah tiba2 mobil ga mau starter, just cetek2 doang.....

Alhasil cek sana sini sesuai arahan sumas Aditia Ekalaya yg sdh d screenshoot tetap tdk ada hasil. Sampai ganti aki pun ga membantu.....
Akhirnya kirim pesan SOS di grup WA AIC Nusantara......Alhamdulillah banyak yg merespon dan akhirnya disamperin ama bos rspp om Hadi Muharam, om Iqbal Tawakal dan om Sava Slalu.....
Dan dicek sekali lagi oleh om hadi.......dan divonis Fuel Pump MATOT alias mati total.....

Atas ide om sava telponlah om Ari BSD......dan Alhamdulillah om ari blm jauh dr dr bengkelnya dan om ari balik k bengkel ambil FP dan alat tempur.....
Singkat cerita.....sekitar jam 20an om ari datang dan lgs eksekusi ganti FP, selesai jam 22an.....dan Alhamdulillah langsung JREEENG......😃😃😃😃
Dan jam 23.30an.......selesai sudah kopdardakbeng d Pamulang......
Masing2 kembali k rmh dg lega......

Cerita belum selesai bro sist..........
Senin 26/9 pagi jam 04.00 start pulang dr Pamulang menuju Magelang via jalur selatan Jateng krn mau mampir k Purworejo.
Singkat cerita......jam 05.00 sampai duren sawit mampir tempat sodara sekaligus istirahat. Jam 10.00 start dr duren sawit utk pulang.....
Dalam perjalanan pulang tdk ada hambatan berarti, biasa ishoma pas waktunya.

Naaaaa........pas ishoma waktu maghrib nih yg akan selalu jd kenangan. Posisi di desa Cikawung Ajibarang.....
Selesai sholat lgs msk mobil daaaaaaaannnn..........CETEK.....CETEK......CETEK.....
😥😥😥😥😥😥
Ga bisa starter lagi......mungkin panas, akhirnya nunggu sampai isya'.
Coba lagi......dan tetep ga bisa on mesinnya. Recek lagi semuanya fuse, relay malah sempat beli aki baru tp ga menyelesaikan masalah dan cek terakhir.....FP ngadat dei.
Ga da suara desing saat kontak on dan dr selang yg menuju fuel rail ga ngucurDicky Ariska😨😨😨😨😨😨

KonsulDicky Ariskamas Dicky Ariska mungkin dpt barang yg kurang bagus.
Oke deh.......NYERAAHHH......akhirnya kami sekeluarga nginap di Hotel Syariah aGanda Curi Curiba2 kontek temen Ganda Curi Curi Ganda Curi Curi dan dicarikan mekanik yg bisa dateng tp sampai tengah malam ga da kabar. Malah om ganda n temennya yg sdg piket nyamperin k Ajibarang. Makasih om ganda sdh memberikan support.

Well.......SelaAsep Ruhiyat 07.00 coba chat ama Asep Ruhiyat om Asep Ruhiyat minta no telp beres terdekat tp beliau ga punya dan dikasih nomor Halo Suzuki 0800 1100800.
Langsung dah ane telp Halo Suzuki dan diminta cerita detail masalah mobilnya dan posisi di mana. Oleh halo szk dihubkan dg beres Purwokerto dan ane lgs dihub oleh kepala mekanik beres pwk dan kembali ane ceritain permasalahan mobil ane.
Sambil nunggu kabar dr beres pwk.....istri, anak2 dan ibu sdh plg duluan naik bis...dan chat juga ama om Agus Santoso .......

Dan jam 10 dpt kabar.....tim mekanik beres pwk sdh meluncur, jam 11.40 sampai tkp dan lgs eksekusi.....awalnya cek recek dulu pakai tes pen dan vonis tetep mengarah k FP.
Singkat cerita.....dibongkar lagi tuh tangki utk ganti FP. Inilah enaknya jd org Indonesia......bagaimanapun dpt musibah masih bisa bilang "untung".
Untung aja ada kanopi di samping masjid yg biasa buat parkir motor yg nganter anak2 paud. Jadilah mobil didorong ke bawah kanopi utk bongkar tangki. Ga selang lama..........hujan deras membasahi kota Ajibarang.

Ane salut tuh ama mekanik yg dikirim.....meski basah2an tetep aja bekerja.
Well.....Fuel Pump baru sudah terpasang, sekaligus nambah grounding (lihat foto D) dan memperbaiki konektor grounding yg ada (foto A-C).
Well Done......
Coba starter lagi........CETEK......CETEK..... sempat pesimis ðŸ˜¨ðŸ˜¨ðŸ˜¨ðŸ˜¨ðŸ˜¨
Padahal pake aki baru, ane beliin yg tipe MF.
Dijumper pake aki R3....ga ngangkat.

Akhirnya ama mekanik mobil didorong sedikit, daaaann.........JREEEEEEENGGGGG.......😃😃😃😃😃😃
Alhamdulillahi robbil aalamiin......
Jam 17.05 WELL DONE.........

Sth mandi dan sholat maghrib lgs cuz......menuju rumah via jalur tengah
Ajibarang-purwokerto-purbalingga-banjarnegara-wonosobo-temanggung-secang-grabag (home) jam 23.40.

Hikmah :
1. Jangan panik kalau ada trouble.
2. Share k grup agar ada yg bantuin, min bantu saran. Syukur ada yg nyamperin.
3. Cek satu2 semua part.
4. Kl ada bengkel terdekat.....bisa minta tolong.
5. Kl jauh dr bengkel coba gugling beres terdekat dan jgn ragu telp Halo Suzuki, pasti dibantu.
6. Pastikan alat tempur lengkap saat jalan lukot.
7. Jangan sungkan minta bantuan teman.
8. Perbanyak ilmu tentang permobilan, ikut klub salah satunya.

gambar 2 - tim rescue pamulang

 gambar 3 - proses bongkar pasang di pamulamng
 gambar 3 - fuel pump baru yang dipasnag di jakarta
 gambar 4 - cek recek awal
 gambar 5 - proses bongkar tangki sebelum hujan deras
 gambar 6 - fuel pump toyota avanza, 500rb di bengkel suzuki
 gambar 7 - mekanik pasang fuel pump baru
 gambar 8 - step grounding
 gambar 9 - step grounding
 gambar 10 - step grounding
gambar 11 - step grounding


Demikian cerpen si Mpreed semoga bisa menjadi pelajaran bagi saya dan kawan2 semua......
#aerioituAIC
#wedrivediffently
#janganlupabahagia
#weareAICfamily
#AIC482

Terima kasih.......


Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

DIY : pasang IFC-meter aka ITRAX MID mini di Grand New Kijang Innova tipe G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G